Sponsors Link

Manfaat Jahe Untuk Sakit Maag

Sponsors Link

Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rimpang yang terkenal sebagai rempah rempahan dan bahan obat. di Indonesia sendiri jahe dapat ditemukan sebagai campuran makanan dan minuman seperti bandrek, sekoteng, atau wedang jahe. Rasanya yang agak pedas dapat digunakan untuk menghangatkan badan. Selain dijual dalam bentuk rimpangnya, jahe juga dapat ditemukan dalam bentuk serbuk, potongan jahe kering, dan awetan jahe. Ada beberapa jenis jahe yaitu jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah.

artikel terkait:

Kandungan Jahe

Dalam 100 gram jahe, energi yang bisa didapatkan sebesar 336 kkal. Kandungan mangan dalam jahe sangat tinggi sekitar 15x lebih tinggi dari AKG harian. Selain itu, jahe juga kaya akan zat besi dan vitamin B3 dan B6. Serat dalam jahe cukup besar, yaitu sekitar 14%. Kandungan kandungan lain dalam jahe diantaranya magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan Zinc. Aroma pedas dan menyengat dari jahe didapat dari senyawa Zingerone. Semua kandungan ini sangat baik bagi tubuh manusia. Jahe dipercaya menjadi penghilang rasa mual dan nyeri sendi. Selain itu dapat digunakan juga untuk mengobati maag.

Artikel terkait:

Mengenai Maag

Maag atau penyakit asam lambung ditandai dengan nyeri, rasa seperti terbakar dan mual yang biasanya dialami saat penderita memakan makanan yang terlalu pedas atau asam. Penyebab maag antara lain:

  • makan secara tidak teratur
  • terdapat mikroorganisme yang merugikan
  • mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • mengonsumsi alkohol
  • pola tidur yang tidak teratur
  • stress

Ada beberapa bahan makanan yang dapat digunakan untuk meredakan sakit maag. Selengkapnya dapat dibaca dalam artikel: manfaat daun sirsak untuk maag – manfaat jeruk lemon untuk maag – manfaat jeruk nipis untuk sakit maag – manfaat puasa untuk penderita maag – manfaat buah naga untuk penderita maag.

Selain bahan bahan ini, jahe juga bisa digunakan sebagai solusi maag secara alami.

Manfaat Jahe untuk Meredakan Maag

Kandungan jahe dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat maag. Sifat anti-inflamasi dari jahe juga dapat meredakan peradangan yang terjadi karena kelebihan produksi asam lambung. Jahe juga dapat mengurangi jumlah bakteri H.pylori, salah satu penyebab maag. Konsumsi jahe ini dapat dengan mengunyah jahe mentah-mentah atau membuat seduhan air jahe dan gula jawa.

Artikel terkait:

sponsored links

Jahe berfungsi untuk mengurangi gejala akibat penyakit maag seperti mual dan nyeri perut, namun tidak 100% dapat menyembuhkan total. Untuk terbebas dari penyakit maag, selain mengonsumsi jahe, lakukan juga perubahan pola hidup seperti:

  • Selalu sarapan di pagi hari – sarapan di pagi hari menyediakan energi bagi untuk melakukan aktivitas sekaligus mencegah lambung memproduksi asam lambung berlebih
  • Makan tepat waktu dan selalu teratur – salah satu penyebab utama maag adalah makan yang tidak teratur. Segera hindari hal ini agar maag tidak kambuh lagi.
  • Hindari makan dengan porsi berlebihan – makanan yang berlebih akan memicu lambung untuk memproduksi asam lambung berlebih juga. Ini sangat buruk untuk penderita maag
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol – minuman alkohol tidak baik bagi lambung, sehingga menghindari hal ini dapat mencegah maag kambuh kembali.

Demikian uraian manfaat jahe untuk maag. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Herbal