Sponsors Link

Manfaat Ikan Karapu untuk Kesehatan – Ekonomi dan Kuliner

Sponsors Link

Ikan karapu merupakan jenis ikan karnivora yang hidup disekitar terumbu karang dan dapat mengendalikan rantai makanan dengan menstabilkan keseimbangan ekosistem bawah laut. Selain itu, daging ikan karapu juga sangat diminati pecinta ikan karena rasanya yang lezat. Hal ini membuat ikan karapu dieksploitasi secara berlebihan sehingga populasi mereka semakin menurun pada tiap tahunnya. Ikan karapu akan memasuki kematangan produksi setelah mencapai 5 – 10 tahun yang menyebabkan populasi mereka rentan bertahan hidup dalam kurun waktu yang lama sebelum mencapai masa produksi. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka budidaya ikan karapu perlu digiatkan lebih lanjut guna mencukupi permintaan pasar tanpa merusak ekosistem laut.

ads

Klasifikasi Ikan Karapu

Ikan karapu mempunyai 15 genera yang didalamnya terdiri dari 159 spesies. Data yang diperoleh menunjukan klasifikasi ikan karapu menjadi beberapa kelas. Bahkan telah ditemukan 110 jenis spesies ikan karapu di perairan indo- Pasifik. Habibat asli dari ikan karapu ini yakni di sekitar terumbu karang dan biasa berkamuflase melalui celah-celah terumbu karang untuk mengecoh mangsanya. Ikan karapu akan berenang pada sekitar terumbu karang dilautan tropis dan memangsa ikan kecil yang bergerak atau berenang aktif di air. Untuk mengenal ikan karapu lebih dalam, berikut klasifikasinya :

  • Kingdom :Animalia
  • Klas :Pisces
  • Sub kla :Teleostei
  • Ordo :Percomorphi
  • Sub ordo :Percoidea
  • Devisi :Perciformis
  • Famili : Serranidea
  • Sub famili : Epinephelinea
  • Genus : Epinephelus
  • Spesies : Epinephelus fuscoguttatus
  • Famili : Serranidea
  • Sub famili : Epinephelinea
  • Genus : Epinephelus
  • Spesies : Epinephelus fuscoguttatuS


Jenis-Jenis Ikan Karapu

Tubuh ikan yang rendah dengan moncong panjang agak pipih, maxillarry yang lebar pada bagian luar mata dan bintik pada pada bagian kepala, badan serta sirip ikan karapu yang mempunyai warna putih coklat. Namun pada tiap jenis ikan karapu pada umumnya mempunyai bentuk yang agak berbeda walaupun mirip antara satu jenis dengan jenis lainnya. berikut klasifikasi jenisnya:

  • Ikan Karapu Batik dengan Nama Ilmia polyphakeion syn. E. Microdon
  • Ikan Karapu Kertang dengan Nama Ilmiah Epinephelus lanceolatus
  • Ikan Karapu Sunuk, merah, lodi dengan Nama Ilmiah Plectropomus leopardus
  • Ikan Karapu Lumpur dengan Nama Ilmiah Epinephelus bleekeri
  • Ikan Karapu Macan dengan Nama Ilmiah Fuscoguttatus
  • Ikan Karapu Muara dengan Nama Ilmiah Coioides
  • Ikan Karapu Tikus atau Ikan Karapu Bebek dengan Nama Ilmiah Chromileptes altivelis
  • Ikan Karapu Cantang yang merupakan hibrida antar genus lanceolatus dan E. Fuscoguttatus
  • Ikan Karapu Cantik yang merupakan hibrida antar genus fuscoguttatus dan E. Macrodon


Kandungan Ikan Karapu

Ikan karapu mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni terhindar dari penyakit jantung koroner serta mampu meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa olahan ikan karapu bahkan dapat dijadikan menu yang lezat dan kaya manfaat bagi tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaat ikan karapu maka kita perlu mengetahui beberapa kandungan yang terdapat pada ikan karapu

Berikut kandungan nutrisi atau Gizi Ikan Karapu dengan takaran 100 gr :

  • Jumlah Kandungan Energi Ikan Kerapu = 168 kkal
  • Jumlah Kandungan manfaat protein Ikan Kerapu = 32,4 gr
  • Jumlah Kandungan lemak Ikan Kerapu  = 1,2 gr
  • Jumlah Kandungan manfaat karbohidrat Ikan Kerapu  = 4,5 gr
  • Jumlah Kandungan manfaat kalsium Ikan Kerapu = 320 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Kerapu = 343 mg
  • Jumlah Kandungan manfaat zat besi Ikan Kerapu = 6 mg
  • Jumlah Kandungan manfaat vitamin A Ikan Kerapu = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Kerapu = 0,01 mg
  • Jumlah Kandungan manfaat vitamin C Ikan Kerapu = 0 mg

Manfaat Ikan Karapu Secara Umum

Ikan karapu merupakan jenis ikan yang dapat dikonsumsi hingga 70 % dari keseluruhan bagian tubuh. Kelezatan daging ikan karapu serta lamanya proses produktivitas menjadikan ikan ini sangat diminati oleh konsumen sehingga harganya pun tergolong mahal. Kandungan asam lemak tak jenuh atau manfaat omega 3 pada ikan karapu bahkan dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Tubuh membutuhkan asupan asam lemak esensial yang terdiri dari omega 3 dan manfaat DHA karena tubuh tidak dapat membentuknya secara mandiri. Asupan beberapa kandungan gizi yang terdapat pada daging ikan karapu akan menjadi stimulan positif yang bermanfaat bagi kekuatan daya ingat otak. Manfaat lain dalam bidang kesehatan yakni dapat menghindarkan tubuh dari penyakit jantung koroner dan cacat permanen akibat serangan jantung atau stroke.

