Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Jamu Kunci Suruh Bagi Kesehatan & Wanita

Sponsors Link

Jamu merupakan salah satu obat tradisional yang berasal dari Indonesia dan telah di gunakan untuk berbagai maca khasiat bagi tubuh. Salah satu jamu yang memiliki manfaat khususnya untuk kaum ibu – ibu adalah jamu kunci suruh.

Jamu biasanya dibuat dari bahan – bahan alami yang berasal dari Indonesia juga. Tumbuhan yang paling banyak digunakan untuk membuat jamu adalah rimpang, bagia dari rimpang yang banyak digunakan adalah akar, daun, kulit batang dan buahnya. Selain dari tumbuh – tumbuhan jamu juga banyak dibuat dari hewan seperti empedu dari kambing ular dan juga telur ayam kampung

Untuk rasa sendiri jamu memiliki rasa yang unik dan berbeda karena rasa pahit yang terasa saat jamu sudah sampai di kerongkongan. Biasanya setelah meminum jamu kita akan di berih jahe manis untuk menghilangkan rasa pahit yang timbul. Guna jamu adalah untuk menjaga kesehatan dan kehangatan dari tubuh.

Salah satunya adalah jamu kunci suruh, jamu ini banyak diminum oleh wanita terutama ibu – ibu untuk mengobati beberapa keluhan yaitu :

1. Merapatkan bagian intim

Fungsi jamu kunci suruh berguna untuk merapatkan bagian intim kaum wanita khususnya ibu – ibu yang sudah melahirkan untuk kesehatan. Karena terbuat dari bahan alami jamu ini banyak digunakan dan dipercaya dapat membantu.

2. Menghilangkan bau badan

Manfaat lainnya dari jamu kunci suruh ini adalah untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Bagi yang memiliki bau badan tidak sedap dapat menggunakan jamu ini agar bau badan tidak terlalu menganggu. Bau badan kadang menjadi masalah tersendiri bagi kita saat sedang berkumpul dengan orang – orang terdekat.

Artikel terkait :

3. Keputihan

Salah satu manfaat yang baik lainnya dari jamu kunci suruh ini adalah untuk mengobati keputihan. Keputihan yang terlalu parah bahkan menimbulkan gatal – gatal sangat tidak baik untuk kesehatan kaum wanita karena dapat menimbulkan kemandulan. Keputihan dapat di cegah dan diobati dengan ramuan dari manfaat jamu kunci suruh ini. Anda dapat meminumnya sekali seminggu untuk pencegahan dan setiap hari sekali untuk pengobatan. Jika di rasa keputihan sudah berkurang maka dapat anda kurangi konsumsinya setiap hari.

Baca juga :

4. Mengecilkan rahim

Setelah melewati masa – masa kehamilan, rahim akan mengencil sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Manfaat jamu kunci suruh ini adalah untuk membantu pengecilan rahim secara alami. Dengan meminum ramuan dari jamu kunci sirih ini rahim anda dapat mengecil dengan cepat dan kembali ke ukuran normalnya kembali.

Artikel terkait :

5. Menguatkan gigi

Gigi berfungsi sebagai menguyah makanan dan juga menunjang penampilan. Gigi yang rapuh tentu tidak sehat dan khawatir akan tanggal sebelum waktunya. Untuk mencegah itu terjadi anda dapat menggunakan jamu kunci sirih sebagai bahan alami yang berfungsi untuk menguatkan gigi. Gigi yang kuat dan tahan lama sangat baik saat usia sudah mendekati senja.

Artikel terkait :

6. Melangsingkan perut

sponsored links
Jamu kunci suruh juga memiliki fungsi melangsingkan badan. Jamu ini dipercaya dapat melangsingkan perut jika dikonsumsi secara teratur setiap harinya. Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan dapat mencoba ramuan dari jamu ini karena manfaatnya yang baik untuk menunjang penampilan dan kecantikan anda.

