Sponsors Link

20 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Tubuh

Sponsors Link

Manfaat ikan asli cakalang bagi tubuh sangatlah baik untuk perkembangan, imunitas, serta pencegahan berbagai jenis penyakit. Ikan cakalang merupakan ikan yang masih satu jenis dengan ikan tuna dan ikan tongkol. Ikan jenis ini merupakan ikang yang terkenal dengan dagingnya yang tebal dan manis rasanya. Ciri-ciri fisik ikan cakalang pun sangat mirip dengan ikan tuna dan ikan tongkol, oleh karena itulah banyak yang mengenali ikan cakalang sebagai ikan tuna atau tongkol.

ads

Ciri-ciri Khusus Ikan Cakalang 

Karena seringnya Ikan Cakalang dianggap sebagai ikan tuna atau tongkol, maka di masyarakat ikan cakalang kurang populer keberadaannya. Kali ini untuk mempermudah anda mengetahui apakah ikan yang anda konsumsi adalah ikan cakalang, ikan tuna, atau ikan tongkol, ada beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui. Ciri-ciri fisik dari ikan cakalang antara lain adalah seperti berikut ini:

  • Ikan cakalang merupakan ikan yang berhabitat di laut Indonesia bagian timur. Oleh karena itulah, masyarakat di daerah Maluku, Makassar, dan Nusa Tenggara Timur sangatlah familiar dengan ikan jenis ini.
  • Ikan cakalang yang diperjualkan belikan umumnya memiliki panjang maksimal 50 cm. Alasannya adalah ikan cakalang dengan ukuran lebih besar sulit untuk ditangkap. (baca juga: Manfaat Ikan Tongkol)
  • Ikan cakalang dapat ditangkap saat matahari bersinar pada kedalaman air 250 meter ke bawah. Sedangkan di malam hari, ikan ini dapat ditangkap di dekat pulau dan di permukaan air laut.
  • Habitat ikan cakalang adalah perairan dengan suhu cukup tinggi yaitu berkisar 26 hingga 29 derajat celcius.
  • Tubuh ikan cakalang di bagian tengah atau disekitar perut berbentuk bulat dan terlihat menggembung.
  • Ikan cakalang memiliki 2 sampai 4 garis hitam yang letaknya melintang di tubuh ikan tersebut.
  • Bobot maksimal dari ikan cakalang adalah sebesar 20 kilogram. (baca juga: Manfaat Ikan Tuna)

Manfaat Dari Ikan Cakalang bagi Tubuh Manusia

Walaupun ikan cakalang secara nama kurang populer di masyarakat, nyatanya tanpa disadari banyak masyarakat yang sudah mengonsumsi ikan ini. Manfaat yang didapatkan dari konsumsi ikan cakalang sangatlah banyak untuk manusia. Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan oleh tubuh manusia sebagai hasil dari mengonsumsi ikan cakalang secara rutin.

  1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Ikan cakalang memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 ini merupakan lemak esensial yang dapat mendukung daya ingat otak. Oleh karena itulah, omega 3 sering diperjualbelikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Secara alami, konsumsi dari ikan cakalang dapat meningkatkan daya ingat otak dengan menstimulasi kerjanya melalui kandungan omega 3. Syaraf-syaraf yang dinutrisi dengan omega 3 akan berfungsi dengan baik dan penyimpanan memori ingatan pun dapat berjalan dengan lebih baik. (baca juga: Manfaat Ikan Mas)

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan ikan cakalang yang sangat tinggi protein juga dapat mendukung proses peningkatan kecerdasan otak. Anak-anak khususnya sangat membutuhkan asupan gizi jenis ikan cakalang ini. Anak di masa pertumbuhan harus didukung oleh makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan otaknya. Ikan cakalang adalah salah satu makanan tersebut dan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Artikel terkait:

  1. Menambah Nafsu Makan
Sponsors Link

Anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan cakalang. Selain karena mampu meningkatkan kecerdasan otak, ikan cakalang juga dibutuhkan untuk menambah nafsu makan. Anak-anak diketahui seringkali malas makan. Konsumsi ikan cakalang memungkinkan anak-anak untuk lebih sering makan dan tidak lagi memilih-milih makanan.

  1. Menjadi Sumber Protein Tinggi Hewani

Protein bagi manusia sangatlah penting keberadaannya. Konsumsi protein yang cukup dapat menjaga tubuh dari segala macam penyakit. Protein dapat dimiliki dalam dua jenis, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati mudah didapatkan melalui konsumsi sayuran, bagaimana dengan protein hewani? Salah satu sumber protein hewani yang cukup tinggi adalah ikan cakalang ini.

  1. Menjaga Berat Badan Selama Proses Diet

Mengonsumsi ikan cakalang sebanyak apapun tidak akan menambah berat badan anda. Ikan cakalang rendah kalori dan lemak. Oleh karena itu, ikan cakalang merupakan salah satu menu ideal dalam program diet anda. Konsumsilah ikan ini sebagai pengganti konsumsi lauk-pauk anda setiap hari. Kebutuhan nutrisi anda yang lain sudah terpenuhi dengan ikan ini, tanpa perlu takut menjadi gemuk. (baca juga: Manfaat Ikan Tenggiri)

  1. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda (Mencegah Penuaan Dini)
ads

Kandungan vitamin dari ikan cakalang ini juga sangat banyak jenisnya dan tinggi jumlahnya. Vitamin A, C, dan D dari ikan cakalang ini tidak dapat dipungkiri kebermanfaatannya. Gabungan dari ketiga vitamin ini dapat mewujudkan kulit yang tetap awet muda. Oleh karena itu, konsumsilah ikan cakalang secara rutin untuk mendapatkan kulit yang cerah, tanpa kerutan, dan bebas dari penuaan dini.

