Sponsors Link

5 Manfaat Ikan Hampala untuk Kesehatan

Sponsors Link

Ikan hampala dikenal di Indonesia dengan nama ikan hampal, ikan adungan atau ikan kebarau. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan air tawar dan paling sering dijumpai di kepulauan Indonesia bagian barat. Ikan berukuran sedang sampai besar ini sangat menyukai air sungai yang bersih, jernih, berarus deras, dan dasar yang berpasir atau berlumpur. Makanan ikan hampala ini merupakan ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil sehingga bisa dikatakan bahwa ikan hampala merupakan ikan predator.

ads

Baca juga:

Di daerah lingkungan hidup ikan hampala, keberadaannya sangat penting karena masyarakat sekitar menjadikan ikan ini sebagai ikan konsumsi. Belum lagi ikan hampala sangat digemari oleh para pemancing sebagai ikan pancingan. Manfaat lain dari ikan hampala ini adalah sebagai berikut:

  1. Cegah Alzheimer

Terdapat penelitan yang mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi ikan sebanyak satu kali setiap minggu dapat membantu menjaga bagian otak yang berkaitan dengan memori dan kognisi. Para ilmuan percaya bahwa hal tersebut juga berkaitan dengan penurunan resiko terkena penyakit Alzheimer. Hanya saja pengolahannya adalah dengan cara dikukus atau di panggang, tidak digoreng.

Baca juga:

  1. Cegah penyakit jantung

Penelitian lain menemukan bahwa kandungan omega 3 pada ikan dapat mengurangi kadar lemak pada darah dan cukup efektif berperan untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Ditemukan pula bahwa mereka yang jarang memakan ikan dapat sampai 3 kali lipat memiliki resiko terhadap penyakit yang mematikan ini daripada mereka yang sering mengkonsumsi ikan.

Baca juga:

  1. Baik untuk kulit dan rambut

Manfaat yang satu ini juga ada kaitannya dengan lemak baik pada ikan, yaitu omega 3. Sering kali orang-orang tidak tahu bahwa sebenarnya diet lemak malah menghilangkan lemak baik yang memang diperlukan oleh tubuh. Akibatnya bagian tubuh yang kekurangan asupan lemak baik menjadi tidak sehat seperti kulit dan rambut yang menjadi kusam dan kering. Namun Anda tidak perlu khawatir karena lemak pada ikan hampala ini termasuk lemak baik yang dapat menutrisi kulit dan rambut sehingga tampak lebih sehat, lembut, dan berkilau.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Sumber protein penting

Seperti yang kita tahu protein pada ikan merupakan protein yang dikategorikan sangat aman untuk tubuh karena tidak memiliki efek negatif terhadap kesehatan fungsi tubuh khususnya pencernaan. Protein pada ikan tidak akan serta merta memicu kolesterol maupun membebani aliran darah karena kandungan seratnya malah meringankan kerja usus dan omega 3-nya dapat menurunkan kadar lemak pada darah.

Baca juga:

  1. Tingkatkan perkembangan otak

Asam lemak esensial omega 3 sangat terkenal dengan khasiatnya dalam perkembangan otak anak. Bahkan terdapat penelian yang mengemukakan bahwa omega dapat menenangkan gejala ADHD yang merupakan gangguan hiperaktif, sulit fokus, dan impulsif.

Baca juga:

Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi ikan hampala yang juga dikenal dengan ikan hampala barb dalam bahasa Inggris.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 02:04 Oleh :
Kategori : Daging