Sponsors Link

Manfaat Jahe Untuk Lovebird dan Burung Kicau

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal dengan tanaman jahe. Jahe sudah dikenal sejak lama dikalangan masyarakat luas untuk dibuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh dan mengatasi beberapa masalah kesehatan yang dialami. Selain itu, jahe juga dikenal sebagai rempah atau bumbu dapur yang dapat menambah kelezatan makanan. Jahe juga dapat menghilangkan bau amis ketika sedang memasak daging atau ikan. Itulah beberapa manfaat dari jahe yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Namun, selain memiliki banyak manfaat untuk manusia, jahe juga memiliki manfaat untuk salah satu jenis burung paruh bengkok, yakni burung lovebird.

artikel terkait:

Berikut ini beberapa manfaat jahe untuk burung lovebird :

  1. Menghilangkan Serak Pada Burung Lovebird

Seperti khasiatnya untuk manusia, jahe memiliki manfaat untuk menjernihkan suara burung lovebird. Selain itu, dengan memberikan seduhan jahe pada burung lovebird, dapat membantu menghilangkan serak yang dialami oleh burung lovebird. Meskipun manfaat untuk tenggorokan hampir sama dengan manfaatnya untuk tenggorokan manusia, namun takaran konsumsi jahe antara manusia dan burung lovebird berbeda. Jika untuk manusia seduhan jahe dapat diminum setiap hari, seduhan air jahe untuk lovebird hanya boleh diberikan dua kali dalam seminggu dengan jarak 3 hari sekali.

artikel terkait: manfaat jahe untuk ginjalmanfaat jahe saat flu

  1. Mencegah Regurgitasi Burung Lovebird Saat Perjalanan Jauh

Burung yang memiliki paruh bengkok, seperti lovebird sering mengalami regurgitasi atau mabuk ketika dibawa perjalanan jauh. Mabuk yang dialami oleh jenis burung ini disebabkan karena goncangan, perut kembung dan juga masuk angin. Memberikan beberapa iris jahe dapat membantu mengurangi regurgitasi pada burung paruh bengkok terutama lovebird.

artikel terkait: manfaat air jahe dan madumanfaat tanaman jahe

  1. Tambahan Makanan Burung Lovebird

Ramuan jahe tidak boleh diberikan terlalu sering pada burung lovebird. Namun selain membuatnya sebagai ramuan, jahe juga dapat dihaluskan menjadi serbuk jahe dan dicampurkan dengan pakan burung. Namun, jahe yang diberikan harus serbuk jahe yang sudah kering. Untuk mengeringkan serbuk jahe, jahe yang sebelumnya diparut dapat disangrai agar keringnya merata.

artikel terkait: manfaat jahe merahmanfaat permen jahe

sponsored links

Dari manfaat jahe untuk burung lovebird tersebut, perlu diperhatikan pula cara pengolahannya. Ada beberapa cara membuat ramuan untuk burung lovebird,yakni :

  • Ramuan dengan jahe bakar. Salah satu cara memberikan jahe kepada burung lovebird yakni membakar jahe sebelum membuat ramuannya. jahe yang telah dibakar kemudian digeprek agar sari dalam jahe dapat keluar. Kemudian panaskan air hingga mendidih dan masukkan jahe keprek bakar tadi pada air mendidih. Setelah menunggu selama beberapa menit, kemudian dapat ditambahkan gula merah sesuai dengan selera. Setelah semuanya tercampur merata, angkat ramuan tersebut dan saring agar airnya bersih. Setelah dingin, ramuan ini dapat diberikan kepada burung lovebird.
  • Jahe merah rebus. Jika sebelumnya membuat ramuan jahe yang dibakar dahulu, jahe merah yang akan dibuat ramuan dapat dengan langsung direbus tanpa dibakar terlebih dahulu. Jahe merah direbus dalam air hingga mendidih. Kemudian dalam didihan tersebut dapat menambahkan dua sendok madu murni dan jeruk nipis yang telah diperas. Setelah diaduk merata, ramuan ini kemudian diangkat dan disaring agar airnya bersih. Ketika sudah dingin, air ramuan ini dapat diberikan kepada burung lovebird.

artikel terkait: manfaat nanas untuk batuk7 manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan11 manfaat wedang jahe bagi kesehatan

Memberikan beberapa ramuan tertentu sepertijahe untuk burung lovebird memiliki manfaat agar burung lovebird tetap sehat dan memiliki kicau yang bagus. Namun, dalam memberikan racikan jahe kepada burung lovebird tidak boleh dilakukan secara sembarangan, harus diberikan sesuai dengan takaran. Karena, jika tidak demikian, tidak akan mengatasi masalah yang dialami oleh burung lovebird, namun malah dapat menyebabkan masalah lain yang tidak diinginkan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 13:01 Oleh :
Kategori : Herbal