Sponsors Link

9 Manfaat Ikan Hias Bagi Manusia

Sponsors Link

Apabila membicarakan tentang dunia ikan, tentu saja akan muncul dua jenis ikan yang paling umum dibicarakan. Kedua jenis ikan tersebut adalah jenis ikan yang dapat dimakan dan ikan yang tidak dapat dimakan. Jenis ikan yang dapat dimakan atau eatable biasanya berasal dari 3 alam, yaitu air tawar, air laut dan air payau, begitu pula dengan jenis ikan yang tidak dapat dimakan atau non eatable.

manfaat ikan hiasUntuk ikan yang tidak dapat dimakan atau non eatable sendiri, biasanya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan ikan tersebut tidak dapat dimakan. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :

  • Beracun
  • Berbahaya bagi kesehatan tubuh
  • Sulit untuk diolah
  • Merupakan jenis hewan yang dilindungi
  • Merupakan jenis ikan hias

Namun kali ini, kita akan membahas tentang ikan hias secara garis besar. Ikan hias sendiri secara umum merupakan jenis ikan yang tidak dapat dimakan, karena biasanya ikan hias mengandung unsur estetika yang sayang sekali apabila harus dimakan. Pada umumnya, ada 2 hal yang dapat membuat seseorang memelihara ikan hias, yaitu :

  • Sebagai hobi
  • Sebagai investasi

Secara umum, di Indonesia, banyak sekali jenis ikan hias yang dijual di pasaran. Ada yang berharga sangat murah, mulai dari 10 ribuan hingga puluhan juta, pun dengan ukurannya. Mulai dari yang hanya seujung jari, hingga yang sangat besar. Pada dasarnya, walaupun tidak dapat dimakan, ataupun tidak etis jika dimakan, ikan hias tetaplah memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan hias, bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain yang melihatnya.

1. Sebagai penyalur hobi

Manfaat ikan hias yang pertama akan diperoleh ketika anda memelihara ikan hias sebagai suatu hobi. Yang namanya hobi, pastilah akan memberikan efek kepuasan tersendiri bagi siapapun yang melakukannya. Efek kepuasan ini dapat diperoleh ketika :

  • Berhasil memelihara ikan hias dengan spesies tertentu
  • Memiliki banyak koleksi ikan hias
  • Mampu merawat ikan hias dengan baik
  • Melihat kondisi rumah dan akuarium yang berwarna dan menarik

2. Sebagai pengisi waktu luang

Merawat ikan hias sama seperti memelihara hewan lain, dapat mengisi waktu luang anda untuk sekedar bermain atau melihat akuarium. Anda juga dapat mengisi waktu luang dengan membersihkan akuarium secara rutin dan akan menambah nilai kesenangan, terutama ketika memiliki waktu luang yang cukup banyak. Memiliki hewan peliharaan memang sedikit banyak memberikan manfaat seperti :

3. Lebih dekat dengan alam

Salah satu manfaat positif dari ikan hias bagi diri kita adalah dapat membuat diri kita menjadi lebih dekat dengan alam. Dengan merawat dan memelihara ikan hias, serta memandang indahnya ikan hias, maka saat itu pula kita akan merasa lebih dekat dengan alam. Pada saat itu,u saja akan mensyukuri betapa besar hasil ciptaan-Nya.

4. Sebagai penghilang stress

Anda mengalami tekanan yang sangat berat di tempat kerja? atau mungkin sudah merasa stress atau depresi dengan kondisi diri?. Kalau begitu, memelihara ikan hias dapat membantu menurunkan tingkat stress atau depresi yang DIalami. Ikan hias yang diletakkan dalam akuarium atau kolam, dapat membuat anda merasa rileks dan lebih tenang. Untuk menambah efek relaksasi, dapat menambahkan aksesoris, seperti :

  • Pancuran air
  • Batu-batuan sungai
  • Music pedesaan
  • Pemandangan alam

5. Mempercantik ruangan

Salah satu manfaat ikan hias adalah dapat menambah estetika dan mempercantik ruangan. Ikan hias biasanya memiliki warna yang menarik dan enak dipandang. Tentu saja keberadaan ikan hias di dalam ruangan dapat memberikan kesan mempercantik ruangan, dengan digabungkan dengan tata letak yang baik. Maka ruangan akan menjadi lebih cantik dan enak dipandang.

6. Pembawa hoki atau keberuntungan

sponsored links

Salah satu manfaat sugestif yang melekat pada diri ikan hias adalah ikan hias dapat mendatangkan hoki dan keberuntungan bagi pemiliknya. Ini merupakan mitos yang sifatnya sugestif, namun masih sangat melekat di masyarakat Indonesia, bahkan dunia, dan banyak yang terbukti. Biasanya jenis ikan tersebut antara lain :

  • Ikan arwana
  • Ikan Lou Han
  • Ikan mas Koki
  • Ikan Koi

Pada dasarnya ke empat ikan di atas memiliki corak dan tekstur yang menarik, serta bentuk yang juga unik. Hal ini banyak dikaitkan dengan efek pembawa hoki atau keberuntungan bagi yang memilikinya.

7. Sebagai investasi

Beberapa jenis ikan hias memiliki harga yang fantastis, yang juga berhubungan dengan kepercayaan akan pembawa hoki atau keberuntungan. Salah satunya adalah ikan arwana yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan dan juga banyak dilakukan oleh orang-orang.

8. Dapat menjadi lahan bisnis

Apabila ikan sejenis arwana belum mampu dibeli, dapat dicoba melakukan bisnis penjualan ikan hias. Anda dapat memulai dengan menjual ikan hias yang berharga rendah terlebih dahulu. Pada dasarnya ikan hias akan terus berkembang, karena sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar ikan hias, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pelanggan. Selai ikan hias budidaya berbagai ikan lainnya juga bisa menjadi lahan bisnis seperti :

9. Ajang gengsi dan pamer

Merupakan manfaat yang mungkin tidak baik, namun nyata. Beberapa jenis ikan hias menjadi salah satu indikator dari tingginya gengsi seseorang, terutama di kalangan penggemar ikan hias. Semakin tinggi nilai estetika dan ekonomi dari manfaat ikan hias yang dipelihara akan menunjukan semakin tinggi pula gengsi dari si pemilik ikan tersebut. Mungkin ini salah satu hal yang harus dikurangi.

Itulah beberapa manfaat dari ikan hias bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain. Mungkin beberapa manfaat diatas tidak dapat langsung dirasakan, karena masih berada pada level sugestif. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 13th, April 2015 / 05:08 Oleh :
Kategori : Hewan