Sponsors Link

9 Manfaat Jamu Kunir Asem Untuk Tubuh

Sponsors Link

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam keaneragaman hayati. Berbagai jenis rempah dan tanaman yang bisa dijadikan obat herbal sangatlah banyak. Minuman kesehatan herbal yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah jamu. Ada berbagai jenis jamu di Indonesia seperti misalnya beras kencur, pahitan, kunir asem, temulawak, bangle dan lainnya. nah, kali ini yang akan dibahas dalam artikel ini adalah mengenai kunir asam. Resep jamu kunir asem sudah diketahui oleh nenek moyang Indonesia dan digunakan sebagai minuman herbal untuk mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan.

artikel terkait manfaat jamu:

Seperti namanya jamu kunir asam memang dibuat menggunakan dua jenis tanaman herbal yaitu kunir atau kunyit dan asam jawa. Manfaat dari kunir asem ini sangat baik untuk kesehatan dan bisa anda dapatkan dengan cara meminumnya. Rasa dari jamu kunir asem ini unik dank has serta enak jadi bagi anda yang tidak suka dengan jamu pasti akan suka dengan rasa jamu kunir asem ini.

Mungkin anda penasaran sebenarnya apa saja manfaat jamu kunir asem ini untuk kesehatan ini. berikut ini adalah daftar manfaatnya:

  1. Menetralkan racun dalam tubuh

Manfaat pertama dari kunir asem ini adalah mampu menetralkan racun dalam tubuh atau sebagai alat detoksifikasi tubuh secara alami. Tahukah anda bahwa tubuh kita di dalamnya setiap harinya pasti terkena racun entah itu dari makanan atau zat lainnya yang masuk ke dalam tubuh. jika racun tersebut tidak dikeluarkan atau didektosifikasi maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang parah. Oleh karena itu sangat penting untuk mengeluarkannya dari tubuh. zat senyawa yang ada di dalam kunyit dan asam akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh bisa menjadi lebih sehat dan tidak mudsah sakit.

artikel terkait: manfaat jamu kunyit asammanfaat KJP kapsul jamu pelangsing

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu penyebab dari naiknya berat badan yang tidak terkontrol adalah karena tidak terkontrolnya nafsu makan seperti ngemil terus menerus. Pola makan yang terlalu berlebihan ini tentu saja akan menyebabkan berat badan tidak terkendali. Nah bagi anda yang saat ini sedang dalam program penurunan berat badan atau diet maka anda bisa mendapatkan bantuan dari jamu kunir asam ini. hal ini dikarenakan salah satu manfaat dari jamu kunir asam adalah untuk mengurangi nafsu makan sehingga nafsu makan tidak berlebihan lagi. Dengan demikian berat badan anda dapat juga dikendalikan dengan mudah. Minumlah jamu kunir asam secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat jamu kunyitmanfaat jamu

  1. Mengatasi infeksi

Di dalam kunir atau kunyit mengandung senyawa yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Beberapa jenis infeksi yang bisa diatasi oleh jamu kunir asem ini adalah infeksi di tenggorokan, cidera, infeksi luka bakar, dan karena terkena radiasi matahari yang berlebihan. Dengan mengonsumsi jamu kunir asem secara rutin anda bisa membantu infeksi yang anda alami menjadi reda kembali. Di dalam kunyit juga mengandung anti inflamasi atau anti radang sehingga infeksi yang terjadi tidak berubah menjadi radang dan infeksi akan menjadi lebih cepat sembuh.

artikel terkait: manfaat sari kurma saharamanfaat akar bagi manusia

  1. Melancarkan menstruasi

Salah satu manfaat dari jamu kunir asem yang cukup terkenal adalah baik untuk kesehatan wanita terutama pada saat menstruasi. Rasa nyeri dan sakit serta pegal kerap kali juga melanda wanita yang sedang menstruasi. Untuk membantu menyembuhkan rasa sakit akibat menstruasi dan melancarkan menstruasi anda bisa mengonsumsi jamu kunir asem ketika sebelum, sedang dan setelah menstruasi. Sudah banyak wanita yang mendapatkan manfaat dari kunir asem ini untuk meredakan rasa sakit akibat menstruasi dan melancarkan menstruasi.

artikel terkait: manfaat kunyitmanfaat kunyit untuk sakit maag

  1. Mencerahkan kulit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa di dalam kunyit dan asam mengandung zat yang bisa menjadi proses detoksifikasi tubuh secara alami. Proses ini juga bisa menjadi antioksidan alami bagi tubuh sehingga berbagai jenis zat dan racun berbahaya yang biasanya hinggap di kulit bisa di lawan oleh antioksidan tersebut. Hal ini akan berdampak pada kulit yang akan terlihat lebih putih, cerah dan awet muda. Jadi anda sudah tidak ragu lagi bukan mengonsumsi jamu kunir asem ini?

artikel terkait: manfaat pin poliomanfaat kunyit putih

  1. Mengurangi lemak

Nah bagi anda yang saat ini sedang dalam program penurunan berat badan atau diet untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan proposional maka mengonsumsi jamu kunir asem adalah pilihan yang tepat. di dalam kunyit mengandung zat kurkumin yang mampu meluruhkan lemak yang membandel dalam tubuh anda. Dengan diimbangi pola makan tepat dan olahraga rutin maka tubuh proposional yang anda idamkan bukanlah sebuah impian lagi.

