Sponsors Link

6 Manfaat Jamu Kunyit untuk Kesehatan

Sponsors Link

Apakah Anda pernah minum jamu kunyit? Jamu kunyit merupakan jamu tradisional warisan nenek moyang kita di tanah jawa. Namanya saja jamu kunyit, tentu bahan dasarnya,adalah kunyit yang kita tahu cukup banyak memiliki manfaat bagi tubuh.

Rimpang Kunyit

manfaat jamu kunyitKunyit dikenal dengan nama latin Curcuma longa Linn. Syn, Curcuma domestica Val. Merupakan tanaman sejenis rempah-rempah dan tanaman obat. Kunyit adalah tanaman asli dari kawasan Asia Tenggara. Senyawa obat yang terkandung di dalam kunyit cukup banyak, kunyit mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, khususnya bagi kaum wanita. Selain untuk masakan, kunyit banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat jamu tradisional.

Sebagian orang di Indonesia sudah tidak asing dengan kunyit yang dijadikan jamu, namun juga ada sebagian orang  yang sebelumnya tidak tahu kalau ternyata kunyit juga dijadikan jamu. Jamu kunyit dikenal sebagai minuman yang memiliki sifat sebagai obat pelangsing alami. Oleh karena itu, banyak yang mengkonsumsi jamu kunyit ini adalah perempuan. Selain untuk pelangsing, manfaat jamu kunyit juga berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya :

1. Pencegahan Infeksi

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan fitonutrien. Karena kandungan tersebut, kunyit dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh pathogen yang dapat menyebabkan penyakit. Infeksi ini sangat rentan di derita penderita diabetes. Oleh karena itu, jamu kunyit sangat cocok diminum oleh penderita diabetes.

2. Mereduksi Lemak

Manfaat ini juga sangat baik bagi para penderita diabetes. Kita tahu bahwa penderita diabetes seringkali merasa lapar. Hal ini disebabkan karena kekurangan glikogen. Akibatnya tubuh mudah lelah dan lemas. Keadaan ini oleh otak dianggap sebagai pertanda lapar. Makan yang tidak terkendali menyebabkan kenaikan berat badan.

Kandungan curcumin yang ada pada manfaat jamu kunyit dapat membantu mencegah akumulasi lemak yang berbahaya bagi tubuh.

3. Mengatur kadar insulin

Ini dia manfaat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Kita tahu penderita diabetes sangat dituntut untuk menjaga kadar insulin di dalam darahnya. Kunyit dapat membantu kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Kunyit mengandung antiglikemik yang dapat menyeimbangkan kadar insulin dan menurunkan kadar gula darah.

4. Menjaga kecantikan kulit

Kunyit dapat memicu pertumbuhan sel dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sel tubuh selalu terbaharui maka kulit menjadi kencang dan bersinar sehingga dapat mencegah penuaan dini, juga meningkatkan metabolisme tubuh, berat badan pun dapat dikelola.

5. Sebagai antiseptik alami

sponsored links

Kunyit dapat mengobati luka dalam dan luar. Untuk luka luar,oleskan saja parutan (pasta) kunyit. Tempelkan pasta kunyit pada bagian tubuh yang luka, tunggu hingga mengering dan bilas.   Untuk pengobatan luka dalam, buatlah jamu kunyit dengan mencampur satu sendok teh dan susu atau gula. Tambahkan air hangat, minum secara teratur.

6. Menghilangkan Keputihan

Bagi kaum wanita, mengalami keputihan sangatlah mengganggu. Penyebabnya adalah rasa gatal dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan bau. Untuk mengatasinya cobalah resep manfaat jamu kunyit untuk wanita yang mengalami keputihan :

  • Ambil dua rimpang kunyit
  • buah asam
  • satu genggam daun beluntas
  • Rebus semua bahan dalam satu liter air kemudian saring
  • minumlah secara teratur sehari satu gelas
  • Untuk menambah rasa tambahkan gula aren atau madu

5. Memudahkan keluarnya ASI

Setiap ibu pasti ingin menyusui anaknya. Namun faktor fisik dan psikologis terkadang menyebabkan masalah terganggunya produksi ASI. Ibu dapat mencoba mengoleskan bubuk kunyit pada payudaranya.

