25 Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi ikan merupakan hal yang biasa dilakukan karena ikan banyak dijual di pasaran. Sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan, itulah mengapa tidak sulit untuk mencari hewan laut yang dapat dikonsumsi di pasaran. Salah satu ikan laut yang banyak dikonsumsi adalah ikan kakap. Ikan kakap biasanya hidup di dasar karang atau terumbu karang dan hidup secara berkelompok.

Ikan kakap sendiri memiliki berbagai jenis, seperti ikan kakap merah atau L. Campechanus, kakap kuning, kakap hitam dan kakap putih atau dengan nama latin Lates calcarifer bloch. Meskipun memiliki jenis yang berbeda, namun ikan kakap memiliki manfaat yang sama. Seperti mengkonsumsi ikan laut pada umumnya, mengkonsumsi ikan kakap juga memiliki banyak manfaat. Kandungan gizi dalam ikan kakap dipercaya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Ikan Kakap

Mengkonsumsi ikan laut seperti ikan kakap, sangat baik untuk menjaga nutrisi tubuh. Hal ini disebabkan karena banyak gizi yang terkandung di dalam ikan kakap. Kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram ikan kakap terdiri dari:

  • Energi 92 kilokalori
  • Protein 20 gram
  • Lemak 0,7 gram
  • Kalsium 20 mg
  • Fosfor 200 mg
  • Zat besi 1 mg
  • Vitamin A 30 IU
  • Vitamin B1 0,05 mg

Selain zat gizi yang terdapat di dalamnya, ikan kakap juga memiliki berbagai zat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencukupi nutrisi tubuh. Beberapa zat yang terkandung di dalam ikan kakap seperti selenium, kalium, dan omega 3 diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat kotoran puyuh

Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan

Seperti  ikan laut yang lain, ikan kakap memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan dalam ikan kakap mampu memberikan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa masalah kesehatan. Beberapa manfaat ikan kakap diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sebaiknya dilakukan semenjak masa pertumbuhan yakni sebelum menginjak usia 21 tahun. Orang tua yang memikirkan kesehatan anaknya, akan memberikan nutrisi agar kesehatan sang buah hati terjamin terutama untuk kesehatan tulang. Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena tulang memberikan postur tubuh. Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting untuk dilakukan, karena apabila tidak dijaga, tulang dapat mengalami pengeroposan. Untuk mencegah pengeroposan tulang, dapat dilakukan dengan memberikan suplai kalsium yang cukup pada tulang. Kalsium dapat diperoleh dati susu, maupun makanan lain. Apabila tidak terlalu suka dengan susu, mengkonsumsi ikan kakap dapat dijadikan salah satu cara untuk mendapatkan kandungan kalsium untuk tubuh. Ikan kakap mengandung kalsium yang dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

artikel terkait: manfaat ampas batu bara

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Penyakit kanker sangatlah berbahaya dan sangat mematikan. Penyakit kanker dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari udara dan lingkungan sekitar, maupun makanan yang dikonsumsi kurang sehat. Kanker juga dapat terjadi karena pertumbuhan sel tubuh sangatlah buruk, dan menyebabkan mutasi yang berlebihan pada tubuh. Untuk mencegah gangguan pertumbuhan sel, dapat dengan mengkonsumsi ikan kakap. Ikan kakap mampu membantu sel dalam tubuh untuk melakukan regenerasi sel secara wajar. Sehingga, dengan pertumbuhan sel yang baik, tubuh tidak akan melakukan mutasi yang berlebihan yang dapat menyebabkan timbulnya sel kanker dalam tubuh.

