Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Ikan Halibut Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Pernahkah kalian mendengar nama ikan halibut? Bagaimana dengan flat fish atau ikan gepeng? Yap. Ikan halibut merupakan salah satu spesies flat fish yang tersebar luas di Samudra Pasifik Utara dan Atlantik. Asal nama halibut sebenarnya  diambil dari kata haly atau holy yang berarti kudus dan butt yang berarti pipih. Namun di Indonesia ikan halibut lebih dikenal dengan nama ikan sebelah karena bentuknya yang seolah hanya memiliki satu sisi wajah.

Ukuran ikan ini terbilang cukup besar karena panjangnya saja dapat mencapai hingga 2 meter dengan bobot 200 kg. Selain ukuran, rupanya ikan ini juga berumur panjang karena mampu mencapai hingga umur puluhan tahun. Untuk kandungan nutrisi, ikan halibut tidak kalah dengan ikan lainnya. Bahkan ditemukan bahwa kandungan nutrisi ikan ini lebih besar dari pada ikan kod, terutama pada minyak ikannya. Karena tingginya nutrisi itulah ikan halibut bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Kaya akan vitamin

Ikan halibut merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin D sangat tinggi diantara ikan yang lainnya. Hal tersebut membuat ikan halibut ini dapat memberi asupan vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh utamanya untuk kesehatan tulang, gigi, dan rambut.

Baca juga:

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat minyak ikan halibut ini rupanya dapat mengalahkan ikan kod dalam hal kandungan asam minyak omega 3. Dengan mengkonsumsi ikan halibut segar yang dimasak dapat membantu perkembangan dan kemampuan otak dalam berfikir dan mengingat. Penelitian lebih lanjut bahkan menyebutkan minyak ikan dapat mengurangi resiko penyakit alzheimer.

Baca juga:

  1. Hilangkan depresi

Kemampuan lain dari omega 3 ialah dapat berkerja layaknya antidepresan alami yang membantu menghilangkan rasa tertekan atau depresi khususnya pada wanita hamil.

Baca juga:

  1. Cegah penyakit jantung

Penelitian lain menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan, resiko terkena penyakit jantung dapat menurun hingga setidaknya 50 persen.

Baca juga:

sponsored links

  1. Kuatkan sperma

Manfaat ikan halibut yang terakhir ini dikaitkan dengan kaum adam. Diyakini bahwa dengan mengkonsumsi ikan ini dengan diimbangi sayuran dan buah dengan porsi yang tepat dapat membuat sperma pria menjadi lebih kuat.

Baca juga:

Memakan ikan memang dapat memberi begitu manfaat namun kita juga jangan lupa untuk tetap menjaga ekosistem. Masalahnya ikan halibut kini keberadaannya semakin langka karena banyaknya perburuan terhadap spesies ini.  Saat ini bahkan spesies ikan halibut telah masuk ke dalam daftar kategori hewan langka yang dilindungi oleh Undang-Undang internasional terutama yang berukuran besar. Dikatakan bahwa daging ikan ini sangat populer dijadikan filet oleh warga Eropa. Maka dari itu mari kita jaga agar generasi lain tetap bisa  mecicipi kelezatan ikan ini dengan cara tidak mengkonsumsinya secara berlebih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 02:07 Oleh :
Kategori : Daging