Sponsors Link

21 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Jagung manis merupakan salah satu jenis varietas jagung yang banyak diminati untuk dikonsumsi. Sesuai dengan namanya, jagung manis memiliki rasa yang manis. Jagung manis juga sangat mudah untuk diolah, dapat direbus, dibakar, dijadikan campuran bakwan, bubur, dan banyak lagi olahan dari jagung manis. Rasa manis dari jagung manis dihadilkan dari proses mutasi pada gen yang membentuk polisakarida. Hal ini mengakibatkan pati yang seharusnya dihasilkan oleh jagung menjadi gagal, dan akhirnya bulirnya mengering dan menjadi keriput sehingga menghasilkan rasa yang manis dari kandungan sukrosa di dalamnya.

ads

Kandungan Nutrisi Jagung Manis

Jagung manis memiliki nama lain yang sama dengan jagung pada umumnya, yakni Zea mays, hanya saja dalam kelompok Saccharata. Tidak hanya kandungan sukrosa yang sangat banyak, akan tetapi jagung manis juga memiliki berbagai kandungan di dalamnya. Kandungan lain dalam jagung manis yakni kandungan kalori yang sangat tinggi, serat, flavonoid, beta karoten, luein, xanthins, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, mineral seperti mangan, magnesium, tembaga, zat besi dan seng. Kandungan lain dalam jagung manis yakni protein, karbohidrat, kalsium, kalium, sodium dan beberapa jenis elektrolit lainnya. Kandungan dalam jagung manis ini sangat berguna untuk tubuh.

artikel terkait:

Manfaat Jagung Manis

Telah disebutkan berbagai kandungan nutrisi yang ada dalam jagung manis. Berbagai kandungan dalam jagung manis tersebut tentunya memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh dari jagung manis untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kandungan folat yang terdapat dalam jagung manis dapat membantu masalah beberapa wanita yang mengalami masalah pada kesuburan wanita. Folat membantu meningkatkan kesuburan wanita yang berusaha merencanakan kehamilan. Diolah dengan cara direbus, akan membantu menjaga kandungan folat dalam jagung manis tetap terjaga,dan dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

  1. Menjaga Kesehatan Bayi Sejak Dalam Kandungan

Kandungan folat dalam jagung manis juga dapat membantu menjaga kesehatan bayi sejak dalam kandungan. Nutrisi dalam jagung manis juga dapat memantu mencegah terjadinya cacat pada bayi. Nutrisi pada jagung manis juga dapat membantu mencegah terjadinya hidrosefalus pada bayi. Sedangkan vitamin B pada jagung manis ini dapat membantu dan mempengaruhi kesehatan sistem syaraf dan juga tulang belakang pada bayi.

artikel terkait: manfaat air rebusan jagung

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil perlu banyak nutrisi karena tidak hanya untuk dirinya sendiri, akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Kesehatan ibu hamil harus selalu diperhatikan, dan harus diberikan asupan mineral yang cukup agar kesehatan tulang dan juga kesehatan ginjal pada ibu hamil tetap terjaga. Ibu hamil yang mengkonsumsi jagung manis juga akan terhindar dari anemia.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jagung manis memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam jagung manis yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya wasir dan juga sembelit. Dengan mengkonsumsi jagung manis, kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari terjadinya penyakit wasir dan juga sembelit.

artikel terkait: manfaat jagung bagi penderita asam lambung

  1. Mencegah Demensia

Berbagai vitamin terkandung di dalam jagung manis. Dari vitamin A, sampai vitamin K, semuanya ada di dalam jagung manis. Termasuk vitamin B yang terkandung di dalam jagung manis. Vitamin B dalam jagung manis dapat membantu mencegah terjadinya demensia.

Sponsors Link

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Fosfor yang terkandung dalam jagung manis sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan lain yakni kalsium yang ada di dalam jagung manis juga dapat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, agar tulang tidak keropos dan mengalami osteoporosis. Selain fosfor dan kalsium, jagung manis juga mengandung magnesium yang sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang.

artikel terkait: manfaat rambut jagung

  1. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Ginjal yang sehat, akan menunjang kesehatan semua organ tubuh. Karena ginjal merupakan organ untuk menyaring darah yang nantinya akan di salurkan ke seluruh tubuh. Dengan ginjal yang sehat, penyaringan yang dilakukan dapat bekerja dengan baik, sehingga darah hasil penyaringan menjadi baik untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jagung manis karena kandungan fosfornya tidak hanya dapat bermanfaat untuk tulang, namun juga untuk ginjal.

