Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Ikan Kod Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Ikan kod atau Cod adalah jenis ikan laut yang dapat ditemui di hampir semua perairan dunia. Ini disebabkan oleh cara perkembangbiakannya. Satu ikan kod betina dapat menghasilkan ribuan hingga ratusan ribu telur dalam sekali bertelur. Ikan kod telah dikenal sejak dulu sebagai ikan yang banyak diburu untuk dikonsumsi. Bahkan sejak zamn viking, ikan kod sudah menjadi salah satu bahan makanan yang penting. Sekarang, ikan kod banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan makanan fish & chips. Hati ikan kod juga diambil minyak hatinya karena banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Artikel terkait:

Ikan kod memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Khususnya minyak hati ikan kod yang banyak mengandung omega-3 dan omega-6. Beberapa manfaat ikan kod bagi tubuh antara lain:

1. Sumber Omega-3 dan Omega-6

Omega-3 dan omega-6 adalah kelompok asam lemak tidak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu kebutuhan omega-3 dan omega-6 didapatkan hanya dari asupan makanan. Ikan kod adalah salah satunya. Omega-3 dipercaya dapat meningkatkan perkembangan sel sel otak. Omega-3 juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh. Sedangkan omega-6 berperan dalam menjaga kadar kolesterol jahat dan menjaga tekanan darah.

2. Kaya Vitamin A dan D

Vitamin A dan D adalah golongan vitamin yang larut lemak. Ikan kod memiliki dua kandungan ini. Hebatnya, ikan kod juga mengandung lemak tak jenuh yang membantu penyerapannya tanpa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Vitamin A berguna untuk kesehatan organ penglihatan dan kulit. Sedangkan vitamin D baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Sebagaimana disebutkan, ikan kod banyak mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

4. Mencegah Gagal Ginjal

Ginjal merupakan organ yang paling penting bagi tubuh manusia. Salah satu penyebab terjadinya gangguan pada ginjal adalah kurangnya asupan cairan. Ikan kod termasuk bahan makanan yang banyak mengandung air. Sehingga ikan kod baik dikonsumsi bagi kesehatan ginjal.

5. Mencegah Hipertensi

Salah satu penyebab hipertensi adalah penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbat ini biasanya berbentuk partikel kolesterol. Ikan kod dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga penyakit hipertensi dapat dihindari.

sponsored links

6. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Ikan kod memiliki kandungan omega-3 dan 6 yang dapat meredakan inflamasi. Ikan kod juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein digunakan untuk membangun sel sel tubuh yang rusak. Oleh karena itu dengan konsumsi ikan kod dapat memenuhi kebutuhan tubuh dalam masa penyembuhan luka.

7. Menurunkan Berat Badan

Lemak yang dikandung ikan kod bukan lemak jenuh yang cenderung disimpan dalam tubuh. Asam lemak dalam ikan kod justru dicerna dan digunakan tubuh untuk berbagai metabolisme tubuh, khususnya pembentukan hormon. Oleh karena itu, ikn kod dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian tanpa kecenderungan penimbunan lemak dalam tubuh.

Demikian uraian manfaat ikan kod bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 04:20 Oleh :
Kategori : Daging