Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Jambu Biji untuk Penyakit Demam Berdarah

Sponsors Link

Demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh Virus Dangue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti, jadi kalau Anda memiliki anggapan bahwa nyamuknyalah yang menyebabkan Demam Berdarah Dangue (DBD) maka hilangkan pikiran tersebut. Penyakit karena penyakit demam berdarah berasal dari virus yang di bawa oleh nyamuk. Nyamuk hanya menjadi perantara saja, dan demam berdarah ditandai dengan :

  1. Panas tinggi yang mendadak dan selama 2 – 7 hari tidak turun.
  2. Mimisan
  3. Mual muntah
  4. Sakit kepala berat
  5. Nyeri otot, tulang atau sendi

Penyakit demam berdarah d Indonesia angka prevalensinya termasuk tinggi. Menururt data yang telah dikumpulkan oleh DepKes RI pada tahun 2014 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia,  penderita penyakit demam berdarah tercatat sebanyak 71.668 orang dan 641 diantaranya meninggal dunia. Demam berdarah tidak mengenal usia, bahkan kasus demam berdarah yang terjadi selama ini penderitanya lebih banyak adalah anak – anak. Virus menyerang dan merusak  sel trombosit yang ada dalam tubuh.

Berikut adalah 3 manfaat yang dimiliki jambu biji dalam membantu mengobati penderita yang terkena demam berdarah :

  1. Membantu memperbaiki sel trombosit yang rusak

Kita sudah mengetahuinya sejak lama bahwa jambu biji memilik manfaat untuk mengobati demam berdarah. Salah satunya yaitu membantu memperbaiki sel trombosit yang rusak. Didalam jambu biji terdapat banyak sekali zat – zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya yaitu antioksidan. Ketika sel trombosit mengalami kerusakan berarti terdapat suplai ion H di dalam tubuh kita yang tidak memiliki pasangannya. Dan peran antioksidan disini yaitu memberikan pasangan baru untuk suplai ion H yang hilang dan menjadikan atom yang awalnya aktif untuk merusak sel menjadi tidak aktif lagi. Sel trombosit selalu terserang oleh virus Dangue dikarenakan sel trombosit memiliki dinding sel yang tipis dan sensitif, sehingga memudahkan virus untuk merusaknya.

Artikel terkait Manfaat Jambu Biji

  1. Membantu dalam menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh.

Jambu biiji mengandung mineral, dan mineral yang terdapat pada jambu biji bisa bermanfaat untuk membantu mengatur jumlah keluar dan masuknya cairan di dalam tubuh, sehingga pasien tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi pada penderita penyakit demam berdarah dikarenakan pasien mengeluarkan banyak cairan seperti ketika dia muntah. Jadi untuk pasien demam berdarah biasanya jumlah makanan dan minuman yang masuk dan keluar di hitung supaya tidak terjadi dehidrasi.

sponsored links

  1. Meningkatkan system imun atau system kekebalan tutbuh

Dan yang terakhir adalah kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji, vitamin C ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi,. Vitamin C diperlukan dalam pembentukan kolagen oleh fibroblast  hingga merupakan bagian dalam pembentukan zat intersel. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan terganggunya integritas dinding kapiler. Vitamin C juga diperlukan pada saat proses pematangan sel darah dan pembentukan tulang dan dentin. Maka dari itu jambu biji memiliki manfaat bagi penderita demam berdarah. Kandungan vitamin C pada buah jambu biji yang lebih tinggi daripada buah lainnya.menyebabkannya jambu biji menjadi buah yang dipilih untuk mengobati deman berdarah dan tentunya juga karena terdapat zat yang lainnya juga yang membantu dalam mengobati demam berdarah. Dalam setiap 100g jambu biji mengandung sekitar 183 vitamin C.

Artikel terkait Vitamin C :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 03:40 Oleh :
Kategori : Buah Buahan