Sponsors Link

15 Manfaat Jambu Dersono bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

jambu dersono

ads

Jambu dersono mungkin terdengar asing bagi sebagian orang namun jika disebut jambu bol pasti banyak yang tahu. Jambu yang berwarna merah atau merah tua ini memang dikenal dengan nama yang berbeda-beda di beberapa daerah seperti di minangkabau jambu ini dipanggil dengan jambu jambak. Selain warnanya yang menarik jambu dersono juga memiliki aroma harum yang khas. Dibandingkan jambu air jambu bol memiliki tekstur daging buah yang lebih lembut dan padat serta berwana putih. Rasanya manis atau manis agak asam. Oleh karena itu buah ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau dijadikan rujak dan asinan.

Buah yang memiliki nama latin syzygium malaccense ini sejak lama banyak ditemukan di Sumatera, Semenanjung Malaya, dan Jawa. Selain itu buah ini juga banyak ditanam di negara-negara tropis dan negara-negara karibia seperti Tobago, Trinidad, dan Jamaika sehingga kerap juga dipanggil jambu Jamaika. Namun sayangnya jambu dersono hanya berbuah setahun sekali sehingga cukup sulit didapatkan dan dibanderol dengan harga cukup mahal di pasaran.

Selain enak jambu dersono juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, A, B1, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, dan kalsium. Hal ini menjadikan jambu dersono memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan jika dikonsumsi atau diolah menjadi obat. Berikut beberapa manfaat jambu dersono bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Melancarkan persalinan

Selain manfaat rumput fatimah dan manfaat sari kurma, jambu dersono termasuk salah satu buah yang banyak dicari oleh ibu-ibu hamil karena dipercaya dapat membantu kelancaran proses persalinan. Sehingga persalinan berjalan lancar serta baik ibu maupun anaknya lahir dengan selamat.

2. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit

Siapa sih yang tidak ingin kulit cantik dan sehat? Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, salah satunya dengan rajin mengonsumsi jambu dersono. Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. (Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk kecantikan – manfaat mangga)

3. Menjaga kesehatan sel

Perkembangan radikal bebas dapat merusak sel-sel normal dan sehat di dalam tubuh sehingga sel-sel tersebut menjadi abnormal. Untuk mencegah hal ini tubuh memerlukan antioksidan yang salah satunya bisa didapatkan dari jambu dersono. (Baca juga: manfaat jagung – sumber antioksidan)

4. Membantu penyerapan zat besi secara maksimal

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk mencerna makanan serta berperan pada berbagai reaksi penting di dalam tubuh. Untuk itu diperlukan asupan zat besi yang cukup dan terserap secara maksimal oleh tubuh yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi jambu dersono yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

5. Meningkatkan mutu sperma

Salah satu penyebab sulitnya terjadi pembuahan dan kehamilan pada sebagian pasangan adalah karena kualitas sperma yang kurang baik. Seperti pembungkus sperma yang mengalami kerusakan karena aktivitas radikal bebas. Untuk itu dianjurkan bagi kaum laki-laki untuk mengonsumsi jambu dersono yang mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel sperma dari serangan radikal bebas sehingga sel sperma terjaga kualitasnya. (Baca juga: manfaat kecambah untuk kesuburan – manfaat toge untuk kesuburan)

ads

6. Mengatasi demam

Meskipun demam merupakan gejala penyakit yang umum diderita namun tidak boleh dianggap remeh. Harus dilakukan tindakan-tindakan untuk menurunkan suhu tubuh diantaranya dengan meminum air seduhan dari buah, daun, atau biji jambu dersono. (Baca juga: manfaat obat neuralgin)

7. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi

Kekurangan vitamin C dan A dapat berakibat pada masalah gigi dan gusi seperti pembengkakan gusi atau gusi berdarah. Untuk mencegah hal ini tubuh harus mendapat asupan vitamin C dan A yang cukup yang salah satunya bisa didapatkan dari konsumsi jambu dersono. (Baca juga: manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigi)

8. Baik untuk kesehatan mata

Kekayaan vitamin A pada jambu dersono juga sangat baik bagi kesehatan mata serta menghindarkan mata dari berbagai penyakit. Selain pada jambu dersono asupan vitamin A juga bisa didapatkan dari manfaat wortel dan manfaat tomat.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh yang baik penting artinya untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit karena di sekitar kita ada begitu banyak virus dan bakteri yang siap menyerang kapan saja. Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi jambu dersono yang kaya akan vitamin a yang berperan meningkatkan fungsi sel darah putih. Seperti yang diketahui sel darah putih berperan sebagai antivirus dan antibodi yang melindungi tubuh dari berbagai virus dan bakteri. (Baca juga: manfaat madu)

10. Mengobati sariawan

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mulut terserang sariawan, sejenis radang di dalam mulut berupa bercak putih kekuningan yang terasa pedih, apalagi jika mengonsumsi makanan yang pedas. Untuk itu mengatasi hal ini kita dapat memanfaatkan kulit batang jambu dersono. Caranya dengan merebus atau menyeduh kulit batangnya dengan air panas. Setelah hangat air ini dapat langsung diminum. Lakukan secara rutin dan sariawan pun akan berkurang. (Baca juga: manfaat manggis)

11. Meredakan disentri

Meskipun penyakit yang umum terjadi di masyarakat namun disentri tidak bisa dianggap remeh atau dibiarkan saja karena dapat berakibat fatal. Perlu tindakan pengobatan baik melalui obat-obatan yang tersedia di pasaran atau dengan obat-obatan alami seperti jambu dersono, manfaat mahkota dewa, dan manfaat lempuyang.

12. Mengobati diabetes

Jambu dersono juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu bagian-bagian lain buah ini seperti akar, batang, dan daunnya juga dapat diolah dan dijadikan ramuan penurun kadar gula darah. (Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes)

13. Mengatasi sakit kepala

Jika sakit kepala menyerang biasanya orang akan mengonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala yang banyak dijual di pasaran. Namun jika anda tidak biasa meminum obat atau khawatir efek sampingnya ada alternatif lain yang lebih enak dan aman yaitu dengan mengonsumsi jambu dersono. (Baca juga: manfaat parasetamol)

14. Mengatasi sembelit

Manfaat lain dari jambu dersono adalah untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Hal ini biasanya terjadi karena kurang konsumsi makanan berserat. Selain jambu dersono ada beberapa buah dan makanan yang lain juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit seperti manfaat buah mahoni dan manfaat pare.

15. Mengatasi gatal pada kulit

Gatal merupakan masalah kulit yang sangat sering dan umum dialami oleh banyak orang. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gatal seperti digigit serangga, jamur, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya secara alami kita dapat memanfaatkan akar pohon jambu dersono. Caranya dengan menghaluskan akar jambu dersono hingga menjadi bubuk kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang gatal. (Baca juga: 6 manfaat daging bekicot bagi kesehatan)

Itulah diantara manfaat jambu dersono bagi kesehatan dan kecantikan. Meskipun agak mahal namun setara dengan manfaat yang bisa diperoleh sehingga tidak ada salahnya menjadikan buah ini sebagai alternatif buah yang akan dikonsumsi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 22nd, May 2017 / 23:25 Oleh :
Kategori : Buah Buahan