Sponsors Link

20 Manfaat Jambu Bol Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Jambu bol memiliki tekstur daging buah yang sangat lembut dan padat. Pohon jambu bol bisa mencapai 15 meter dengan batang lurus dan, bercabang rendah. Jambu bol juga terkenal dengan nama berbeda di setiap daerah seperti malay apple dalam bahasa Inggris, nyambu bol dalam bahasa Bali, jambu bolo dalam bahasa Makassar, jambu bolu dalam bahasa Bugis, jambu darsana dalam bahasa Jawa, kupa maaimu dalam bahasa Sulawesi Utara dan sebagainya.

ads

Baca Juga:

Jambu bol memiliki rasa manis, asam dan juga sedikit sepat dan biasa dijadikan salah satu pelengkap rujak, setup serta asinan. Kandungan dari jambu bol juga cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, protein dan juga kalsium. Dengan mengkonsumsi buah jambu bol secara rutin, maka anda bisa merasakan berbagai kegunaan yang terkandung dalam buah ini seperti yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini.

Artikel terkait:

  1. Menyehatkan Mata

Karena kandungan vitamin A tinggi dalam buah ini, maka jambu bol membuat mata menjadi lebih sehat sehingga penglihatan bisa lebih tajam dan jelas.

  1. Mencegah Osteoporosis

Dalam buah jambu bol mengandung zat besi yang akan membuat tulang menjadi lebih kuat, sehingga anda akan terhindar dari berbagai penyakit tulang seperti pengeroposan tulang dan juga osteoporosis.

Artikel terkait:

  1. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tubuh seseorang akan semakin kuat dengan mengkonsumsi buah jambu bol yang mengandung vitamin C tinggi, sehingga anda akan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti susah buang air besar yang terjadi karena kekurangan serat bisa didapat dalam jambu bol sebab tinggi akan serat yang akan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Demam

Demam terjadi karena ada peradangan yang terjadi di dalam tubuh sehingga suhu tubuh meningkat yang bertujuan agar membunuh bakteri serta kuman di dalam tubuh. Namun demam ini sangat mengganggu penderita penyakit tersebut, agar demam bisa turun maka bisa dilakukan dengan cara menyeduh buah jambu bol dengan air hangat lalu diminum sampai habis.

  1. Mencegah Diabetes

Jambul bol bisa menjadi pengganti gula yang seringkali dikonsumsi. Kandungan gula dalam buah ini lebih rendah dan sudah mencukupi kebutuhan gula di dalam tubuh sehingga kadar gula darah akan tetap stabil.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Disentri

Saat terkena penyakit disentri, maka jangan terburu-buru menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Manfaatkan buah ini untuk mengatasi disentri sehingga tidak akan menyebar sebab penyakit disentri merupakan penyakit yang menular.

  1. Menjaga Sistem Saraf

Vitamin B1 yang ada pada buah ini sangat berguna untuk tubuh seperti menjaga fungsi dari sistem saraf, metabolisme karbohidrat dan juga menjaga fungsi dari otot.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Penuaan Dini dan Pelembab Kulit

Pada jambu bol juga mengandung vitamin D yang cukup, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mencegah terjadinya penuaan dini serta membuat kulit terhindar dari kekeringan serta kusam sehingga kulit lembab dan kenyal bisa selalu anda rasakan.

ads
  1. Obat Infeksi Mulut dan Tenggorokan

Untuk mengatasi infeksi pada bagian mulut dan tenggorokan, juga bisa dilakukan dengan cara mudah dan tentunya nikmat, yakni dengan mengolah jambu bol menjadi jus menyegarkan yang diminum secara rutin sampai infeksi tersebut bisa sembuh seluruhnya.

Artikel terkait:

  1. Penunjang Diet

Untuk anda yang sedang menjalani program diet bisa mengkonsumsi buah jambu bol yang tinggi akan serat dengan rutin yang akan bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol dalam usus yang menjadi penyebab perut membuncit.

  1. Meningkatkan Fungsi Sel Darah Putih

Vitamin A yang terkandung dalam jambu bol akan meningkatkan fungsi dari sel darah putih yang akan berperan sebagai anti virus dan juga antibody. Konsumsi buah ini secara rutin disaat anda menderita luka sehingga bisa lebih cepat disembuhkan dan berbagai jenis penyakit lain yang membutuhkan sel darah putih dalam membunuh berbagai bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan Peredaran Oksigen

Zat besi yang terkandung dalam jambu bol juga berguna untuk mengalirkan oksigen dalam sel darah merah dan juga berbagai sel tubuh lainnya.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak bisa bekerja dengan maksimal dengan kadar oksigen yang cukup dalam aliran darah. Dengan kandungan zat besi dalam jambu bol, maka membantu fungsi dari otak untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang akan meningkatkan daya berpikir, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan sistem kepekaan setiap sistem otak dalam menjalankan perintah dan fungsinya.

Artikel terkait:

  1. Membantu Pembentukan Protein

Agar sintesa protein bisa lebih ditingkatkan, maka tubuh memerlukan fosfor yang bisa anda ambil dengan mengkonsumsi buah jambu bol secara rutin. Sintesa protein ini nantinya akan membangun jaringan tubuh, memperbaiki jaringan rusak dan juga membantu proses reproduksi.

  1. Melindungi Membran Mukosa

Kandungan vitamin B1 yang ada pada buah jambu bol juga akan melindungi membran mukosa. Membran mukosa ini memiliki tugas untuk menjaga tubuh dari berbagai mikroorganisme asing yang menjadi penyebab terjadinya infeksi. Beberapa bagian tubuh yang akan dilindungi membran mukosa adalah paru-paru, hidung dan juga kelopak mata.

Artikel terkait:

  1. Memperbaiki Tekstur Kulit

Vitamin C pada buah ini diperlukan untuk sistem vaskular sehingga lebih sehat. Pembuluh darah yang kecil dibagian bawah kulit akan mengalirkan oksigen dan nutrisi supaya kulit bisa selalu sehat, memperbaiki tekstur kulit dan juga mencegah kulit menjadi kering dan kusam.

  1. Menyuburkan Rambut

Kandungan vitamin C dalam jambu bol juga berguna untuk menguatkan akar rambut sehingga bisa tumbuh dengan kuat. Selain itu, jambu bol juga berguna untuk mencegah rambut menjadi kering dan bercabang.

Artikel terkait:

  1. Menghilangkan Ketombe

Folikel pada rambut sering tersumbat dengan kulit mati yang terkelupas dan kering seperti ketombe. Folikel rambut ini akan cepat rusak jika tidak segera diobati dan menghambat rambut untuk tumbuh. Dengan mengkonsumsi jambu bol secara rutin, maka vitamin C yang ada didalamnya akan melawan bakteri yang terdapat di kulit kepala.

Baca Juga:

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Khusus untuk anda para wanita, rajinlah mengkonsumsi buah jambu bol saat datang bulan. Kandungan kalsium tinggi yang ada pada buah ini merupakan cara ampuh alami agar terhindar dari rasa nyeri yang timbul akibat datang bulan tersebut.

Artikel terkait:

Dengan mengetahui manfaat jambu bol ini, kami harap anda lebih rajin dalam mengkonsumsi buah yang satu ini. Berbagai kandungan bermanfaat didalamnya tidak hanya bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit, namun juga menjaga kesehatan kulit, tulang dan juga gigi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 18th, May 2017 / 23:44 Oleh :
Kategori : Buah Buahan