  1. Mengatasi Sakit Jantung

Sama halnya dengan penyakit kanker, penyakit jantung juga sangat mematikan. Tidak akan ada yang menduga bahwa seseorang dapat kehilangan nyawa secara tibatiba karena penyakit jantung yang dideritanya. Orang yang terlihat sehat sebelumnya, tibatiba dapat tidak sadarkan diri karena terjadi gangguan pada jantungnya. Penyakit jantung dapat disebabkan karena ketidak mampuan jantung dalam memompa darah keseleruh tubuh, akibatnya, aliran darah akan terhenti dan terhenti juga seluruh sistem organ dalam tubuh manusia. Untuk mencegahnya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan kakap. Ikan kakap mampu membantu menguatkan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh. Sehingga aliran tubuh dapat dengan lancar mengalir keseluruh tubuh tanpa adanya hambatan atau gangguan yang disebabkan karena lemahnya jantung dalam memompa darah.

artikel terkait: manfaat ikan haruan

  1. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi dapat terjadi karena tekanan darah meningkat yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah. Biasanya, hipertensi ditandai dengan rasa pusing yang dialami oleh penderita hipertensi. Untuk menurunkan tekanan darah, masyarakat luas biasanya memakan timun, atau buahbuahan yang mengandung banyak air. Selain dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air, mengatasi hipertensi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan kakap. Secara umum, ikan kakap mampu melancarkan peredaran darah. Meskipun tidak memiliki kandungan air yang banyak seperti buah mentimun, daging ikan kakap dipercaya mampu melancarkan sistem peredaran darah. ikan kakap dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dan menjaga tekanan darah agar tidak terlampau rendah. Sehingga aliran darah akan stabil.

  1. Mencegah Terjadinya Stroke

Meskipun tergolong daging, ikan kakap dapat mencegah terjadinya stroke. Ikan kakap dapat mencegah stroke dengan menghidupkan kembali sistem syaraf. Stroke disebabkan karena matinya sistem syaraf terutama syaraf  motorik sehingga seseorang yang terserang stroke biasanya akan mengalami seperti lumpuh dan tidak bisa menggerakkan bagian tubuhnya. Untuk mengaktikan kembali syaraf motorik, seseorang dapat mengatasinya dengan mengganti daging dengan ikan kakap. Ikan kakap dapat mengaktifkan syaraf motorik yang mati dengan membantu melancarkan peredaran darah. Karena stroke memiliki keterkaitan antara matinya sistem syaraf dengan kurang lancarnya peredaran darah.

artikel terkait: manfaat rumput laut kering

  1. Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Tidak hanya kanker dan jantung, penyakit batu ginjal juga merupakan penyakit serius yang dapat membahayakan penderitanya. Apabila seseorang yang menderita batu ginjal tidak segera ditangani, batu ginjal dapat membahayakan penderitanya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Batu ginjal sendiri terjadi karena adanya pengkristalan sari makanan di ginjal. Pengkristalan yang terjadi pada ginjal ini dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi terhambat. Biasanya, untuk mengatasi penyaki ini, tim medis menyarankan untuk melakukan operasi bedah. Namun jangan takut, mengatasi batu ginjal tidak hanya dapat dilakukan degan operasi, tetapi juga dapat dilakukan dengan cara lain, seperti mengganti pola makan. Mengganti mengkonsumsi daging dengan ikan kakap dapat membantu mengatasi masalah batu ginjal yang dialami. Kandungan dalam ikan kakap mampu menghancurkan kristal batu ginjal, yang kemudian akan keluar bersama dengan urine.


  1. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang diketahui oleh banyak orang, bahwa vitamin yang sangat diperlukan dan baik untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. Selain wortel, vitamin A juga terkandung dalam ikan kakap. Sama seperti vitamin A yang terkandung dalam wortel, vitamin A dalam ikan kakap dapat mencegah terjadinya kerusakan mata dan menjaga kesehatan mata agar tetap jernih. Tidak hanya menjernihkan penglihatan, vitamin A pada ikan kakap juga dapat membantu bola mata terlihat segar dan bersih.

artikel terkait: manfaat udang kering

  1. Mengobati Osteoporosis

Ikan laut seperti ikan kakap memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium tidak hanya bisa didapatkan dengan meminum susu, tetapi juga dengan mengkonsumsi daging ikan kakap. Kalsium sangat diperlukan oleh tulang karena kalsium merupakan komponen utama pada tulang. Kalsium dalam daging ikan kakap dapat membantu penderita osteoporosis dengan mengisi kekeroposan pada tulang. Selain mengandung kalsium, daging ikan kakap juga mengandung fosfor yang membantu tulang tidak hanya keras dan padat, namun juga membuat tulang menjadi kuat dan tidak mudah retak.

