Sponsors Link

4 Manfaat Ikan Herring untuk Kesehatan

Sponsors Link

Ikan herring barangkali belum banyak diketahui seperti halnya nama ikan tersebut yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Meski demikian, ini tidak berarti bahwa ikan berwarna cerah keperakan itu, tidak memiliki manfaat besar bagi kesehatan, juga untuk kecantikan dan perawatan kulit. Dengan bentuknya yang tidak besar dan harganya yang murah meriah, ikan ini menawarkan berbagai macam manfaat super dahsyat bagi kesehatan untuk keluarga.

ads

Kelebihan Ikan Herring

Berikut adalah beberapa kandungan ikan herring yang perlu diketahui :

  • Kadar Merkuri yang Rendah

manfaat-ikan-herringSebagaimana diketahui, merkuri adalah satu di antara berbagai senyawa beracun yang umumnya berasal dari limbah industri dan ‘menjangkiti’ ikan-ikan di laut lepas, tidak terkecuali ikan-ikan yang menjadi bahan konsumsi. Anda tidak perlu mencemaskan persoalan ini sebab kadar merkuri dalam ikan herring tergolong rendah mengingat ikan jenis ini hidup di perairan tengah dan dalam, sehingga kontak dengan senyawa-senyawa berbahaya terbilang rendah. Otomatis juga, manfaat ikat herring dan rasanya yang lezat tetap bisa Anda nikmati.

Masyarakat Jepang bahkan terbiasa menyantap ikan jenis ini mentah-mentah dengan sake dan saus yang nikmat. Jika saja kadar merkuri dalam ikan jenis membahayakan, tentunya masakan bernama sashimi tersebut tidak akan disajikan demikian. Selain itu, ikan jenis ini juga tak jarang diawetkan untuk konsumsi jangka panjang masyarakat di negara dingin.

  • Kandungan Protein yang Tinggi

Seperti yang sudah banyak diketahui, konsumsi sehat mensyaratkan menu ikan sebesar 3.5 ons dalam hitungan minggu. Untuk memenuhi kebutuhan ini, ikan herring bisa menjadi alternatif yang menjanjikan sebab 3 ons ikan tersebut mengandung sedikitnya 20 gram protein. Protein dibutuhkan tubuh untuk menjalankan hampir semua fungsinya, mulai dari memperlancar metabolisme, membentuk dan memperkuat sistem imun, menghasilkan tenaga, meningkatkan energi hingga untuk kebutuhan-kebutuhan khusus semisal pada pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan pembentukan janin.

Oleh karenanya, manfaat ikan herring juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil demi kesehatan diri maupun bayinya. Asupan protein yang cukup dalam ikan herring juga begitu penting untuk mengurangi kemungkinan depresi dan stress serta mempercepat pertumbuhan tulang dan menguatkannya.

  • Memiliki Omega-3 Tinggi

Dengan mengonsumsi 3 ons ikan herring saja, tubuh Anda dapat menyerap 1.950 mg omega 3. Jumlah yang demikian jauh lebih tinggi dibandung kandungan omega-3 yang dimiliki oleh manfaat ikan tuna, manfaat ikan salmon dan makanan lain dan cukup menunjukkan besar serta beragamnya manfaat ikan herring. Padahal jika Anda bandingkan, harga ikan herring jauh lebih murah dibanding 2 macam ikan tersebut karena ikan jenis ini memiliki siklus perkembangbiakan yang cepat, utamanya setelah berhasil keluar dari fase kepunahan sementara yang terjadi sekitar dasawarsa 1940-an.

Tak sampai di situ saja, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan herring membuat ikan jenis ini seringkali menjadi sumber minyak ikan. Manfaat minyak ikan inilah yang memiliki manfaat tidak hanya di bidang kesehatan, akan tetapi juga kecantikan.

Dengan demikian tidak hanya berguna bagi mereka yang mengkonsumsinya karena selera, akan tetapi juga untuk terapi dan pengobatan. Berbagai persoalan kesehatan dan kecantikan yang bisa diatasi dengan minyak ikan ini di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Gangguan Otak

Omega 3 dalam ikan herring juga memiliki fungsi signifikan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Menyusutnya otak manusia seiring pertambahan usia dapat diatasi dengan manfaat ikan herring dari dzat omega-3 di dalamnya, sebab dzat tersebut akan membuat volume otak membesar dan setara dengan dua tahun sebelumnya. Selain itu, omega 3 juga meningkatkan fungsi otak dan daya konsentrasi sehingga konsumsi ikan herring juga sangat bagus untuk mereka yang membutuhkan fokus tinggi dalam pelajaran maupun pekerjaan.

Fungsi lain yang masih terkait dengan kerja otak adalah membantu mereka yang tengah menjalani terapi otak setelah mengalami benturan, trauma otak atau cedera otak.

ads

2. Gangguan Jantung

Ikan herring dipercaya memiliki kadar omega-3 tinggi sehingga dapat menghindarkan serangan jantung mendadak, stroke ataupun gangguan jantung lain. Ini juga berkait dengan kemampuan omega-3 menurunkan kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik sehingga keadan jantunng dan organ-organ inti lain tetap terjaga. Dari sini, ikan herring juga berfungsi mencegah dan mengobati penyakit dibaetes yang tak jarang menjadi sebab awal munculnya gangguan-gangguan jantung. Manfaat ikan herring dalam konteks ini berlaku untuk jangka pendek serta jangka panjang.

3. Jerawat dan Masalah Kulit

Konsumsi rutin terhadap omega 3 dipercaya dapat membantu resistensi terhadap radiasi sinar matahari, sehingga kulit akan terlindungi dan terbebas dari gangguan kecil semisal jerawat dan borok hingga gangguan serius seperti kanker kulit. Omega 3 juga dapat menjadikan kulit segar sehingga manfaat ikan herring di sini bisa berguna untuk kesehatan ataupun kecantikan.

4. Kanker

Sedikitnya, ada dua jenis kanker yang bisa dijinakkan dengan omega 3 yang terdapat dalam ikan herring, yakni kanker pankreas dan kanker ovarium. Kandungan dalam omega-3 bahkan juga dipercaya dapat mencegah kanker ovarium, sehingga manfaat ikan herring juga memiliki daya preventif.

Beberapa point di atas hanyalah sebagian di antara berbagai manfaat ikan herring yang diperoleh untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Dipadu dengan cara masak dan bumbu yang beragam, bahan mentah ikan herring ini bisa menjadi menu favorit Anda dan keluarga sekaligus sebagai menu sehat. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter ahli gizi untuk mendapat informasi lebih lengkap serta mengunjungi rumah makan-rumah makan yang menyediakan menu ikan herring untuk mendapatkan referensi memasak yang semakin beraneka ragam dan menggugah selera.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 09:21 Oleh :
Kategori : Daging