Sponsors Link

11 Manfaat Ikan Koi Bagi Manusia

Sponsors Link

Ikan koi masih satu kekerabatan dengan ikan emas. Ikan koi berasal dari dataran tiongkok dan berlanjut hingga ke Jepang. Dari jepang ikan koi terus dikembangbiakkan hingga sampai di Indonesia. Ikan koi sudah sangat banyak di jumpai di Indonesia. Pada umumnya hampir di semua tempat penjualan ikan, nama ikan koi tidak pernah ketinggalan. Salah satu ciri yang khas dari ikan koi ini adalah warnanya yang beragam dan bercorak sehingga kebanyakan ikan koi dijadikan sebagai ikan hias kemudian dikembangbiakkan.

ads

Dalam masa pertumbuhannya ikan koi mudah dikembangbiakkan karena makanannya yang ramah lingkungan dan kemampuan dari ikan ini yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana dia hidup. Ikan koi juga memiliki sifat yang lemah lembut, itulah kenapa di Jepang ikan ini di percaya memebawa keberuntungan, cinta dan kasih sayang.

Artikel terkait :

Dalam kisaran harganya sendiri ikan ini tergolong mahal dan paling sering dicari oleh para konsumen sebagai ikan hias di akuarium mereka. Jenis dari ikan koi ini juga sangat beragam dan banyak. Dalam satu batang tubuhnya saja ikan koi ini bisa memiliki warna empat macam. Dan untuk umur ikan koi termasuk ikan yang dapat lama untuk bertahan hidup, usia untuk ikan koi ini adalah 200 tahun. Banyaknya orang yang menjadikan ikan koi sebagao hiasan atau sumber manfaat lainnya karena kandungan yang terdapat didalam daging ikan koi ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Omega 3 bermanfaat untuk otak dimasa pertumbuhan dalam meningkatkan kecerdasan. (Baca juga : Manfaat omega 3 untuk kesehatan)
  • Protein merupakan salah satu senyawa yang berguna untuk meregenerasi sel – sel tubuh yang lama diganti dengan sel tubuh yang baru. (Baca juga : Manfaat protein)
  • Fosfor yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. ( Baca juga : Manfaat fosfor)
  • Vitamin D yang sama fungsinya dengan fosfor untuk mencegah penyakit osteoporosis. (Baca juga : Manfaat vitamin d bagi kesehatan tubuh)

Itulah beberapa kandungan senyawa yang terdapat didalam ikan koi. Adapun manfaat yang didapat dari ikan  koi ini dibidang kesehatan antara lain adalah :

1.Kolesterol

Kolesterol merupakan senyawa yang memiliki warna kuning didalam tubuh. Faktanya kolesterol baik untuk menjaga kesehatan bagi jantung dalam jumlah yang normal. Beda jika kadar kolesterol didalam tubuh berlebih maka ini dapat membahayakan bagi kesehatan jantung. Penyebab dari meningkatnya kadar kolesterol adalah makanan dan usia. Dimana semakin bertambahnya usia diharapkan semua orang peduli dengan kesehatan melalui olahraga ringan setiap harinya.

Selain itu faktor makanan juga tetap diperhatikan. Hindari konsumsi jeron, gula dan makanan yang mengandung minyak karena ada kolesterol yang tinggi didalamnya. Namun ada beberapa ikan yang dapat mengatasi kadar kolesterol didalam darah dengan menurunkannya. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan koi. Anda dapat menjadikan ikan koi ini sebagai sambal pelengkap nasi karena selain rasa dagingnya yang lezat ikan ini juga berguna untuk kesehatan.

Artikel terkait :

2. Baik untuk kesehatan jantung

Jantung merupakan organ penting yang bertugas untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh. Jantung yang merupakan organ penting ini juga kadang mudah terserang penyakit seperti gagal jantung, stroke dan penyakit jantung. Beberapa makanan seperti daging ikan koi dapat membantu untuk menjaga dengan baik kesehatan jantung Anda. Untuk itu jangan ragu menjadikan daging ikan yang lezat ini sebagai sambal Anda sehari – hari.