  1. Menurunkan Kadar Lemak Dalam Tubuh

Meskipun tergolong ikan yang dimanfaatkan dagingnya, ikan kakap memiliki daging yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Bahkan, kandungan lain dalam ikan kakap mampu menurunkan kadar lemak berlebih pada tubuh. Lemak dalam tubuh akan diberantas oleh kandungan dalam ikan kakap. Sehingga, bagi beberapa orang yang memiliki masalah berat badan, dan tetap ingin mengkonsumsi daging, dapat mengganti daging dengan daging ikan kakap. Daging ikan kakap tidak kalah lezat dengan daging ayam maupu daging sapi. Dengan pengolahan yang tepat, daging ikan kakap sangat lezat untuk dimakan.

artikel terkait: manfaat udang windu

  1. Mencegah Terjadinya Aterosklerosis

Aterosklerosis mgkin jenis penyakit ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Namun, pastinya beberapa orang akan mengetahui tentang penyakit yang menyerang pembuluh darah. Seperti itulah aterosklerosis, yakni sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah. Aterosklerosis disebabkan karena adanya timbunan lemak jahat dan juga beberapa zat lain yang berbahaya bagi tubuh. Akibatnya adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah dan pembuluh darah mengeras. Untuk mengatasi masalah lemak ini, dapat dengan mengkonsumsi ikan kakap. Ikan kakap seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh, juga dalam pembuluh darah. Dengan turunnya kadar lemak dalam pembuluh darah, pembuluh darah tidak akan mengalami penyumbatan dan aliran darah akan menjadi lancar kembali.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Ikan kakap memiliki kandungan kalsium di dalamya, tidak hanya menjaga kesehatan tulang dengan mencegah tulang mengalami osteoporosis. Kandungan kalsium dalam ikan kakap juga mampu menjaga kesehatan gigi. Kalsium dalam ikan kakap mampu mengatasi masalah gigi berlubang yang banyak dialami oleh banyak orang. Masalah gigi berlubang memang dianggap seperti masalah kecil, akan tetapi sebenarnya, dengan gigi yang berlubang, dapa mempengaruhi nafsu makan dan berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lain. Untuk itu, gigi memang harus dijaga kesehatannya agar tidak mengalami kerusakan. Biasanya, ikan kakap yang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi adalah ikan kakap merah.

artikel terkait: manfaat vitamin B6

  1. Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

darah merupakan komponen tubuh yang sangat penting. Jika aliran darah berhenti, maka  akan berhenti juga hidup seseorang. Tidak lancarnya aliran darah juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tidak lancarnya aliran darah dapat disebabkan karena banyaknya zat seperti kolesterol, lemak dan berbagai zat lain yang masuk dalam aliran darah dan akhirnya menghambat laju aliran darah. Untuk mengatasi terjadinya penyumbatan darah, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dapat dengen mengkonsumsi ikan kakap. Ikan kakap memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Omega 3 sendiri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang menghambat aliran darah. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan kakap, aliran darah dapat terhindar dari terjadinya penyumbatan.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ikan kakap memiliki kandungan mineral kalium yang cukup tinggi, dan dapat memenuhi kebutuhan kalium harian tubuh. Kalium memiliki peran yang penting dalam tubuh. Salah satu jenis mineral ini sangat diperlukan tubuh karena sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Kalium dalam ikan kakap dapat membantu mengaktifkan berbagai enzim dalam tubuh untuk metabolisme energi. Kekurangan kalium dalam tubuh, dapat menyebabkan proses metabolisme terhambat, akibatnya tubuh dapat merasa lemas karena kekurangan energi dalamtubuhnya. Jika metabolisme terganggu, maka aktivitas yang sedang dilakukan juga dapat terganggu. Oleh karena itu, untuk menjaga metabolisme tubuh seseorang dapat mengkonsumsi ikan kakap.

