Sponsors Link

10 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas di Pagi Hari

Sponsors Link

Manfaat jalan kaki ketika tanpa alas untuk kesehatan sudah banyak didengungkan antara masyarakat dengan keluarga atau teman-temannya. Perbincangan mengenai salah satu jenis olahraga yang paling sederhana ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat pula dalam waktu senggangnya sehari-hari. Berjalan kaki tanpa alas merupakan jenis olahraga yang juga tidak mengenal usia. Setiap orang dapat melakukannya, bahkan lansia sekalipun.

ads

Jalan kaki tanpa alas ini dapat memiliki manfaat maksimal jika dilakukan di permukaan yang tidak rata. Jika anda melakukannya di lantai keramik atau ubin, maka manfaatnya hanya seperti olahraga jalan kaki biasanya saja. Lalu apa saja manfaat jalan kaki tanpa menggunakan alas yang berbeda dari manfaat jalan kaki biasa? Penjelasan manfaat tersebut masing-masing akan dijelaskan pada bagian berikut. (baca juga: Manfaat Treadmill)

Artikel terkait:

Manfaat Jalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas untuk Kesehatan Tubuh

Perkembangan dan perubahan gaya hidup saat ini sudah sangatlah pesat. Aktifitas yang penuh sehari-hari, kebiasaan makan makanan siap saji, dan juga kurangnya olahraga merupakan faktor penting dibalik munculnya banyak penyakit mematikan menjangkiti kita sebagai masyarakat.

Tentunya ancaman penyakit ini harus kita cegah dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Namun, berjalan kaki tanpa alas ternyata memiliki manfaat yang lebih khusus. Jalan kaki tanpa alas ini dapat anda lakukan pada pagi atau malam hari. Lakukanlah jalan kaki tanpa alas di atas permukaan yang berbatuan, tanah tidak rata, rumput-rumput, ataupun jalanan beraspal. Hal yang anda lakukan tersebut jika dilaksanakan dengan rutin, akan menghasilkan beberapa manfaat berikut ini:

  1. Mencegah Resiko Peradangan dalam Tubuh

Peradangan dalam tubuh atau inflamasi merupakan keadaan di mana terdapat kadar elektron positif dalam jumlah yang berlebih di dalam tubuh. Hal ini dapat anda atasi dengan berjalan kaki tanpa alas. Berjalan kaki tanpa alas akan banyak melepaskan elektron positif dan mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan dalam tubuh ini. Anda cukup berjalan 5-10 menit per hari untuk membantu pelepasan elektron positif dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. (baca juga: Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan)

  1. Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Berjalan kaki tanpa alas juga dapat mencegah gangguan sistem pencernaan. Beberapa gangguan sistem pencernaan yang sering ditemui adalah naiknya asam lambung, perut yang mudah kembung, juga beberapa gangguan lainnya. Bagi anda yang sering mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kini dapat beralih ke olahraga jalan kaki tanpa alasa ini. Karena berjalan kaki tanpa alas dapat merangsang sistem pencernaan untuk bekerja maksimal dan tidak mudah terganggu lagi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau gangguan sistem kardiovaskuler lainnya sering menjangkiti masyarakat saat ini. Alasan dibalik munculnya penyakit jantung ini adalah kebiasaan hidup yang kurang sehat dan kurangnya seseorang melakukan olahraga. Padahal salah satu olahraga yang dapat mencegah penyakit jantung adalah sederhana seperti jalan kaki tanpa alas. Berjalan kaki tanpa alasan dapat meningkatkan fungsi jantung dan memperbaiki kerja organnya. Penyakit jantung seperti jantung koroner, stroke, dan gagal jantung pn dapat segera dicegah. (baca juga: Manfaat Olahraga tanpa Alas Kaki)

  1. Menurunkan Rasa Stress
Sponsors Link

Stress merupakan keadaan yang membebani pikiran individu. Keadaan ini dapat disebaban oleh tekanan pekerjaan dan kehidupan secara keseluruhan. Penurunan rasa stress ini dapat dilakukan dengan liburan secara berkala, tapi bagaimaan jika anda tidak memiliki waktuluang untuk berlibur? Sederhana saja anda hanya perlu berolahraga untuk menurunkan rasa stress. Olahraga yang paling ringan untuk mengurangi stress adalah dengan berjalan kaki tanpa alas. Manfaat jalan kaki tanpa alas yang satu ini diketahui mampu mengurangi produksi hormon stress dan memberikan penyegaran kembali pikiran dari beban yang ada.

  1. Memperbaiki Kebiasaan Insomnia

Insomnia merupakan kesulitan tidur yang dapat disebabkan oleh tekanan stress ataupun pikiran. Kebiasaan insomnia ini kemudian menjadi banyak alasan dan faktor penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, insomnia harus segera diatasi. Salah satu cara memperbaiki kebiasaan insomnia adalah dengan berjalan kaki tanpa alas. Jalan kaki tanpa alas ini mampu merangsang saraf untuk mendukung tidur yang nyenyak dan berkualitas bagi para penderita insomnia. (baca juga: Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari)

  1. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka
ads

Penyembuhan luka dapat dilakukan dengan maksimal jika kemampuan memperbaiki jaringan tubuh juga dilakukan dengan maksimal. Sayangnya, tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk melakukan penyembuhan luka dengan maksimal. Penyembuhan luka tersebut dapat dibantu prosesnya dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki tanpa alas. Manfaat jalan kaki tanpa menggunakan alas ini sangat banyak dan salah satunya membantu tubuh dalam melakukan penyembuhan luka dengan cepat.

