Sponsors Link

6 Manfaat Jambu Biji Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Memakan rujak yang isinya jambu biji putih pasti rasanya sangat enak bukan? Rasa khas dari jambu biji putih akan langsung dapat dikenali lidah dan seketika cocok serta nyaman bagi lambung. Namun jambu biji putih ini tidak hanya enak dimakan karena rasanya lho namun juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. dalam airtikel ini akan dibahas lebih lanjut apa saja manfaat dari jambu biji putih ini ya.

ads

artikel terkait:

Meskipun keberadaannya saat ini mungkin tergeser oleh jambu biji merah yang tampilannya lebih menarik namun para penggemar jambu biji putih ini pasti tidak tergantikan bukan? Baik jambu biji putih maupun jambu biji merah keduanya memiliki banyak manfaat ya bagi tubuh kita semua.

Kandungan jambu biji putih

Jambu biji merupakan tanaman buah yang berasal dari daratan amerika tepatnya di amerika tengah dan amerika selatan seperti meksiko, brazil, Venezuela dan lainnya. buah jambu biji yang disebut juga dengan guava saat ini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia salah satunya adalah di Indonesia. buah jambu biji dapat tumbuh subur di iklim tropis dan subtropics oleh karena itu jambu biji sangat mudah ditemukan di Indonesia. kandungan senyawa kimia dalam jambu biji sangat baik untuk kesehatan bahkan kandungan vitamin C nya diklaim lebih besar 4 kali dibandingkan dengan yang ada di dalam buah jeruk. Nah, berikut ini adalah kandungan buah jambu biji putih yang sangat baik untuk tubuh.

  • Antioksidan

Jambu biji mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. antioksidan ini memiliki tugas mulia yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh karena adanya serangan dari molekul-molekul berbahaya yang disebut sebagai radikal bebas. Saat ini sudah banyak dilakukan penelitian bahwa radikal bebas adalah penyebab dari  munculnya berbagai jenis penyakit seperti kanker, penyakit yang mengenai pembuluh darah (aterosklerosis), tumor dan masih banyak jenis penyakit lainnya. kabar baiknya adalah selain di dalam buah jambu, antioksidan juga banyak ditemukan di daun jambu biji. Wah, sangat bermanfaat ya pohon jambu biji ini.

  • Fitronutrin

Fitronutrien juga terdapat dalam manfaat jambu biji putih yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan juga prostat bagi laki-laki. Buah lainnya yang mengandung fitronutrien antara lain adalah tomat, semangka, wortel, strarberry dan masih banyak lainnya.

  • Vitamin A

Buah jambu biji putih juga mengandung senyawa vitamin A atau karotenoid. Vitamin A dan karotenoid ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu fungsi lain dari vitamin A adaah untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan sel-sel tubuh, menjaga sel kulit tetap sehat, dan juga membantu menyehatkan mata.

  • Vitamin C

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kandungan vitamin C dalam buah jambu biji putih lebih banyak bahkan disinyalir 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam buah jeruk. Hal ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh karena vitamin C dapat digunakna sebagai sumber antioksidan alami dan juga berperan sebagai penyembuh luka, membantu tubuh dalam menyerap zat besi dan juga membantu meningkatkan kinerja fungsi otak. Vitamin C juga sangat penting keberadaannya untuk membentuk kolagen dimana kolagen ini berfungsi untuk menahan sel-sel tubuh supaya tetap kuat dan sehat.

Itulah sekilas dari kandungan yang ada di dalam buah jambu biji putih dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. tentu saja masih banyak lagi kandungan kimia yang baik bagi tubuh dalam buah jambu biji putih yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Namun secara umum semua kandungan kimia tersebut aman dan sehat jika dikonsumsi oleh tubuh.

artikel terkait: manfaat jambu airmanfaat jambu bijimanfaat jambu kristal

Manfaat jambu biji putih

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam buah jambu biji putih, kemudian mungkin anda peasaran apa saja manfaat dari buah jambu biji putih ini untuk kesehatan. Nah, selengkapnya simak berikut ini ya.