artikel terkait: manfata udang lobster

  1. Mencegah Penyakit Rakitis

Rakitis merupakan penyakit yang menyerang tulang. Tetapi bukan penyakit tulang secara umum seperti osteoporis. Rakitis ini biasanya menyerang kaki dan tulang punggung. Mengidap penyakit rakitis menyebabkan fungsi tulang kaki melemah dan mengakibatkan kesulitan berjalan pada penderitanya. Tidak hanya menyerang kaki, rakitis juga mempengaruhi lengkung tulang punggung. Rakitis juga karena kurangnya kalsium pada tulang. Untuk mencegah penyakit raitis ini, penderitanya dapat mengkonsumsi ikan kakap untuk memenuhi kalisum dan mengembalikan kembali kekuatan tulang kaki dan juga lengkung tulang punggungnya.

  1. Melindungi Tubuh Dari Infeksi

Tubuh akan mudah terserang infeksi karena adanya kontak dengan lingkungan dan makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme resistensi terhadap infeksi yang menyerang tubuh. Resistensi yang dilakukan tubuh yakni dengan produksi antibodi oleh sel darah putih. Antibodi yang dihasilkan oleh sel darah putih ini sebenarnya dapat mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Akan tetapi , terkadang kemampuan sel darah putih untuk mencegah terjadinya infeksi ini mash terbatas, sehingga tubuh dapat dengan mudah terserang infeksi. Untuk membantu sel darah putih mencegah terjadinya infeksi, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ikan kakap. Kandungan dalam ikan kakap dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi yang menyerang tubuh.

artikel terkait: manfaat udang galah

  1. Memperbaiki Sel Kulit Yang Rusak

Kulit adalah bagian terluar tubuh yang selalu melakukan kontak dengan lingkungan. Kulit dapat mengalami kerusakan apabila nutrisi untuk kulit tidak terpenuhi. Apabila sel kulit rusak, maka akan terjadi berbagai masalah kulit, seperti gatal, kusam, bahkan dapat terjadi kanker kulit. Untuk tetap menjaga kesehatan kulit, dapat dilakukan dengan menutrisi kulit dari luar, seperti dengan menggunakan lotion atau krim kulit. Selain itu, mengkonsumsi ikan kakap juga akan membantu memperbaiki kerusakan sel kulit dari dalam. Kandungan dalam ikan kakap dapat membantu mengembalikan sel kulit menjadi normal kembali seperti sebelum terjadi kerusakan pada kulit.

  1. Mengatasi Masalah Lambung

Mengalami masalah lambung sangat menganggu kesehatan. Karena makanan yang berasal dari mulut harus melewati lambung untuk kemudian dapat diproses pada sistem pencernaan. Jika lambung sudah bermasalah, maka sistem pencernaan juga akan mengalami masalah. Untuk mengatasinya, ikan kakap dapat dijadikan salah satu makanan yang dapat mengatasi masalah pada lambung.

artikel terkait: manfaat kulit udang

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Selain mengatasi masalah lambung, ikan kakap juga dapat mengatasi masalah pencernaan.berbagai masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan infeksi pada saluran pencernaan, tentunya sangat menganggu penyerapan makanan yang nantinya akan masuk ke dalam darah. Apabila penyerapan sari makanan terganggu, maka suplai nutrisi pada organ lain juga akan terganggu. Oleh karena itu, kandungan dalam ikan kakap mambu membantu mengatasi masalah pada sistem pencernaan dan melancarkan kerja sistem pencernaan, sehingga penyerapan sari makanan dapat berjalan dengan baik, dan kesehatan tubuh terjaga.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Anak kecil yang memiliki nafsu makan yang baik, sangat diharapkan oleh orangtuanya. Apabila anak mengalami gangguan susah makan, orang tua terutama ibu, akan melakukan banyak cara agar sang buah hati memiliki nafsu makan yang baik. denan nafsu makan yang baik, kesehatan anak juga akan terjaga. Apabila anak mengalami masalah pada nafsu makannya, ibu dapat mengatasinya dengan mencoba memberikan ikan kakap sebagai salah satu menu makan untuk anak. Tidak hanya dapat merangsang anak untuk mengkonsumsi ikan, tetapi kandungan dalam ikan kakap dapat membantu mengembalikan nafsu makan pada anak.

