Sponsors Link

Manfaat Jambu Biji Untuk Penderita Anemia

Sponsors Link

Setiap manusia memiliki sistem metabolisme dan imunitas yang berbeda dalam tubuhnya. Perbedaan kinerja organ-orang tubuh ini sangat dipengaruhi oleh kualitas asupan makanan dan nilai gizi yang dikonsumsi sehari-hari oleh orang tersebut. Begitu pun yang terjadi pada penderita Anemia. Penderita Anemia harus senantiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat mineral untuk memperlancar proses pembentukan hemoglobin dalam darah.

(Baca juga : manfaat madu untuk metabolisme tubuh)

Anemia dan Gejalanya

Anemia adalah suatu kondisi saat kandungan hemoglobin berkurang dalam darah. Hemoglobin merupakan suatu senyawa protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah. Hemoglobin pada penderita Anemia tidak berfungsi dengan baik sehingga produksi sel darah merah terganggu.

Pembentukan hemoglobin terjadi di dalam sumsum tulang. Agar terjadi pembentukan hemoglobin, tubuh memerlukan bahan baku berupa vitamin B2, vitamin B12 dan zat besi yang terkandung dalam asupan makanan. Penting sekali bagi penderita Anemia untuk memilih makanan yang mengandung vitamin B2, vitamin B12 dan zat besi sebagai menu utama untuk membantu terbentuknya hemoglobin.

Kurangnya oksigen yang dibawa oleh hemoglobin dalam sel darah merah akan sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Hal ini dikarenakan oksigen adalah komponen utama yang dibutuhkan manusia untuk melakukan aktivitas dalam organ tubuhnya. Kekurangan oksigen dapat berakibat fatal bagi tubuh manusia.

Kadar hemoglobin pada manusia normal adalah 13,5-18 gram/dl untuk laki-laki dan 12-16 gram/dl untuk perempuan. Jika kadar hemoglobin seseorang kurang dari angka-angka tersebut, ada kemungkinan  mereka mengalami Anemia. Adapun gejala-gejala yang biasa dialami oleh penderita Anemia, diantaranya :

  • Pusing,
  • Wajah pucat,
  • Sulit berkonsentrasi,
  • Mudah pingsan,
  • Tidak nafsu makan, dan
  • Mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik.

(Baca juga : manfaat vitamin b3 untuk nafsu makan, manfaat buah naga untuk nafsu makan)

Faktor Penyebab Penyakit Anemia

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang menderita Anemia. Umumnya penyebab Anemia adalah kurangnya asupan gizi yang dapat membentuk sel darah merah, terjadi pendarahan dalam tubuh, stres, faktor genetik serta menderita penyakit tertentu yang mengakibatkan turunnya kadar hemoglobin dalam sel darah merah. Selain itu, Anemia rentan terjadi pada wanita akibat faktor hormonal seperti pada wanita hamil maupun wanita dalam masa menstruasi.

Anemia memang bukan penyakit yang berbahaya, namun bukan berarti membiarkan penyakit ini tanpa pengobatan apapun. Gangguan terbesar pada penderita Anemia adalah sistem metabolisme dan kekebalan tubuhnya yang lemah sehingga rentan terjangkit penyakit lain. Para ahli gizi berpendapat bahwa penderita Anemia wajib memperhatikan asupan gizi yang terkandung dalam makanannya. Tentu saja mereka harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B2, vitamin B12 dan zat besi.

(Baca juga : manfaat vitamin B bagi tubuh)

Jambu Biji Untuk Penderita Anemia

Dewasa ini banyak sekali beredar suplemen-suplemen penambah darah bagi para penderita Anemia. Suplemen tersebut tentu saja mengandung vitamin dan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan  boleh saja dikonsumsi. Namun alangkah lebih baik jika mengupayakan penambahan darah bagi penderita Anemia dari buah-buahan dan sayuran segar.

(Baca juga : manfaat jambu biji untuk diabetes, manfaat jambu biji untuk diet, manfaat jambu biji ungu untuk mencegah kanker, manfaat jambu biji untuk demam berdarah)

sponsored links

Salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan pembentuk sel darah merah adalah jambu biji. Jambu biji merupakan buah berbentuk oval dengan diameter 2 sampai 4 cm. Dagingnya lunak dan lembut, berbiji serta memilki rasa yang manis. Jambu biji memiliki warna daging yang beragam seperti kuning, putih dan merah.

(Baca juga : manfaat jambu biji putih, manfaat jambu biji merah, manfaat jambu monyet, manfaat jambu kristal, manfaat jambu air, manfaat jambu klutuk merah)

Menurut  Daftar Analisis Bahan Makanan (1992) menyebutkan  kandungan vitamin C dalam 100 gram jambu biji dua kali lipat lebih banyak daripada jeruk dengan berat yang sama. Vitamin C ini berguna untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan bahan baku utama pembuatan hemoglobin, untuk itulah jambu biji sangat disarankan untuk penderita Anemia.

(Baca juga : manfaat vitamin c, manfaat suntik vitamin c)

Kandungan vitamin dalam jambu biji sebagian besar terdapat dalam kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Jambu biji dapat dikonsumsi penderita Anemia dengan cara diblender tanpa tambahan apapun. Jambu biji dengan daging berwarna merah sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan hemoglobin dalam sel darah merah. Demikianlah manfaat jambu biji untuk penderita anemia. Semoga bermanfaat.

(Baca juga : manfaat brokoli, manfaat kelengkeng, manfaat strawberry , manfaat tomat)

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 21st, October 2016 / 08:13 Oleh :
Kategori : Buah Buahan