Sponsors Link

14 Manfaat Irigasi Bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Irigasi merupakan istilah yang sering ditemukan dalam istilah pertanian. Irigasi sering diartikan sebagai pengairan yang dilakukan bagi area persawahan. Irigasi ini banyak ditemukan di daerah yang mempunyai banyak sawah, biasanya di daerah pedesaan. Pada kesempatan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai irigasi, yaitu jenis irigasi dan manfaatnya.

artikel terkait irigasi: manfaat energi anginmanfaat airmanfaat air hujan bagi kehidupan manusia

Jenis-Jenis Irigasi

Sebagai sarana pengairan yang sengaja dibuat oleh manusia, irigasi terbagi ke dalam beberapa jenis, antara lain:

  • Irigasi bawah permukaan. Irigasi bawah permukaan yaitu jenis irigasi yang menerapkan sistem pengairan bawah pada lapisan tanah untuk dapat meresapkan air ke dalam tanah yang terdapat di bawah akar dengan menggunakan pipa bawah tanah maupun saluran terbuka.
  • Irigasi permukaan. Irigasi permukaan adalah jenis irigasi klasik yang banyak ditemukan di pedesaan. Teknik irigasi ini dilakukan dengan cara mengambil air dari sumbernya, yaitu sungai atau yang lainnya. Kemudian air tersebut disalurkan ke lahan pertanian dengan menggunakan pipa atau semacamnya dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Akibatnya tanah yang lebih tinggi akan paling dahulu mendapatkan asupan air.
  • Irigasi pancaran. Irigasi jenis ini merupakan jenis irigasi yang lebih modern dari jenis irigasi di atas. Irigasi ini dilakukan dengan cara menyalurkan air dari sumber air ke daerah sasaran atau area persawahan dengan menggunakan pipa tertentu. Kemudian ujung pipa ini disumbat dengan menggunakan tekanan khusus dari alat pencurah sehingga menghasilkan pancaran air yang seperti air hujan. Air dari pancaran ini pertama kali akan membasahi bagian atas dari tanaman, kemudian di bagian bawah, dan selanjutnya di bagian dalam tanah.
  • Irigasi pompa air. Merupakan irigasi yang memanfaatkan mesin pompa air untuk mengalirkan air yang berada dari sumbernya ke lahan pertanian dengan menggunakan pipa atau saluran tertentu. Irigasi jenis ini merupakan jenis irigasi berdasarkan alat yang digunakan.
  • Irigasi dengan timba. Jenis irigasi ini juga merupakan jenis irigasi berdasarkan alat yang digunakan. Irigasi jenis ini merupakan irigasi yang masih memanfaatkan tenaga manusia, yaitu petani. Hal ini dilakukan dengan menggunakan ember atau timba dan mengambil air dari saluran air untuk kemudian disiramkan ke lahan pertanian. Meskipun irigasi jenis ini sangat membuang tenaga dan juga waktu, namun beberapa petani di pedesaan masih banyak yang menggunakan cara seperti ini.
  • Irigasi tetes. Irigasi tetes merupakan jenis irigasi yang mempunyai tugas mendistribusikan air ke seluruh lahan pertanian dengan menggunakan pipa ataupun selang yang telah dilubangi sebelumnya dan juga diatur dengan tekanan tertentu. Pengaturan seperti ini akan menyebabkan air yang muncul dari pipa atau selang tersebut berbentuk tetesan yang langsung mengenai akar tanaman.

Itulah berbagai macam jenis irigasi yang bisa ditemukan di Indonesia. Untuk perkembangannya, irugasi akan lebih dikembangkan dengan menggunakan beragam teknologi sehingga akan lebih canggih dan lebih efektif dan efisien.

Irigasi atau pengairan ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi alam maupun bagi makhluk hidup yang hidup di alam, termasuk kita sebagai manusia. Beberapa manfaat irigasi antara lain:

1. Melancarkan aliran air ke lahan sawah

Manfaat paling umum yang diketahui banyak orang dari adanya irigasi ini adalah untuk mengalirkan air menuju ke lahan persawahan. Air yang dialirkan ini dapat bersumber dari danau, waduk (bendungan), sungai, atau sumber air yang lainnya. Dari sumber-sumber air ini dibuatkan semacam jalan yang nampak seperti parit (terkadang berukuran besar) untuk kemudian ditujukan ke area lahan persawahan. Hal ini tentu akan sangat memudahkan lahan persawahan mendapatkan air, terlebih pada saat musim kemarau sehingga pada saat musim kemarau tiba tidak banyak lahan sawah yang kekeringan akibat kurangnya pasokan air.

artikel terkait: manfaat sungaimanfaat waduk bagi kehidupan manusiamanfaat danau bagi kehidupan manusia

2. Membasahi tanah persawahan

Salah satu tujuan dialirkannya air ke lahan persawahan adalah membuat tanah persawahan menjadi basah. Tanah persawahan yang basah akan memudahkan tanah untuk ditanami. Selain itu, tanah yang sudah basah akan mempermudah proses pembajakan sawah, karena sebelumnya sudah gembur. Manfaat irigasi untuk membasahi tanah persawahan ini akan semkin terasa ketika terjadi pada daerah yang mempunyai curah hujan sedikit dan atau tidak menentu.

3. Mengatur pembasahan lahan persawahan

Pembasahan tanah sawah ini memang sangat dibutuhkan. Namun pembasahan tersebut tidak asal basah saja, pembasahan lahan persawahan juga perlu diatur kadar airnya. Tidak dianjurkan bagi tanah persawahan yang terlalu basah sehingga air menggenang di dalamnya, bagitu pula dengan pembasahan yang terlalu sedikit. Oleh karena itu, pembasahan pada tanah sawah ini dapat diatur dengan menggunakan irigasi. Dengan demikian, irigasi berfungsi sebagai pembasah sekaligus pengontrol pembasahan tanah sawah tersebut. Salah satu manfaat untuk mengontrol pembasahan tanah sawah tersebut agar sawah dapat dialiri air sepanjang tahun, baik di musim kemarau maupun musim penghujan.