  1. Menstabilkan Detak Jantung

Magnesium tidak hanya dapat menjaga kesehatan tulang, dengan menguatkan tulang, akan tetapi juga dapat membantu menjaga detak jantung agar berdetak dengan normal.

artikel terkait: manfaat minyak jagung

  1. Mengontrol Gula Darah

Kelebihan gula darah dapat menyebabkan penyakit gula, yang ditandai dengan luka kecil yang sulit disembuhkan dan akirnya dapat berbahaya bagi anggota tubuh yang terkena luka. Kelebihan gula darah dapat disebabkan karena pola makan yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Mengontrol kadar gula agar tetap stabil dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayur, termasuk megkonsumsi jagung manis. Rasanya memang manis, akan tetap dapat membantu pengelolaan insulin, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol.

ads
  1. Mencegah Hipertensi

Semua jagung mengandung semacam zat yang bernama phytochemical fenolik. Dimana zat ini mampu membantu menurunkan tekanan darah agar tidak menjadi tinggi.

artikel terkait: manfaat nasi jagung

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya mengkonsumsi wortel, namun jagung juga memiliki kandungan vitamin A, dan mengandung banyak beta karoten sebagai pembentuknya. Kandungan vitamin A dalam jaung manis sama seperti di dalam wortel, yakni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu, bagi beberapa orang yang tidak suka dengan wortel, dapat mengkonsumsi jagung manis sebagai sayur untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A tidak hanya dibutuhkan untuk mata, namun besar juga perannya untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan asupan vitamin A yang cukup, maka kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik. kulit menjadi lebih halus dan tidak kering.

artikel terkait: manfaat jagung muda

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke, jantung, serta penyumbatan pembuluh darah. Namun ada juga koleserol baik, atau disebut juga dengan HDL. HDL ini terdapat dalam jagung manis dan  dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung di dalam tubuh.

  1. Mencegah Anemia

Kesehatan darah dapat dipengaruhi banyak hal. Tidak hanya kekurangan zat besi, namun kekurangan vitamin, folat dan mineral juga dapat menjadi penyebab terjadinya anemia. Untuk mencegah anemia, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan juga folat yang dapat membantu zat besi untuk membentuk sel darah merah yang baru.

artikel terkait: manfaat kulit jagung

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, jagung manis diketahui dapat mencegah terjadinya kanker, dengan mengurangi sel kanker di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena jagung manis memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker. Mengkonsumsi jagung manis yang kaya akan antioksidan, maka tubuh tidka akan mudah untuk perkembangan sel kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Diketahui bahwa mengkonsumsi jagung manis dapat membantu menstabilkan detak jantung. Tidak hanya itu, jagung manis menandung kolesterol baik yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat berbahaya bagi tubuh. Dengan begitu, kesehatan jantung dapat lebih terjaga, dan juga mengurangi risiko terkena serangan jantung.

artikel terkait: manfaat jagung

Sponsors Link

  1. Mencegah Stroke

Sama halnya dengan penyakit jantung, stroke juga disebabkan karena kelebihan kolesterol jahat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah keotak. Akibatnya, aliran darah menuju otak terganggu dan menyebabkan serangan stroke terjadi. Dengan mengkonsumsi jagung manis, kolesterol jahat penyebab penyumbatan dapat dihindari, sehingga aliran darah dapat berjalan dengan lancar, sehingga mencegahterjadinya stroke.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B kompleks terkandung di dalam jagung manis. Berbagai vitamin B ini yang mampu bekerja sebagai kofaktor. Kofaktor akan membantu mempengaruhi enzim untuk membantu meningkatkan proses metabolisme yang ada dalamtubuh.

artikel terkait: manfaat ubi jalar untuk diet

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya dapat mencegah penyakit kanker, jagung manis juga memiliki antioksidan yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Kaya akan vitamin, terutama vitamin B, dan kandungan folat di dalamnya, membuat jagung manis ini juga dapat membantu meningkatkan daya ingat. Kemampuan untuk mengingat menjadi lebih baik. oleh karena itu, sebaiknya mengkonsumsi jagung manis, tidak hanya sebagai sumber energi, akan tetapi mencegah terjadinya alzheimer, atau biasa dikenal dengan kepikunan.

artikel terkait: manfaat beras merah untuk ayam

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain manfaat vitamin A, dan vitamin B, vitamin C yang terkandung di dalam jagung manis juga memiliki manfaat. Vitamin Cyang dibantu dengan protein yang juga terkandung di dalam jagung manis, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mudah selagi mau melakukannya. Dengan rutin mengkonsumsi sayuran, seperti jagung manis, kesehatan dapat terjaga dan tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit. Cara pengolahan jagung manis juga tergolong mudah, hanya dengan dikukus atau direbus sebentar tanpa menambahkan apapun, jagung manis dapat dinikmati. Selain rasa manis, jagung manis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 22nd, June 2017 / 23:52 Oleh :
Kategori : Sayuran