Sponsors Link

8 Manfaat Ikan Tenggiri untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Ikan merupakan hewan yang hidup di lautan dan juga air tawar. Ikan merupakan penyumbang kebutuhan protein hewani paling banyak bagi manusia. Sejak kecil kita sudah dibiasakan untuk mengkonsumsi ikan karena memang setiap ikan diperlukan terutama pada masa pertumbuhan. Salah satu ikan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan adalah ikan tenggiri. Ikan tenggiri masih merupakan ikan kerabat dengan kembung, tongkol dan tuna. Ikan tenggiri mudah dijumpai di laut karena ikan ini hidup di perairan yang asin. Banyak orang yang suka mengkonsumsi ikan tenggiri karena rasanya yang enak dan lezat. Ikan tenggiri mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :

  • Tubuh ikan tenggiri panjang dan pipih untuk sisinya tergolong kuat.
  • Ikan tenggiri tidak memiliki sisi sama sekali pada kulitnya.
  • Mulut dari ikan tenggiri runcing dan terdapat gigi – gigi yang tajam.

Selain ciri diatas ikan tenggiri juga merupakan ikan yang sering berenang bersama – sama dengan kelompoknya. (Baca juga : Manfaat ikan laut, Manfaat ikan air tawar bagi kesehatan, Manfaat ikan bagi kesehatan manusia )

Kandungan Gizi Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri baik untuk dikonsumsi karena dipercaya mampu mengobati penyakit – penyakit ringan dan mencegah penyakit berat datang jika dikonsumsi secara teratur. Ini karena ikan tenggiri memiliki kandungan berupa :

  • Energi didalam ikan tenggiri memiliki jumlah 109 kalori. Energi berguna untuk menambah stamina dalam melakukan kegiatan sehari – hari.
  • Protein berfungsi untuk pembentukkan masa otot tubuh. ( Baca juga : Manfaat protein )
  • Lemak dengan jumlah 2,6 gram. (Baca juga : Manfaat lemak )
  • Kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. ( Baca juga : Manfaat kalsium bagi tubuh disegala usia)
  • Zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah yang berguna untuk mengikat oksigen didalam sel darah merah. ( Baca juga : Manfaat zat besi )
  • Vitamin A, vitamin C dan vitamin B1.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam ikan tenggiri untuk tubuh.

Artikel terkait :

Manfaat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan

Ikan tenggiri sudah lama dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dan manfaat yang diberikan oleh ikan ini sudah terbukti. Bagi Anda yang sudah lama menjadikan ikan tenggiri sebagai lauk pelengkap makan nasi maka lanjutkanlah kebiasaan yang sehat ini. Berikut ulasan mengenai manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan tubuh :

1. Mengatasi depresi

Depresi merupakan masalah yang berhubungan dengan jiwa seseorang. Depresi bisa disebabkan karena faktor dari luar seperti tekanan dan faktor dari dalam. Mengatasi depresi bisa dibilang susah – susah gampang. Depresi yang dibiarkan terlalu lama dapat mepengaruhi fisik dan mental seseorang. Jadi untuk mengatasi depresi dalam skala yang masih ringan dapat dilakukan dengan mengonsumsi ikan tenggiri. Dagingnya yang lezat dan empuk ini berguna untuk mengobati perasaan hati Anda menjadi lebih tenang dan tanpa beban. ( Baca juga : Manfaat pete)

2. Kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel dalam tubuh yang tidak terkendali. Dalam beberapa kasus kanker memang sulit terdeteksi. Biasanya setelah memasuki stadium akhir kanker bisa diketahui dari rasa sakit yang terasa. Penyakit kanker ini merupakan pembunuh nomor dua didunia. Untuk mencegah kanker bisa dilakukan dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat. Contoh makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi dari ikan adalah ikan tenggiri. Ikan ini bisa diolah dengan cara digulai maupun digoreng sesuai dengan selera penikmat.

Artikel terkait :

sponsored links

3. Kecerdasan

Kecerdasan adalah poin penting dalam mengarungi kehidupan ini. Dengan kecerdasan kita dapat melakukan hal – hal baru dan menantang yang ingin dilakukan. Kecerdasan dimulai dari masa kehamilan seorang ibu hingga masa pertumbuhan. Itu sebabnya banyak ibu hamil dianjurkan mengonsumsi ikan karena ikan mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan dan menghindari kecacatan pada bayi. Ikan tenggiri juga mengandung omega 3 sehingga baik diberikan sebagai sambal bagi anak yang berada pada masa pertumbuhan. Usia pertumbuhan seorang anak berkisar dari 3 sampai dengan 10 tahun. Dengan memberikan gizi yang cukup bagi anak maka pertumbuhan seorang anak menjadi optimal.