  1. Menjaga Elastisitas Kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan cakalang sangat kaya akan vitamin dan protein. Keberadaan dari kandungan ini dapat menjadikan kulit tetap fleksibel dan elastic. Kulit tidak kaku dan mudah muncul kerutan. Oleh karena itu, ikan cakalang merupakan konsumsi yang mendukung juga perawatan kecantikan, khususnya perawatan kulit. (baca juga: Manfaat Ikan Kaneke)

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Ikan cakalang memiliki kandungan vitamin D yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin pertumbuhan tulang dan gigi anak anda berjalan dengan normal berikanlah anak anda mengonsumsi ikan cakalang ini. Bagi orang dewasa, konsumsi ikan cakalang akan mengurangi resiko tulang yang patah atau retak, maupun gigi yang mudah tanggal.

  1. Membantu Proses Pemulihan Kolesterol Tinggi

Pemulihan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan mengonsumsi ikan cakalang. Hal ini diakibatkan oleh manfaat ikan cakalang bagi tubuh yang dapat mengontrol jumlah kolesterol jahat yang mampu membahayakan anda. Agar hasil pemulihan lebih maksimal, konsumsilah ikan ini minimal dua kali dalam seminggu. Anda pun akan merasakan hasil yang signifikan dalam pemulihan kadar kolesterol anda. (baca juga: Manfaat Telur Ikan)

  1. Membantu Proses Pemulihan Reumatik

Reumatik atau keadaan pegal linu yang diderita oleh tangan dan kaki merupakan akibat dari kondisi tulang persendian dan pembuluh darah yang kurang baik. Pemulihan penyakit reumatik ini biasanya diberikan dalam obat yang cukup keras dan mungkin membahayakan ginjal anda. Salah satu cara alami dalam membantu proses pemulihan reumatik adalah dengan konsumsi ikan cakalang. Ikan cakalang mengandung vitamin D yang baik untuk tulang dan pembuluh darah anda.

  1. Membantu Proses Pemulihan Pembuluh Darah Terjepit

Pembuluh dara yang terjepit diakibtakan oleh asupan nutrisi yang tidak baik. Ikan cakalang mampu membantu anda dalam mengatasi permasalahan pembuluh darah ini dengan mudah.

Artikel terkait:

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Rasa nyeri saat sedang menstruasi sangat umum menjadi kendala bagi para wanita. Berbagai cara seperti mengonsumsi minuman tertentu dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Sekarang anda tidak perlu melakukannya lagi. Konsumsilah ikan cakalang untuk mengurangi nyeri haid. (baca juga: Manfaat Ikan Bawal)

  1. Membantu Pemulihan Depresi

Gangguan psikologis yang semakin banyak ditemukan saat ini adalah depresi. Jika anda merupakan salah satu orang yang sedang depresi, atau mengenal penderita depresi anda dapat menghentikan obat-obatan yang dikonsumsinya dan gantikan dengan mengonsumsi ikan cakalang yang bermanfaat ini.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat ikan cakalang bagi tubuh lainnya adalah dalam pencegahan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang paling menakutkan saat ini. Keadaan lupa seluruh memori dapat menyerang siapapun di usia berapapun. Oleh karena itu, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan daya ingat seperti ikan cakalang. Ikan cakalang memiliki manfaat untuk tubuh dalam melawan penyakit Alzheimer.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes
Sponsors Link

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar trigliserida dalam darah yang terlalu tinggi. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan cakalang. Ikan cakalng mampu mengikat dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah. (baca juga: Manfaat Ikan Cucut )

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner dan adalah penyakit yang dapat ditanggulangi oleh ikan cakalang. Ikan cakalang ini memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Mencegah Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi juga erat kaitannya dengan kesehatan dan nutrisi yang dikonsumsi. Manfaat ikan cakalang bagi tubuh selanjutnya adalah mampu menjaga tekanan darah anda jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Mencegah Kanker Darah

Selain vitamin dan protein, ikan cakalang juga kaya akan zat besi. Zat besi mampu membantu proses pembentukan sel darah merah yang dapat mencegah terjadinya kanker darah (leukemia).

  1. Membentuk Sel Pembuluh Darah dan Jantung Janin pada Ibu Hamil

Ibu hamil seperti diketahui secara umum harus memiliki asupan gizi yang cukup dan bermanfaat. Hal ini penting untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Ikan cakalang memiliki kandungan omega 3 yang mampu membantu proses pembentukan sel pembuluh darah dan jantung dari janin. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi ikan cakalang.

  1. Mencegah Ejakulasi Dini

Masakan ikan cakalang dengan direbus dan dicampur oleh daun jeruk merupakan salah satu obat alami yang dapat mencegah terjadinya ejakulasi dini.

Itulah tadi beberapa manfaat dari ikan cakalang bagi tubuh anda. Semoga anda dapat merasakan manfaat dari ikan cakalang ini segera.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 19th, July 2017 / 09:25 Oleh :
Kategori : Daging