4 Manfaat Ilmu Akhlak dalam Kehidupan

Akhlak berasal dari Arab yaitu khuluqu. Khuluqu di dalam bahasa Arab memiliki arti sikap atau perilaku. Perilaku dalam kamus bahasa Indonesia memiliki pengertian adalah segala bentuk sikap seseorang dalam menanggapi hal – hal yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari. Jadi akhlak ini merupakan tindakan yang biasa dilakukan sehari-hari. Pada dasarnya akhlak yang terbentuk dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain keluarga dan lingkungan sekitar.

Di keluarga akhlak seseorang bisa dilihat dari tindakan orangtuanya karena setiap anak yang tumbuh akan memperhatikan sikap orangtua. Jika sikap orangtuan baik insyaallah sikap anak akan baik. Namun hal ini akan berubah seiring dengan pertambahan usia anak karena faktor lingkungan. Faktor lingkungan dapat mempengaruhi akhlak seorang anak saat memasuki masa sekolah. Dimana anak akan berbaur dengan teman sesama besarnya yang memiliki beragam sikap ada yang baik dan ada juga sikap yang tidak baik. Disinilah peran orangtua yang berat. Dimana orang tua tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja. Perilaku anak dan dengan siapa seorang anak bergaul harus diperhatikan. Orang tua tetap mengawasi dan memberikan nasehat pada anak jika ada sikap anak yang kurang baik. Sikap kurang baik ini bisa diperhatikan dirumah.

Artikel terkait :

Penanaman sikap yang baik perlu sejak kecil agar saat anak sudah besar tetap memiliki sikap yang baik. Karena berubah sikap yang tidak baik saat sudah besar agak sulit sekali. Akhlak dalam kehidupan manusia memiliki peranan yang penting sekali. Agamapun menganjurka agar setiap umatnya menanamkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Karena akhlak yang baik itu menentramkan hati dan fisik. Dalam kajian ilmu sudah ada bahasan mengenai ilmu akhlak. Bahasan mengenai ilmu akhlak ini berkaitan dengan sikap terpuji dan sikap tercela yang dibahas secara detail melalui teori yang ada. Berikut ini manfaat dari ilmu akhlak antara lain :

1.Sisi baik dan buruk manusia

Dengan mempelajari ilmu akhlak maka Anda akan mengetahui pembahasan teori tentang sisi baik dan buruk seorang hamba. Sebagai hamba semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja. Disinilah terasa manfaat dari ilmu akhlak, setelah mengetahui bahwa sisi buruk itu merugikan kehidupan kita jadi berbenah untuk tidak mengulanginya lagi. Diawal mungkin sulit namun itu merupakan cobaan yang harus bisa kita atasi sendiri. Kitalah yang mengendalikan diri kita sendiri.

Baca juga :

2. Mensyukuri hidup

Manfaat dari ilmu akhlak selanjutnya adalah menjadikan kita manusia yang bersyukur. Dalam firmanNYa Allah SWT mengatakan bahwa Dia akan menambah nikmat bagi hamba yang senantiasa bersyukur. Dengan ilmu kita tahu bahwa akhlak terpuji yang kita lakukan dengan ikhlas merupakan anugerah dari Allah SWT, dan tidak semua orang dianugerahi sikap yang baik. Dengan ikhlas ini menjadikan kita mensyukuri kehidupan di dunia yang hanya sementara ini.

Baca juga :

3. Tidak tertipu fatamorgana

Dunia hanyalah fatamorgana yang terlihat indah padahal hanya sebuah tipuan dan mainan belaka. Kelak setelah datang kematian baru kita menyadarinya. Kadang hidup didunia memang begitu menyilaukan segalanya tampak ingin kita kuasai didalam genggaman. Namun bari orang yang beriman ilmu akhlak telah membuka matanya bahwa dunia bisa ada dalam genggaman jika kita tidak melupakan kehidupan yang kekal yaitu alam akhirat.

(Baca juga : Manfaat membaca buku)


4. Bahagia selalu

Manfaat dari mempelajari ilmu akhlak yaitu kebahagian yang terasa dihati. Meskipun hidup tidak memberikan kebahagiaan selamanya. Namun kita tetap memiliki kebahagian yang terasa dihati dan kebahagian yang dapat dibagikan bagi orang – orang disekitar kita. Karena kita tidak akan merasa hidup ini memberatkan melainkan hidup ini untuk mencari pahala yang kemudian mengantarkan kita sebagai orang yang tidak merugi sama sekali hidup di dunia

Baca juga :

Itulah beberapa manfaat ilmu akhlak dalam menjalankan hidup yang ada didunia ini

, , , ,
Post Date: Monday 13th, February 2017 / 04:28 Oleh :
Kategori : Kebiasaan