Artikel terkait :

4. Pencernaan sehat

Sistem pencernaan yang sehat ditandai dengan terbebas dari sembelit. Pencernaan yang sehat bisa didapatkan dengan mengosumsi ikan tenggiri. Jadi kesehatan pencernaan sangat bergantung dari makanan yang masuk pada sistem pencernaan. Jika makanan yang kaya akan serat dapat membantu mengatasi pencernaan yang kurang sehat. Karena permulaan suatu penyakit bisa disebabkan juga dari sistem pencernaan yang terganggu.

Artikel terkait :

5. Menghilangkan ketombe

Masalah kulit yang sangat menganggu adalah ketombe. Ketombe berwarna  putih dan menyebabkan gatal – gatal pada kulit kepala. Jika jumlahnya sangat banyak kadang ketombe akan tampak di bahu baju anda sebagai serpihan putih. Hal ini tentu sangat menganggu karena mengurangi rasa percaya diri Anda. Untuk menghilangkan ketombe pada rambut maka menggunakan ikan tongkol dengan cara mengeringkan ikan tongkol kemudian giling dagingnya hingga halus. Tambahkan lidah buaya dan aduk hingga rata. Setelah itu balurkan kesemua rambut dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu baru dibilas hingga bersih. Penggunaannya dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Artikel terkait :

6. Kolesterol

Kolesterol tidak selamanya membawa dampak yang negatif pada tubuh. Beberapa kolesterol justru bermanfaat bagi tubuh dan juga menjaga kesehatan jantung. Ini terjadi selama kadar kolesterol didalam darah normal. Beda hal jika kadar kolesterol didalam darah menjadi naik. Maka kolesterol bisa mengakibatkan berbagai komplikasi bagi masalah kesehatan. Beberapa makanan yang kaya akan lemak tak jenuh dapat mengakibatkan kadar kolesterol naik. Contonya adalah jeroan dan daging yang digulai dengan santan. Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan kadar kolesterol yang tinggi ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan tersebut. Gantilah kebiasaan Anda makan makanan yang kaya lemak jenuh tersebut dengan ikan. Ikan tenggiri dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh Anda.

Artikel terkait :

7. Kesehatan mata

Mata merupakan salah satu indera yang besar manfaatnya bagi kesehatan mata. Mata adalah jendela dunia dan sangat berharga. Betapa kita bersyukur dianugerahi kesehatan mata. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Contoh makanan yang sehat untuk mata adalah makanan yang megandung vitamin a. Ikan tenggiri baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin a didalam dagingnya. Selain dari ikan tenggiri beberapa buah dan sayiran yang bisa dikonsumsi secara langsung  juga dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mata antara lain tomat, rimbang dan wortel. Ini karena buah tersebut mengandung vitamin a yang cukup.

Artikel terkait :

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi bisa diukur dengan mengecek kadar tekanan darah didalam tubuh. Beberapa orang memiliki riwayat keluarga penderita darah tinggi. Untuk faktor genetik ini diharapkan berhati – hati karena faktor ini dapat meningkatkan resiko terkena darah tinggi jika tidak membiasakan pola hidup yang sehat. Selain itu tekanan darah yang tinggi memicu komplikasi pada anggota tubuh yang lainnya dan yang paling fatal adalah kematian. Banyak kasus yang menceritakan bagaimana tekanan darah yang tinggi didalam tubuh merenggut kehidupan dengan mengakibatkan stroke, gagal jantung dan jantung koroner. Setelah mengetahui pentingnya untuk mejaga tekanan darah didalam tubuh mulailah konsumsi lauk yang dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah. Salah satu lauk yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah adalah ikan tenggiri. Ikan yang hidup dilaut lepas ini kaya akan manfaat dan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang didapat dengan mengonsumsi ikan tenggiri sebagai makanan lauk Anda sehari – hari.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 17th, December 2016 / 06:42 Oleh :
Kategori : Daging