artikel terkait: 9 manfaat udang bagi kesehatan

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes disebabkan karena pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh akan kekurangan hormon insulin dan terserang diabetes. Untuk mengembalikan produksi insulin oleh pankreas, seseorang dapat mengkonsumsi ikan kakap. Ikan kakap, terutama ikan kakap merah memiliki kandungan yang dapat membantu mengontrol produksi hormon insulin. Hal ini dapat menghindari kekurangan produksi hormin insulin, yang dapat menyebabkan diabetes.

  1. Mencegah Penggumpalan Darah Pada Otak

Terkadang, secara tidak sengaja, seseorang dapat mengalami benturan pada beberapa bagian tubuhnya, salah satunya pada bagian kepal. Bahaya yang dapat ditimbulkan dari benturan pada kepala ini, dapat menyebabkan terjadinya gumpalan pada kepala yang sangat berbahaya. Penggumpalan darah di otak dapat mengganggu sirkulasi darah. Untuk mengatasi penggumpalan darah di otak dan melancarkan kembali sirkulasi darah, penderitanya dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ikan kakap.

artikel terkait: manfaat tidur miring ke kiri

  1. Mencukupi Nutrisi Otak Di Masa Pertumbuhan

Otak adalah organ tubuh yang sangat penting karena berfungsi sebagai motor tubuh. Otak dapat berkembang terutama pada masa pertumbuhan seperti pada masa anak menuju dewasa. Untuk membantu perkembangan otak, ikan kakap dapat dijadikan penunjang agar otak dapat berkembang dengan baik. Kandungan dalam ikan kakap dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak, sehingga perkembangan otak pada anak dapat berkembang dengan baik.


  1. Mengatasi Batuk Kronis

Batuk memang seperti penyakit ringan, yang bahkan obatnya saja banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, apabila sudah mengalami batuk kronis, harus segera ditangani karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasi batuk kronis, beberapa orang akan membawanya kepada dokter spesialis. Namun, selain membawanya ke dokter, batuk kronis dapat diatasi dengan sup ikan kakap. Sup ikan kakap dapat membantu meringankan batuk kronis. Ganti makanan dengan sup ikan kakap sampai batuk kronis yang dialami berangsur membaik.

artikel terkait: manfaat cabe hitam

  1. Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi

Setelah melakukan operasi, beberapa orang akan mengalami gangguan kesehatan dengan kondisi tubuh yang lemah. Agar kondisi tubub dapat seperti semula, perlu diberikan beberapa makanan yang dapat meningkatkan stamina pasien pasca melakukan operasi. Ikan kakap menjadi salah satu makanan yang dapat mengembalikan kekuatan bagi pasien pasca operasi. Kandungan dalam ikan kakap tidak hanya menguatkan tubuh, akan tetapi  juga dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien pasca operasi.

  1. Mencegah Terjadinya Kerusakan DNA

Ikan kakap mengandung selenium. Dimana selenium ini dapat mencegah radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kerusakan DNA. Kerusakan DNA secara lanjut dapat menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit jantung. Selenium yang terkandung dalam ikan kakap ini dapat mencegah terjadina kerusakan DNA dan menjaga DNA agar tidak terhindar dari serangan radikal bebas.

artikel terkait: manfaat astria

Seperti yang banyak diketahui oleh masyarakat luas, mengkonsumsi ikan memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan kakap sebagai salah satu jenis ikan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun belum banyak yang mengetahui apa saja manfaat dari ikan kakap. Dari penjelasan manfaat ikan kakap di atas, diharapkan banyak masyarakat yang mengkonsumsi ikan kakap, karena memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

, ,
Post Date: Thursday 30th, March 2017 / 02:34 Oleh :
Kategori : Daging