ads
  1. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Sebuah penelitian telah dilakukan oleh para ahli gizi dan kesehatan dimana hasilnya cukup mencengangkan. Mengonsumsi buah jambu biji putih secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol terutama karena kandungan serat dan kaliumnya yang sangat baik bagi tubuh. seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi atau rendah dan juga kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh sangat tidak baik dan bisa memicu kematian. Oleh karena itu harus diwaspadai kedua jenis penyakit tersebut salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah jambu biji putih.

artikel terkait: manfaat daun jambu biji

  1. Mencegah diabetes

Diabetes atau yang juga sering disebut sebagai penyakit gula merupakan keadaan dimana tubuh tidak bisa mengolah lagi gula menjadi energi sehingga kadar gula dalam tubuh berlebihan dan membahayakan tubuh. penderita diabetes saat ini terus bertambah apalagi diiringi dengan gaya hidup yang tidak sehat dan tidak terjaga. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan menunjukkan hasil bahwa jambu biji putih diduga mampu melindungi organ ginjal dari serangan penyakit diabetes. Selain itu jambu biji putih juga bisa mencegah munculnya gejala diabetes mellitus baik itu diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

artikel terkait: manfaat rebusan daun salam

  1. Mengatasi demam berdarah

Jika anda kerap mendengar para penderita demam berdarah dengue (DBD) mengonsumsi buah jambu biji merah untuk membantu meningkatkan kadar trombosit mereka. Hal ini sebenarnya juga ada di dalam buah jambu biji putih. Menurut penelitian, buah jambu biji putih dan juga daunnya dapat menghambat pertumbuhan virus DBD yang biasanya terjadi musiman saat musim hujan. Dengan mengonsumsi jambu biji dan juga ekstrak dari daun jambu biji dapat menghindarkan penderita DBD dari pendarahan dan bisa membantu mengoptimalkan jumlah trombosit dalam tubuh dalam jangka wajtu selama 16 jam saja.

artikel terkait: manfaat mengkudu untuk diabetes

  1. Mengatasi diare

Jika anda saat ini dalam kondisi bolak-balik kamar mandi karena buang air besar terus menerus atau diare maka sebaiknya anda konsumsilah buah jambu biji putih. Anda mungkin lebih mengenal daun jambu biji yang mampu mengatasi diare namun bukan hanya daunnya saja melainkan juga buahnya. Di dalam buah jambu biji putih mengandung serat tinggi sehingga melancarkan pencernaan anda namun tidak membuatnya menjadi diare sehingga menormalkan kembali organ pencernaan. Jadi anda bisa mengatasi diare dengan cara yang sehat dan lebih enak bukan daripada harus mengunyah daun jambu biji?

artikel terkait: manfaat madu manuka

  1. Mengatasi sakit maag

Manfaat lainnya yang terdapat dalam buah jambu biji adalah mampu mengatasi maag atau nyeri pada lambung. Untuk mengonsumsinya sangat mudah, anda bisa mengonsumsi secara langsung buah jambu biji yang segar atau dengan membuatnya menjadi jus jambu yang enak dan segar. Untuk mengatasi penyakit maag anda yang kambuh bisa dengan mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

artikel terkait: manfaat bedak herocyn

  1. Mencegah kanker

Manfaat jambu biji putih yang mungkin akan membuat anda terhenyak adalah mampu mencegah terjadinya penyebaran sel kanker dalam tubuh. di dalam buah jambu biji putih terdapat kandungan vitamin C sangat tinggi yang dijadikan tubuh sebagai antioksidan alami. Vitamin C inilah yang kemudian dapat membasmi tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat vitamin B3

Nah itulah enam manfaat dari jambu biji putih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Jadi bukan hanya buah jambu biji merah saja yang memiliki manfaat namun buah jambu biji putih juga tidak kalah hebatnya bagi kesehatan tubuh. anda bisa menemukan buah jambu biji putih secara mudah karena pohonnya mudah tumbuh di Indonesia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 05:06 Oleh :
Kategori : Buah Buahan