Sponsors Link

8 Manfaat Ikan Kakap Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Ikan kakap adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ikan kakap merah (L. campechanus) merupakan salah satu jenisnya. Sama seperti namanya, jenis ikan ini memiliki sisik yang berwarna merah. Ikan merupakan sumber protein hewani yang penting bagi tubuh. Jenis ikan kakap ini juga memiliki kandungan vitamin  yang lebih tinggi dibanding jenis ikan lainnya.

Baca juga artikel:

Ikan kakap merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ikan kakap diantaranya:

1. Sumber Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin larut lemak. Vitamin A memiliki manfaat diantaranya untuk menghaluskan kulit dan menjaga kesehatan organ penglihatan. Bentuk vitamin A dapat berupa retinoid dan betakaroten, keduanya dapat ditemukan dalam ikan kakap merah. Ikan kakap merah memang terkenal memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Hanya dengan 3 ons daging kakap merah masak, kebutuhan vitamin A harian dapat tercukupi.

Artikel terkait: manfaat vitamin A untuk kulit

2. Mencegah Penyakit Tulang

Ikan kakap merah memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Kalsium berguna untuk menjaga kekompakan tulang sehingga tidak mudah keropos. Dengan konsumsi ikan kakap merah, kebutuhan mineral kalsium dapat terpenuhi. Sehingga penyakit tulang juga dapat dihindari.

Artikel terkait: manfaat kalsium bagi tubuh – manfaat kalsium bagi jantung

3. Mencegah Gigi Berlubang

Kalsium yang dikandung ikan kakap merah juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Sama halnya dengan tulang, gigi juga memerlukan mineral kalsium untuk menjaganya dari gigi berlubang.

4. Menghindari Osteoporosis

Kekurangan asupan kalsium secara terus menerus akan menyebabkan kekompakan tulang menurun. Akibatnya seiring dengan bertambahnya usia, tulang menjadi keropos. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit osteoporosis yang disebabkan oleh pengeroposan tulang.

5. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Ikan kakap memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan omega-3 ini bertanggung jawab menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Kandungan omega-3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang menjadi salah satu penyebab penyumbatan pembuluh darah. Untuk menghindari terjadinya masalah dalam sistem peredaran darah, disarankan mengonsumsi 3,5 ons daging kakp merah dua kali seminggu.

Artikel terkait: manfaat omega 3 untuk kesehatan – manfaat omega 3-6-9

sponsored links

6. Menjaga Metabolisme Tubuh

Ikan kakap merah memiliki kandungan mineral kalium sebesar 444 mg atau 9,4% dari kebutuhan harian. Kalium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil (mikronutrien). Meskipun demikian kalium memiliki peran penting dalam berbagai metabolisme tubuh. Manfaat kalium diantaranya untuk mengaktifkan berbagai enzim yang berperan dalam metabolisme energi. Apabila asupan kalium tidak mencukupi, maka tubuh akan merasa lemas karena kurangnya energi yang dihasilkan.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Sebagaimana disebutkan diatas ikan kakap merah memiliki kandungan kalium. Selain menjaga metabolisme energi, kalium juga berperan dalam kontraksi jantung. Kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai macam gangguan penyakit jantung.

8. Kaya Selenium

Selenium adalah salah satu mikronutrien yang penting bagi tubuh. Selenium berfungsi mendukung fungsi antibodi tubuh dan menjaga fungsi kelenjar tiroid. Selenium juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam sel tubuh. Fungsi antioksidan dapat diperkuat dengan penambahan bahan makanan lain yang merupakan sumber vitamin E.

Demikian uraian manfaat ikan kakap merah untuk kesehatan tubuh. Semog bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 27th, December 2016 / 04:43 Oleh :
Kategori : Daging