Sponsors Link

5 Manfaat Jagung Hitam Yang Kaya Nutrisi

Sponsors Link

Secara umum, jagung yang banyak dikenal adalah jagung yang memiliki warna kuning agak oren. Namun, pada tahun 2012 muncul jagung dengan warna lain, yakni jagung yang berwarna hitam. Warna hitam pada jagung ini disebabkan karena kandungan antosianin sejenis flavonoid di dalamnya. Jagung hitam ini dikembangkan pertama kali di Peru dan Cile. Meskipun memiliki warna jagung yang hitam pekat, rasa jagung hitam tidak berbeda dengan jagung pada umumnya. Biasanya jagung hitam diolah menjadi puding. Jagung hitam mengandung banyak nutrisi di dalamnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait:

Manfaat jagung hitam

Beberapa manfaat jagung hitam untuk kesehatan yakni:

  1. Menyembuhkan Diabetes

Mengkonsumsi jagung hitam secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat mengatasi masalah diabetes yang dialami. Jagung hitam memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak memiliki kadar gula darah yang tinggi. Cara lain jagung hitam dalam menurunkan kadar gula darah dengan menurunkan berat badan. Memiliki tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Insulin dalam tubuh akan lancar apabila badan memiki tubuh yang ideal.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan yang kurang sehat dan pola aktivitas yang terlalu berat dan memaksa tubuh menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit diabetes tipe 2. Jagung hitam dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi diabetes tipe 2 karena memiliki antosianin yang merupakan zat anti diabetes.

artikel terkait: manfaat bonggol jagungmanfaat minyak jagung

  1. Mengurangi Risiko Terserang Kanker Usus Besar

Zat antosianin yang terdapat di dalam jagung hitam tidak hanya berfungsi untuk mengatasi diabetes namun juga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Nutrisi yang terkandung di dalam sayur, biji atau buah ditunjukkan dari warnanya. Dari pengujian ilmiah yang telah dilakukan, warna hitam pada jagung dan beberapa jenis tanaman lainnya memiliki nutrisi yang dapat menvegah terjadinya kanker dan memiliki zat untuk mencegah penuaan dini.

artikel terkait: manfaat nasi jagung

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Jagung hitam memiliki kandungan mineral seperti besi dan seng yang sangat tinggi. Besi dapat memproduksi sel darah merah dan seng dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, kandungan lain yang ada dalam jagung hitam yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh yakni kalsium, elenium, potasium, asam folat, niasin dan beberapa elemen lainnya.

artikel terkait: manfaat jagung muda

  1. Kaya Kandungan Protein

Jagung hitam memiliki kandungan protein yang lebih banyak 20% dibandingkan dengan jagung yang berwarna kuning. Selain protein yang lebih banyak, jagung hitam juga memiliki kandungan triptophan dan lysine dan memiliki kandungan asam amino yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung kuning.

artikel terkait: manfaat beras merah organik

sponsored links

  1. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan yang ada dalam jagung hitam sangatlah tinggi, dan berfungsi sebagai suplemen gizi yang dapat menghambat penuaan, mencegah dan mengatasi masalah peradangan yang dialami oleh banyak orang. Jagung hitam juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan pada berbagai bagian tubuh. Beberapa masalah kesehatan lain yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jagung hitam diantaranya :

  • Mengatasi masalah penglihatan katarak
  • Mengatasi glaukoma otak
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu menurunkan tekanan darah, lemak darah dan kolesterol
  • Memiliki kandungan anti kanker dan anti tumor
  • Berfungsi untuk memperbaiki fungsi hati
  • Mengatasi sembelit dan wasir
  • Mengurangi varises, alergi dan menurunkan demam
  • Mengurangi peradangan pada saluran pernapasan pada penderita alzheimer

artikel terkait: manfaat gandum untuk dietmanfaat kurma untuk anemia

Beragamnya varietas tumbuhan akan mempengaruhi manfaatnya terhadap kesehatan dan kebutuhan manusia. Semakin beragamnya jenis tanaman seperti munculnya jagung hitam, akan beragam pula manfaat dan masalah kesehatan yang dapat di atasi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 30th, October 2016 / 13:59 Oleh :
Kategori : Makanan