Artikel terkait :

Bahan Bahan Jamu Kunci Suruh

Adapun bahan bahan alami yang digunakan untuk membuat jamu kunci suruh adalah sebagai berikut :

  •  Temu Kunci
  •  Daun Sirih, anda dapat menyediakan daun sirih beberapa lembar untuk bahan pembuatan jamu kunci suruh ini.
  •  Daun beluntas, daun ini memiliki ciri – ciri bewarna hijau segar dengan daun yang kecil – kecil.
  •  Kunyit, kunyit juga digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan jamu kunci suruh. Ambil beberapa rimpang kunyit untuk di kupas kulitnya dan kemudian di cuci.
  • Jahe juga di gunakan untuk membuat jamu kunci suruh, ambil beberapa rimpang jahe secukupnya jangan lupa untuk membuang kulitnya terlebih dahulu baru kemudian di cuci dengan air yang mengalir.
  •  Kencur
  • Kapulaga
  •  Kayu Manis untuk menambah aroma sedap dari jamu tersebut saat akan di konsumsi.
  • Asam Jawa tambahkan sedikit saja untuk rasanya.
  •  Serai juga di gunakan untuk membuat jamu kunci sirih ini.
  • Gula Merah
  • Jeruk Nipis tambahkan secukupnya, sebelumnya jeruk nipis di belas menjadi dua dan sisihkan biji dari jeruk nipis agar tidak masuk kedalam jamu kunci suruh tersebut.
  • Air secukupnya
  • Garam sebagai penyedap rasa secukupnya juga.                   

Setelah menyediakan bahan – bahan untuk membuat jamu kunci suruh adapun cara melakukan pengolahannya sebelum dikonsumsi antara lain adalah :

1.Giling halus temu kunci, daun sirih, daun luntas, manfaat kunyit, manfaat jahe, kencur giling sampai dengan halus. Cuci sampai bersih dan kupas kulitnya sebelum di giling.

2.Setelah digiling masukkan ke dalam kain dan di peras untuk mengeluarkan sari air dari bahan – bahan tersebut diatas. Sari yang di keluarkan tersebut berguna untuk membuat jamu kunci suruh.

3. Perasan tersebut di masukkan kedalam wadah dan  untuk kemudian di tambah dengan air secukupnya.

4. Masukkan manfaat kayu manis, kapulaga, manfaat daun serai yang sudah terlebih dahulu di potong – potong kemudian campurkan asam jawa dan gula merah serta garam secukupnya kedalam wadah tadi.

5. Hidupkan kompor dan tunggu hinga mendidih untuk kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis.

6. Kurang lebih 15 menit rebus dengan api yang kecil dan dapat diangkat untuk kemudian di dinginkan.

7. Setelah dingin jamu kunci susuh dapat dihidangkan untuk diminum. Biasanya untuk sekali pembuatan dapat memenuhi lima cangkr gelas setiap minum.

Efek Samping

Jamu kunci suruh memang merupakan jamu yang terbuat dari bahan alami tapi juga mengandung efek samping jika di minum secara berlebihan dan tidak seimbang. Memang belum ada penelitian yang membuktikan efek dari konsumsi jamu selama dalam batas wajar. Tapi tetap perlu waspada agar tidak meminum jamu dalam jumlah yang banyak hanya untuk pencegahan. Meminum jamu kunci suruh dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan kekeringan rahim yang berujung pada kemandulan karena itu jumlah konsumsi jamu sehari – hari harus dalam batas yang tidak berlebihan meskipun jamu berasal dari bahan alami.

Selai kekeringan pada rahin efek samping syang lain adalah kerusakan pada ginjal. Meminum jamu menjadika tugas dan fungsi dari ginjal menjadi berat dan beban ginjal dalam menyaring nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ekstra keras. Dalam jangka waktu yang lama hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 08th, July 2016 / 02:29 Oleh :
Kategori : Herbal