4. Mempermudah petani untuk mengairi lahan sawah

Tujuan irigasi dibentuk agar sawah milik petani ini tidak terlalu sulit jika ingin mendapatkan air, terlebih ketika musim kemarau datang. Jadi, irigasi ini akan sangat memudahkan petani dalam memberikan pengairan terhadap lahan sawahnya. Jika sumber air berada jauh dari sawah, maka petani tidak perlu bersusah payah untuk menimba air dan membawanya ke sawah karena sudah ada saluran irigasi yang akan membawa air ke lahan sawah tersebut.

5. Mencukupi kebutuhan air pada sawah

Sebagaimana diketahui bersama bahwa sawah ini merupakan satu bidang atau lahan yang sangat membutuhkan banyak air agar tumbuhan yang ditanam di dalamnya tumbuh subur dan berbuah banyak sehingga petani bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah.

6. Sebagai sarana pendukung ketahanan pangan

Irigasi ini karena manfaatnya yang luar biasa bagi tanah persawahan dan juga bagi tanaman yang ada di dalamnya, maka irigasi ini dapat dikatakan sebagai salah satu sarana pendukung untuk ketahanan pangan yang ada di Indonesia. Jika tidak ada saluran irigasi, maka area persawahan kita mungkin akan mengalami kekeringan dan tanaman tidak dapat tumbuh dengan subur sehingga petani tidak akan mendapatkan panen yang banyak. Jika semua petani di Indonesia mengalami hal yang sama, tentu saja hal seperti ini akan sangat merugikan negara karena pasokan bahan makanan dari negeri sendiri hanya sedikit, dan pemerintah akan terpaksa mengimpor. Oleh karena itu, irigasi ini sangat penting, baik bagi petani, bagi tanaman sendiri, dan kita yang mengonsumsi hasil pertanian, dan juga bagi perekonomian negara kita sendiri.

7. Menyuburkan tanah

Tanah yang dibasahi oleh air dari irigasi ini akan manjadi tanah yang subur. Hal ini karena biasanya air yang diambil dari sumber air dan akan dialirkan ke sawah tersebut mengandung lumpur dan berbagai macam zat hara lainnya. Hal ini menjadikan tanah perawahan menjadi tanah yang subur dan siap ditanami.

artikel terkait: manfaat tanah

sponsored links

8. Untuk penggelontoran air

Penggelontoran air adalah semacam pembersihan tanah sawah dari berbagai macam hal yang tidak berguna (sampah). Dengan menggunakan air irigasi ini, segala hal yang tidak berguna yang terdapat di area persawahan seperti kotoran, pencemaran atau limbah, sampah yang biasanya kita temukan di permukaan tanah sawah dapat digelontor ke tempat yang telah disediakan (saluran drainase) atau digelontor ke luar area persawahan. Dengan demikian akan menjernihkan area persawahn secara alami dan areal persawahan akan bebas dari sampah, kotoran, dan sebagainya.

artikel terkait: manfaat lingkungan bersih

9. Untuk kolmatase

Irigasi juga bermanfaat untuk kolmatase, yaitu meninggikan tanah yang rendah ataupun rawa dengan yang memiliki pengendapan lumpur yang terkandung dalam saluran air irigasi.

artikel terkait: manfaat rawa bagi kehidupan manusia

10. Sebagai tempat budidaya tumbuhan atau hewan tertentu

Manfaat irigasi yang satu ini merupakan manfaat tambahan di luar tujuan membangun irigasi, yaitu sebagai tempat untuk membudidayakan hewan maupun tumbuhan tertentu. Beberapa tumbuhan dapat ditanam disekitar aliran air, karena tanah di sekitar aliran air akan selalu lembap. Beberapa tanaman yang dapat ditanam di area itu antara lain adalah kangkung atau berbagai macam sayuran lainnya. Selain itu, saluran irigasi juga bisa dijadikan rumah bagi beberapa hewan air tertentu seperti beberapa macam ikan kecil, atau kepiting air tawar. Dengan keberadaan hewan-hewan kecil ini biasanya banyak anak-anak yang bermain di dekat aliran irigasi dan terkadang mandi di bawah pancuran air irigasi ini.

11. Sebagai penyimpan pasokan air

Irigasi selain berguna untuk mengangkut dan menyalurkan air ke persawahan, ternyata juga berfungsi dengan baik sebagai penyimpan air agar tidak habis, terutama pada saat musim kemarau datang. Irigasi ini akan menyimpan cadangan air untuk dapat digunakan pada musim kemarau.

12. Mengendapkan zat garam

Mengendapkan zat garam dari permukaan tanah ke lapisan bawah tanah sehingga kadar garam di permukaan tanah sawah menjadi berkurang.

artikel terkait: manfaat air garammanfaat garam dalam berbagai bidang

13. Pelindung tanah

Irigasi juga berfungsi sebagai pelindung tanah dari resiko terjadinya frost.

14. Pengatur suhu dalam tanah

Irigasi berfungsi untuk menurunkan suhu dalam tanah sehingga lebih kondusif untuk masalah pertanian.

Itulah beberapa manfaat dari irigasi yang dapat ditemukan di sekitar areal persawahan. Irigasi ini sangat penting keberadaannya. Dengan demikian, pembangunan irigasi ini harus selalu ditingkatkan dan bangunan irigasi ini harus dijaga dan dilestarikan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 13:03 Oleh :
Kategori : Teknologi