6. Mengecilkan perut buncit

Perut buncit tidak sedap dipandang, Perut buncit juga bisa menjadi indikasi akan adanya penyakit seperti gangguan hati dan ginjal dan menggambarkan kalau sang pemilik buncit mempunyai pola hidup yang tidak sehat. Daripada menggunakan obat-obatan atau jamu berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping, cobalah resep alami dengan jamu kunyit.

Caranya sangat mudah :

  • kunyit sebesar ibu jari, asam kandis, gula merah dicampur dengan air.
  • Didihkan sampai mendidih dan tinggal setengahnya.
  • Minumlah hangat-hangat. Selain sangat segar diminum karena rasa asam manisnya,
  • khasiat jamu kunyit sudah terbukti dapat mengecilkan perut yang buncit. Hasil cepat dapat diperoleh jika disertai dengan olahraga teratur. 

Meskipun jamu kunyit cocok sebagai obat pelangsing bagi para wanita. Namun masih banyak yang tidak mengetahui efek samping dari jamu kunyi tersebut. Ternyata konsumsi kunyit yang tidak sesuai atau berlebihan akan mengakibatkan efek samping yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini efek samping yang didapat jika kita salah mengkonsumsi jamu kunyit:

  1. Mendorong timbulnya menstruasi, Kunyit bagi ibu yang menyusui dan wanita hamil bisa jadi berbahaya. Mengonsumsi kunyit secara berlebihan akan menstimulasi rahim untuk mendorong timbulnya menstruasi.
  1. Penurunan efek kemoterapi, Untuk pasien yang sedang menjalani kemoterapi disarankan agar jangan mengonsumsi kunyit , karena menurut penelitian akan menurunkan efek kemoterapi.
  1. Lambung mengalami gangguan, Konsumsi kunyit berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan mengganggu lambung. Hal ini disebabkan karena sifat pedas yang dimilikinya.
  1. Terjadi penggumpalan darah, Menurut penelitian, kunyit dapat menghambat penggumpalan trombosit sehingga berpengaruh terhadap penggumpalan darah dan ini akan memicu terjadi pendarahan. Untuk yang sedang mengonsumsi obat antikoagulan, hindari mengonsumsi kunyit.

Jika melihat efek samping yang ditimbulkan, sepertinya kita perlu melihat kondisi kita apakah boleh meminum jamu kunyit atau tidak. Karena tidak semabarangan orang bisa meminum jamu kunyit untuk bisa merasakan khasiatnya. Alih-alih ingin mendapatkan manfaatnya namun justru menerima efek samping karena salah mengkonsumsinya. Perlu diperhatikan apakah Anda sedang dalam masa kehamilan atau sedang menyusui? jika iya maka Anda harus menghindari konsumsi kunyit salah satunya seperti jamu kunyit ini.


Jamu kunyit ini memang sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes dan bagi wanita yang ingin melangsingkan tubuhnya. Walaupun kunyit mempunyai beberapa efek samping, karena jumlah pemakaian yang berlebihan. Namun, masih jauh lebih baik mengonsumsi jamu kunyit dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan dan jamu berbahan kimia lainnya yang tidak alami. Sehingga, daripada menggunakan obat-obatan kimiawi untuk melangsingkan tubuh, lebih baik Anda memilih untuk minum jamu kunyit.

Melihat efek samping yang akan terjadi maka kita perlu untuk menyeimbangkan pola konsumsi yang baik. Bukan berarti karena ada efek sampingnya kita menjadi tidak minum jamu kunyit sama sekali. Boleh kita minum jamu kunyit asal kita perhatikan hal-hal yang membuat efek samping tersebut terjadi. Pada prinsipnya minum jamu kunyit harus dihindari saat wanita sedang hamil dan menyusui. Selain itu, konsumsi kunyit juga tidak boleh berlebihan. Manfaat jamu kunyit akan terasa bila mengkonsumsinya sesuai dengan aturan.


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 26th, May 2015 / 09:49 Oleh :
Kategori : Herbal