artikel terkait: manfaat buah asammanfaat asam jawa untuk diet

  1. Mencegah penuaan dini

Antioksidan yang ada di dalam jamu kunir asam mampu membantu mencegah munculnya penuaan dini. Antioksidan akan membantu melindungi kulit dari berbagai jenis racun dari luar sehingga segala tanda penuaan dini bisa dihindari misalnya saja seperti keriput, bintik hitam, komedo dan lainnya. jamu kunir asam ini memang sangat baik untuk kecantikan.

artikel terkait: manfaat jagung bagi penderita asam lambungmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Menghilangkan bau badan

Bau badan merupakan keadaan yang dimana dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Bau badan ini sebenarnya bisa terjadi karena makanan, lingkungan atau karena faktor genetic. Bagi anda yang mengalami masalah bau badan dan sudah mencoba menggunakan deodorant namun tetap masih mengalami bau badan maka anda harus mencoba mengonsumsi jamu kunir asem. Kandungan yang ada di dalam jamu kunir asam mampu menghilangkan bau badan secara alami. Konsumsilah jamu kunir asam secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan anda bisa terbebas dari belenggu bau badan.

artikel terkait: manfaat madu bagi penderita asam lambungmanfaat asam jawa saat haid

  1. Mengencerkan darah

Manfaat lain dari jamu kunyit asam adalah mampu mengencerkan darah yang mengalami pengentalan. Hal inilah yang membuat orang yang sedang menstruasi sangat baik mengonsumsi jamu kunir asem karena bisa melancarkan menstruasi. Bagi anda yang memiliki masalah pada darah yang mengental bisa mengonsumsi jamu kunyit asam ini secara rutin.

artikel terkait: manfaat asam folatmanfaat jinten hitam untuk asam urat

Ternyata manfaat dari jamu kunir asem ini untuk kesehatan cukup banyak ya. jadi bagi anda yang anti jamu sebaiknya pikir ulang lagi karena anda akan melewatkan segala manfaat dari jamu kunir asam.

Cara Membuat Jamu Kunir Asem

Jamu kunir asem saat ini sebenarnya sudah banyak beredar dalam bentuk kemasan baik dalam bentuk sirup cair atau bentuk bubuk secara instan yang bisa anda beli di toko terdekat. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin membuat jamu kunir asem sendiri supaya lebih yakin pada kandungan zat di dalam jamu kunir asem yang masih terjaga.

sponsored links

Berikut ini adalah cara membuat jamu kunir asam yang bisa menjadi panduan bagi anda.

Bahan:

  • ½ kg kunyit segar
  • ¼ kg gula merah, diutamakan gula yang terbuat dari aren
  • ½ kg asam jawa yang sudah dikeringkan biasanya sudah dalam bentuk bungkusan dan berwarna cokelat
  • 2 liter air putih
  • ½ teh garam atau sesuai selera

Cara membuat:

  • Pertama adalah dengan mencuci bersih kunyit dan bersihkan semua kotoran yang menempel.
  • Blender atau parut kunyit sampai halus kemudian peras airnya dan ambil airnya saja
  • Setelah mendapatkan air kunyit kemudian rebus dengan menggunakan air dan bahan lainnya asam jawa, gula jawa dan garam yang telah disiapkan hingga mendidih. Dalam hal ini harus dilakukan pengadukan terus-menerus supaya bahan tidak mengendap.
  • Setelah mendidih, kemudian angkat dan tunggu hingga mendingin
  • Dalam keadaan hangat atau dingin dicampur es anda bisa mengonsumsinya sebagai minuman herbal yang enak dan sehat.

Cara pembuatan jamu kunir asem ini cukup mudah bukan? Anda bisa membuat jamu kunir asem sebagai persediaan dan bisa anda sajikan kepada kerabat atau tamu sebagai minuman khas dari anda.

artikel terkait: manfaat asam mefenamatmanfaat daun asam

Jamu kunir asem membuat rahim kering? Fakta atau mitos?

Jamu kunir asem sudah sangat terkenal terutama untuk kesehatan wanita namun ada rumor beredar bahwa mengonsumsi jamu kunir asem bisa menyebabkan rahim atau peranakan kering sehingga mengakibatkan wanita susah hamil. Namun benarkah rumor yang beredar tersebut?

Ternyata menurut para ahli kandungan dan kehamilan rumor tersebut tidaklah benar atau hanya mitos belaka yang dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Istilah rahim atau peranakan kering sendiri di dunia kedokteran tidak ada dan bisa menjadi penafsiran berbeda-beda tiap orang dan para ahli kesehatan sehingga sangat sulit dipahami maksud yang sebenarnya.  Rahim atau peranakan kering biasanya diartikan pada keadaan wanita yang mendekati masa menopause dimana produksi lendir berkurang dan darah menstruasi yang sedikit.

Namun ada pula yang mengkaitkan keadaan rahim kering dengan penggunaan pil KB sehingga sel telur tidak bisa berkembang. Nah untuk perihal ini para dokter mengingatkan untuk tidak menghiraukan rumor yang beredar perihal jamu kunir asam yang bisa membuat susah hamil atau rahim kering karena itu tidak benar dan sampai saat ini belum ada bukti yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi ya!

artikel terkait: manfaat akar wangimanfaat akar pepaya

Demikian artikel kali ini mengenai manfaat jamu kunir asem bagi kesehatan dan kecantikan serta bagaimana cara membuatnya. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 22:43 Oleh :
Kategori : Herbal