Ikan karapu mempunyai bentuk yang khas dan unik dari jenis ikan lain yang hidup diperairan. Kandungan yang terdapat pada tubuh ikan karapu ini dapat membuat kita terhindar dari penyakit jantung koroner dan meningkatkan kecerdasan otak. Hal lain mengenai ikan karapu yakni nilai ekonomis yang tinggi karena komoditas ekspor dan menyebabkan ikan karapu banyak dibudidayakan. Namun terdapat resiko yang terdapat pada ikan karapu jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Penelitian terbaru menemukan kandungan merkuri pada daging ikan karapu. Kandungan tersebut akan menyebabkan dampak negatif jika masuk kedalam tubuh manusia.

Konsumsi manfaat ikan lainnya juga mampu mencerdaskan otak, terutama bagi anak-anak seperti :

Manfaat dari Segi Ekonomi

Ikan karapu merupakan jenis ikan yang sangat diminati oleh pasar internasional karena khasiat dan manfaatnya. Pembudidayaan yang dilakukan dapat membuat harga ikan karapu semakin meningkat karena tingginya permintaan pasar. Pada umumnya, ikan karapu ini dijadikan komoditas ekspor untuk keperluan konsumsi dan kebutuhan ikan hias. Daging ikan karapu sangat terkenal dengan kelezatannya sedangkan pada beberapa jenis ikan karapu dapat dijadikan sebagai manfaat ikan hias karena bentuk fisiknya yang khas.

Di habitat aslinya, ikan karapu yang hidup disekitar terumbu karang bahkan terancam kelangsungan hidupnya akibat ekploitasi yang berlebihan.Untuk itu pembudidayaan ikan karapu bermanfaat dalam rangka menjaga kestabilan populasi serta menguntungkan dari segi ekonomi.

jenis ikan lainnya yang berdaya ekonomi seperti :

Manfaat dari Segi Kuliner

Kualitas daging ikan karapu memang sudah terkenal hingga pasar internasional jadi wajar jika permintaan pasar semakin meningkat pada tiap tahunnya. Beragam olahan hasil laut yang menggunakan daging ikan karapu bahkan sangat digemari oleh konsumen. Pada umumnya ikan karapu diolah sebagai menu seafood dengan cara dibakar. Namun cara pengolahan lain yang menggunakan bahan dasar daging ikan karapu mulai menjamur di pasaran. Berbagai bahan pelengkap seperti jamur, paprika dan beragam sayur-mayur yang cocok dikombinasikan dengan daging ikan karapu. Berikut beberapa variasi olahan makanan berbahan ikan karapu :

  • Ikan karapu bakar saus pedas atau asam manis
  • Ikan karapu kukus
  • Soup ikan karapu asam pedas

tidak hanya ikan karapu, namun ikan-ikan berikut ini juga sering dibuat menjadi kuliber nikmat :

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Karapu ketika Hamil? Apa Penyebabnya?

ads

Wanita hamil membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih tinggi dari biasanya namun sangat penting memperhatikan segala aspek dan dampak dari asupan makanan yang dikonsumsi bagi janin. Terutama pada kehamilan trisemester pertama dimana perkembangan otak janin mulai terbentuk akan menjadi sangat sensitif terhadap semua zat yang masuk kedalam tubuh. Ikan karapu sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita hamil karena kandungan merkuri yang tinggi pada dagingnya. Merkuri merupakan kandungan polutan yang berpotensi menghambat perkembangan sistem saraf pusat janin. Fakta lain merkuri yakni dapat terbentuk secara alami dan terakumulasi dalam rantai makanan ikan itu sendiri.

Berikut gangguan kesehatan yang terjadi pada janin akibat paparan merkuri :

  • Terganggunya perkembangan saraf janin
  • Kurang optimalnya perkembangan dari kemampuan kognitif, bahasa dan memori otak
  • Terganggunya saraf motorik janin

Untuk menghindari beberapa gangguan kesehatan janin akibat mengkonsumsi ikan karapu, sebaiknya wanita hamil mengurangi jumlah asupan bahkan tidak mengkonsumsi daging ikan karapu sama sekali selama masa kehamilan dan proses menyusui. Hal ini untuk menghindarkan janin atau bayi terpapar zat berbahaya merkuri. Untuk mencukupi kebutuhan protein dan asam lemak tak jenuh bagi tubuh sebaiknya mengkonsumsi jenis ikan yang mengandung kadar merkuri lebih rendah sesuai dengan kebutuhan yang semestinya. Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak tidak bagi bagi tubuh bukan?

Sejumlah Ikan lainnya yang baik bagi ibu hamil ini, bisa untuk mengkonsumsi :

Diatas telah dipaparkan mengenai manfaat ikan karapu secara detail berserta klasifikasi atau jenis bahkan bahaya yang terkandung didalamnya. Ikan karapu mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. dari segi bentuknya yang khas dan unik, beberapa jenis ikan karapu bahkan dapat dijadikan sebagai ikan hias. Lalu kelezatan daging ikan karapu juga sangat terkenal dalam pasar internasional sehingga menjadikan ikan karapu sebagai komoditas ekspor yang menjanjikan. Hal ini tentu menjadi lahan bisnis bagi peternak yang membudidayakan ikan karapu yang mempunyai nilai ekonomis.

Terlepas dari segala manfaat mengkonsumsi daging ikan karapu ternyata terdapat kandungan polutan tinggi berupa merkuri dapat berpotensi menghambat perkembangan saraf pusat janin. Untuk itu sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil mengkonsumsi ikan karapu karena berdampak buruk bagi kesehatan janin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 21st, September 2015 / 03:53 Oleh :
Kategori : Daging