  1. Menjaga Kondisi Normal Tekanan dan Peredaran Darah

Berjalan kaki tanpa alas membuat peredaran darah menjadi lancar. Alasannya adalah permukaan telapak kaki yang menyentuh dan berjalan di atas permukaan tanah yang tidak rata dapat melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar juga sekaligus menjaga tekanan darah dalam tingkat yang normal. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga jalan kaki tanpa alas secara rutin untuk menjaga kondisi sistem peredaran darah yang baik. (baca juga: Manfaat Refleksi Injak Batu)

  1. Menjaga Kadar Hormon saat Haid

Kondisi hormon selama sedang haid atau menstruasi biasanya sulit sekali dijaga. Hal ini sering kemudian menimbulkan nyeri, sakit, dan pegal-pegal yang dapat mengganggu aktifitas. Saat anda sedang haid atau menstruasi lakukanlah jalan kaki tanpa alas selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu tubuh mengontrol kadar hormon anda dan mengurangi keluhan selama sedang menstruaasi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Jika anda memiliki tulang yang kuat, maka aktifitas anda sehari-hari pun dapat lebih terjaga. Anda dapat lebih maksimal bergerak dan tidak terbatas dalam melakukan berbagai aktifitas fisik yang membutuhkan tulang yang kuat. Salah satu car menjaga kesehatan tulang adalah dengan berolahraga dan olahraga sederhana sekalipun banyak manfaatnya untuk kesehatan tulang anda. Olahraga jalan kaki tanpa alas adalah salah satu olahraga yang mampu menjaga kesehatan tulang anda dengan maksimal. (baca juga: Manfaat Jalan Cepat Untuk Diet Bagi Kesehatan)

  1. Memperbaiki Postur dan Keseimbangan Tubuh

Postur dan keseimbangan tubuh dapat anda miliki dengan kebiasaan berolahraga dengan rutin. Olahraga yang rutin dilakukan dapat membantu postur tubuh anda terbentuk dengan ideal. Kebiasaan olahraga juga mampu menyeimbangkan tubuh anda dalam aktifitas anda sehari-hari. Cara terbaik dan paling sederhana dalam berolahraga adalah dengan melakukan jalan kaki tanpa alas. Kebiasaan sederhana ini ternyata memiliki manfaat yang sangat signifikan untuk tubuh anda secara keseluruhan.

Artikel terkait:

Resiko dalam melakukan jalan kaki tanpa alas, yang juga kalian perlu ketahui bila terlalu ceroboh dalam penggunaannya dijalan yang berbahaya:

  1. Terinfeksi Cacing Tambang

Berjalan kaki tanpa alas harus dilakukan di permukaan tanah yang tidak rata. Jika dilakukan di tempat-tempat habitat cacing tanah tinggal, maka resiko terinfeksi cacing tambang akan sangat mengancam anda. Cacing tambang merupakan cacing yang dapat mengganggu proses pencernaan dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang aman dan nyaman dalam melakukan olahraga jalan kaki tanpa alas ini. (baca juga: Manfaat Refleksi Kaki)

  1. Menginjak Pecahan Kaca

Resiko lain dalam melakukan olahraga jalan kaki tanpa alas adalah ancaman dpat terinjak pecahan kaca. Berjalan tanpa menggunakan alas kaki menyebabkan kaki anda tidak terlindungi dari benda tajam seperti pecahan kaca di perjalanan. Anda dapat mensiasatinya dengan hati-hati selama berolahraga. Karena hanya berjalan kaki saja, maka tidak perlu terburu-buru. Biasakan untuk memperhatikan permukaan jalan dan jangan sampai terinjak pecahan kaca.

  1. Menimbulkan Kaki Kapalan
Sponsors Link

Berjalan kaki di permukaan yang tidak rata secara rutin, tidak dapat dipungkiri akan menimbulkan permukaan kaki yang kapalan. Permukaan kaki kapalan ini merupakan keadaan yang disebabkan oleh permukaan kaki yang bergesekan dengan permukaan kasar secara terus menerus. Hal ini tidak dapat dihindari dan hanya mungkin diatasi dengan mengaplikasikan salap kulit ke permukaan kaki setiap habis berolahraga, untuk meminimalisir efek kapalan yang ada. (baca juga: Manfaat Olahraga Berkuda)

  1. Menimbulkan Kaki Berjamur

Kaki berjamur akibat jalan kaki tanpa alas juga sudah umum dialami. Hal ini merupakan resiko berjalan kaki tanpa alas yang disebabkan oleh kebiasaan tidak mencuci kaki setelah berolahraga. Berjalan kaki tanpa alas tentu akan menghasilkan permukaan kaki yang kotor. Oleh karena itu, segeralah membersihkan permukaan anda sesaat setelah olahraga selesai. Hal ini dapat mencegah perkembangan jamur di permukaan kulit anda.

  1. Terinfeksi Virus saat Berjalan Kaki

Dunia penuh dengan virus yang tidak dapat kita lihat dengan kasat mata. Permukaan kaki merupakan salah satu jalur virus dapat masuk ke tubuh. Oleh karena itu, salah satu resiko yang didapatkan dari jalan kaki tanpa alas adalah terinfeksinya individu oleh virus-virus yang berbahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga stamina tubuh untuk dapat menolak virus yang masuk tanpa disadari.

Itulah tadi beberapa manfaat jalan kaki tanpa alas yang dapat menginspirasi anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 19th, July 2017 / 04:57 Oleh :
Kategori : Olahraga