Artikel terkait :

3. Bisa untuk menurunkan berat badan

Salah satu manfaat ikan koi dibidang kecantikan adalah untuk membantu program diet. Diet merupakan salah satu langkah untuk mengatur jadwal makan dengan cara yang sehat dan teratur. Program diet ini lebih banyak diminati oleh wanita daripada pria. Cara untuk menjadikan ikan koi ini sebagai menu harian membantu menurunkan berat badan adalah dengan cara menyantapnya saat makan nasi putih. Ini karena ikan koi memiliki kandungan protein yang tinggi dan membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Artikel terkait :

ads

4. Menyehatkan mata

Mata sehat adalah impian sekaligus anugerah yang indah. Manfaat mata sangatlah banyak untuk menjalani kehidupan sehari – hari. Maka tak heran menjaga kesehatan mata sendiri adalah tugas kita. Kabar baiknya menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana yaitu dengan mengonsumsi ikan koi sebagai sambal pelengkap makan nasi. Ya ternyata ikan koi sangatlah bermanfaat untuk menyehatkan mata.

Artikel terkait :

5. Mencegah kanker payudara

Kanker peyudara masih berada di posisi pertama dari kanker yang banyak meregut nyawa. Namun kanker payudara justru lebih banyak menyerang kaum wanita dari pada pria pada umumnya. Ikan koi dapat membantu Anda untuk mencegah kanker payudara dengan rajin mengonsumsi ikan koi ini. Karena bagaimanapun juga mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Untuk pengobatan sendiri dan mengetahui kesehatan dari payudara, saat ini sudah banyak sosialisasi mengenai pemeriksaan payudara sendiri. Jadi Anda bisa melakukannya sendiri dirumah untuk mengetahui kondisi kesehatan dari payudara.

Artikel terkait :

6. Tekanan darah

Terakhir manfaat dari ikan koi adalah untuk menjaga tekanan darah didalam tubuh. Tekanan darah dapat diketahui dengan melakukan tes di bidan dan klinik. Untuk tekanan darah yang tinggi umumnya bisa menyebabkan komplikasi pada beberapa organ dalam tubuh dan yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kematian. Sedangkan tekanan darah yang rendah juga berlaku sama kematian.

Artikel terkait :

Itulah jabaran mengenai manfaat ikan koi dibidang kesehatan untuk mencegah kanker dan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat Memelihara Ikan Koi

Ikan koi selain dagingnya yang lezat dan kaya akan manfaat untuk mencegah beragam penyakit, juga banyak dipelihara sebagai ikan hias. Ini karena manfaat ikan koi sebagai ikan hias bagi pecinta ikan koi adalah sebagai berikut :

1. Sebagai bisnis

Bisnis ikan koi ini sangatlah menguntunkan karena para pecinta ikan koi sangatlah banyak dan selalu bertambah. Betapa tidak begitu melihat ikan ini dengan segala kecantikannya dapat membuat banyak orang segera jatuh hati. Untuk bisnis ikan koi tidak memerlukan biaya yang besar dalam perkembangbiakannya karena ikan ini mudah untuk beradaptasi. Dan nilai jual ikan koi ini sangatlah mahal, bisa dibayangkan berapa keuntungan yang didapatkan sebagai usaha bisnis.

2. Mengisi waktu luang

Bagi sebagian orang memelihara ikan koi bisa sebagai hobi yang sekaligus mengisi waktu luang saat tidak ada kegiatan. Ikan koi ini merupakan ikan yang lembut dan jinak sehingga seru untuk dijadikan mainan mengisi waktu luang. Hingga tak terasa waktu sudah berjalan dengan begitu cepatnya.

3. Sebagai ikan hias diakuarium

Memelihara ikan koi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ika hias diakuarium. Akuarium yang kosong tersebut bisa diisi dengan ikan koi dan tambahkan beberapa batu karang didalam akurium agar kesannya terlihat nyata dna hidup. Melihat akurium kadang bisa menjadi terapi tersendiri bagi jiwa dan mata karena pemandangan yang disuguhkan begitu indah untuk dipandang mata.

4. Hiburan

Selanjutnya memelihara ikan koi bisa menjadi hiburan tersendiri bagi Anda. Bagaimana tidak saat memberikan ikan koi makanan maka mereka secara serentak akan merebut makanan. Memandang kejadian semacam itu bisa menjadi hiburan tersendiri bagi Anda yang benar – benar menikmatinya.

5. Membawa keberuntungan

Beberapa orang juga memiliki kepercayaan bahwa ikan koi ini juga dapt membawa keberuntungan. Ini karena ikan koi sudah dianggap sebagai simbol kasih sayang dan cinta terutama dinegara asalnya Jepang.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat memilih hobi untuk memelihara dan mengembangbiakkan ikan koi di dalam rumah Anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, January 2017 / 09:30 Oleh :
Kategori : Hewan