Sponsors Link

5 Manfaat Ikan Demersal bagi Manusia

Sponsors Link

Ikan demersal, pernahkah anda mendengar nama ini? ya, mungkin nama atau istilah dari ikan demersal ini kurang familiar dan agak canggung didengar oleh anda. Ada itu ikan demersal? Ikan demersal sendiri bukanlah nama spesies atau genus dari ikan tertentu. Ikan demersal merupakan salah satu pengelompokan jenis ikan, baik laut dan juga tawar berdasarkan tempat tinggal atau habitatnya. Ya, ikan demersal merupakn jenis ikan yang hidup pada wilayah laut yang demersal.

ads

manfaat ikan demersalDemersal sendiri mengacu pada bagian dasar laut ataupun danau, yang biasanya memilki lumpur, pasir dan juga terdiri atas bebatuan. Ikan demersal ini merupakan jenis ikan yang hidup pada wilayah tersebut, yang merupakan zona demersal. Nah, berarti, ikan demersal ini memilki banyak sekali spesies dan juga genus. Tapat sekali, ada berbagai macam jenis ikan yang jga merupakan kelompok ikan demersal, yang beberapa diantara mungkin sudah kita kenal, seperti jenis ikan kerapu, ikan pipih dan juga ikan flounder. Itu adalah beberapa spesies dari jenis ikan yang dapat digolongkan sebagai ikan demersal.

Kategori Utama dari Ikan Demersal

Meskipun ikan demersal juga merupakan suatu kategori dari jenis ikan, ternyata ikan demersal juga masih terbagi dalam beberapa bentuk kategori lain. Tepatnya ada dua kategori dari ikan demersal ini, yaitu ikan benthic dan juga ikan benthopelagic.


- Ikan Benthic

Ikan benthic merupakan sub kategori dari ikan demersal, yang merupakan jenis ikan demersal yang benar-benar tinggal dan makan serta menghabiskan sebagian besar hidupnya pada bagian bawah dan juga dasar laut atau danau. Ikan demersal yang masuk ke dalam kategori benthic ini biasanya menyapu bagian dasar laut, dan juga mencari mangsanya yang berada pada bagian dasar laut.

Salah satu jenis ikan demersal yang masuk ke dalam kategori ikan benthic ini adalah jenis ikan pipih dan juga ikan flounder yang hidup di dasar laut atau danau.


- Ikan benthopelagic

Sub kategori kedua dari ikan demersal adalah jenis ikan benthopelagic. Berbeda dengan ikan demersal kategori benthic yang menghabiskan sebagian besar hidupnya berada pada dasar laut atau danau. Ikan demersal yang termasuk ke dalam jenis benthopelagic memiliki kecenderungan untuk naik ke bagian tengah hingga permukaan dari laut atau danau. Meskipun demikian, ikan demersal kategori benthopleagic juga masih sering berusaha untuk mempertahankan posisinya agar lebih dekat dengan bagian dasar.


Ikan demersal sendiri, meskipun merupakan jenis ikan yang hidup pada zona demersal atau bagian bawah dan juga dasar laut dan juga danau, ternyata memiliki manfaat. Apa saja manfaatnya dari ikan demersal? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikan demersal :

1. Sebagai penyeimbang ekosistem

Manfaat penting dari jenis ikan demersal adalah sebagai salah satu penyeimbang dari ekosistem, terutama ekosistem dari laut dan juga danau. Dapat dibayangkan apabila bagian atau zona demersal tidak memiliki kehidupan, maka hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kondisi ekosistem. Karena pada dasarnya, setiap biota yang ada pastilah memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan dari ekosistemnya masing-masing.

2. Sebagai bahan konsumsi

Manfaat ikan demersal lainnya yang juga sering dimanfaatkan oleh manusia adalah sebagai salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi. Salah satu jenis ikan demersal yang merupakan jenis ikan yang sering dikonsumsi adalah ikan kerapu. Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan demersal yang cukup populer sebagai salah satu jenis ikan konsumsi, yang biasa disajikan sebagai ikan goreng, pepes ataupun ikan tim.

ads

Ikan kerapau memiliki banyak sekali kandungan gizi dan mineral di dalamnya. Hal ini tentu saja menyebabkan ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan demersal yang populer untuk bahan konsumsi, karena memiliki berbagai kandungan gizi dan juga nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Untuk rekreasi dan juga refreshing

Ikan demersal juga seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk refreshing dan juga bersenang-senang. Caranya adalah dengan cara melakukan kegiatan memancing. Beberapa kegiatan memancing dapat menarik beberapa jenis ikan demersal. Bagi mereka yang memang memiliki hobi dan minat yang tinggi terhadap kegiatan memancing, mendapatkan ikan yang merupakan jenis ikan demersal merupakan kebanggaan dan juga kepuasan sendiri. Hal ini dikarenakan jenis ikan demersal  yang tergolong sulit untuk dicari, ditangkap dan juga diperoleh, terutama ikan demersal yang masuk ke dalam sub kategori benthic.

4. Sumber data penelitian kehidupan biota dasar laut dan juga danau

Biota laut dan juga danau, terutama yang berada jauh dari jangkauan manusia, seperti manfaat ikan demersal merupakan salah satu target operasi penelitian yang sangat menggiurkan para pengamat dan juga peneliti. Ikan demersal merupakan salah satu specimen yang dimanfaatkan untuk menganalisa jenis- jenis kehidupan apa saja yang muncul pada zona demersal dimana jenis ikan ini tinggal. Dengan terkumpulnya informasi penelitian seperti ini, maka tentu saja akan memberikan sumbangan yang sangat besar bagi perkembangan ilmu mengenai dunia air, dan juga perikanan.

5. Komersialisasi

Manfaat lainnya, dan yang mungkin dapat berdampak buruk adalah komersialisasi dari ikan demersal. Ya, karena diketahui juga memilki beberapa manfaat, terutama sebagai bahan konsumsi, maka ikan demersal sering dijadikan bisnis komersialisasi. Di satu sisi, komersialisasi dari ikan demersal ini memberikan keuntungan, bagi para pelaku bisnis dan juga konsumen, dimana pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan, dan konsumen dapat menikmati hasilnya. Namun demikian, di sisi lain, komersialisasi ini malahan dapat mengancam kehidupan serta habitat dari ikan demersal itu sendiri. Apabila tidak disikapi dengan baik, bukan tidak mungkin populasi dari ikan demersal akan berkurang, bahkan punah.

Itulah beberapa manfaat dan juga pengenalan singkat mengenai ikan demersal. Semoga artikel mengenai ikan demersal ini dapat menambah wawasan anda mengenai dunia perikanan. Terima kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 11th, August 2015 / 04:58 Oleh :
Kategori : Hewan