Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Jambu biji Ungu Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Jambu biji ungu atau lebih dikenal dengan jambu biji Australia yang memiliki nama latin Psidium Rufum memang belum banyak di kenal di Indonesia. Tapi perlu anda ketahui jambu biji ungu ini banyak sekali mengandung manfaat yang berharga bagi tubuh manusia. Bahkan didalam daun jambu bji ungu ini terdapat beberapa zat yang bermanfaat juga bagi tubuh manusia.

Karena buahnya yang tidak terlalu besar banyak orang yang menjadikan pohon jambu biji ini untuk dijadikan tanaman hias. Meski dijadikan tanaman hias Anda tidak perlu khawatir pohonnya tidak berbuah. Jika dirawat dengan benar maka pohonnya akan berbuah. Perawatannya juga sama dengan perawatan jambu biji yang lain. Buahnya memiliki aroma yang khas, renyah dan manis ketika dimakan. Berikut ini merupakan manfaat dari buah jambu biji ungu

Manfaat yang terdapat pada jambu biji ungu :

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang timbul karena adanya pertumbuhan sel jaringan yang tidak normal. Penyakit kanker juga merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di dunia. Berdasarkan data RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) pada tahun 2013 prevalensi penyakit kanker yang ada di Indonesia sebesar 1,4% atau diperkirakan sekitar 347.792 orang. Dan kandungan zat yang terkandung di dalamnya seperti, mineral, vitamin, kalori yang rendah, serta senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang dapat mingkatkan kekebalan tubuh pada seseorang sehinnga kanker dapat dicegah. Karena jika kekebalan tubuh semakin menurun maka bakteri dan virus akan lebih mudah untuk masuk kedalam tubuh. Bakteri dan virus merupakan salah satu factor penyebab terjadinya kanker khususnya kanker serviks. Buah jambu biji ungu juga memiliki likopen yang bisa mencegah kanker seperti kanker kulit, kaanker perut dll.

Artikel terkait :

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Tidak lancarnya sistem pencernaan biasanya dikarenakan oleh kebiasaan makan yang tidak baik. Seperti kurang makan sayuran dan buah-buahan, padahal di dalam buah dan sayuran terdapat banyak serat yang baik dan melancarkan sistem pencernaan. Karena jambu biji ungu memiliki serat yang banyak (5,4 g/ 100 g buah) maka dianjurkan bagi orang yang mengalami sistem pencernaan yang tidak lancar untuk mengkonsumsi buah jambu biji ungu ini.

  1. Mencegah Sariawan

Sariawan biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C dalam tubuh. Jambu biji merupakan penghasil vitamin C terbanyak di antara buahan-buahan yang mengandung vitamin C, termasuk juga dalam manfaat jambu biji ungu. Buah jambu biji ungu juga kayak akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah sariawan.

  1. Mengobati Diare

Diare adalah suatu keadaan dimana bertambahnya frekuensi BAB lebih dari biasanya (lebih dari 3 kali sehari) dan ditandai dengan perubahan bentuk feses menjadi lembek, encer atau bahkan bisa seperti air. Diare disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli. Jambu biji ungu mengandung astringent yang bersifat alkali yang memiliki manfaat sebagai disinfektan dan anti bakteri, maka jambu biji ungu juga bisa digunakan dalam mengobati diare.

sponsored links

  1. Mencerahkan Kulit

Likopen yang memiliki antioksidan tinggi, juga terdapat pada buah jambu biji ungu. Antioksidan yang terdapat didalamnya memiliki manfaat untuk melindungi sel sel tubuh dan menangkal radikal bebas, sehingga sangat cocok untuk perawatan kulit.

Artikel Terkait :

Buah jambu biji sudah sangat dikenal oleh orang bisa menyembuhkan demam berdarah. Ternyata buah jambu biji ungu juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan trombosit yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa untuk dijadikan obat untuk mengobati demam berdarah. Banyaknya vitamin C yang terdapat pada buah jambu biji ungu bisa menaikan kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh seseorang yang mengalami demam berdarah menjadi membaik dan normal kembali maka trombosit pun akan naik. Demam berdarah disebabkan oleh virus yang di bawa oleh nyamuk, penyakit yang disebabkan oleh virus akan membaik dengan sendirinya jika keadaan tubuh pasien membaik. Sangat dianjurkan untuk pasien yang menderita demam berdarah untuk tidak hanya mengkonsumsi jambu biji saja tetapi diimbangi dengan makan yang sehat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 17th, October 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Buah Buahan