Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Ikan Bogo Bagi Kesehatan (Khasiat Super)

Sponsors Link

Terdengar cukup asing dan aneh untuk sebagian orang ketika mendengarkan salah satu jenis ikan yang ada di alam, ikan Bogo. Taspi tahukah kamu kalau Ikan Bogo itu hanyalah sebuah istilah saja, ketika disebutkan nama lain ikan ini pasti banyak diantara kalian yang mengetahuinya atau setidaknya pernah mendengarnya, ternyata Ikan Bogo ini adalah Ikan Gabus.

PENYEBUTAN IKAN BOGO / HARUAN / KUTUK / SNAKEHEAD FISHES

Yang sering menyebut sebagai Ikan Bogo atau yang mengenal Ikan ini sebagai Ikan Bogo adalah Masyarakat Sunda ataupun juga terkenal di daerah Banyumas. Ikan ini juga terkenal dengan sebutan “Ikan Haruan” lebih ke bahasa Melayu, atau Banjar. Sedangkan untuk Orang Jawa banyak yang menyebut Ikan ini “Ikan Kutuk” , Berbeda lagi untuk dialek atau untuk penyebutan oleh orang-orang betawi ikan ini disebut sebagai Ikan Kocolan, dan sebenarnya masih banyak lagi penyebutan untuk ikan ini, tergantung dari daerah dan masyarakat setempat.

IKAN PREDATOR

ikan bogoIkan ini sendiri memiliki nama ilmiah “Channa Striata” meski bisa dimakan ikan ini sebenarnya masuk ke dalam ikan jenis predator, atau ikan yang memangsa hewan lain sebagai makanana untuk dapat bertahan hidup. Santapan makanan Ikan Bogo adalah ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih kecil darinya, selain itu ia juga memangsa serangga air, maupun serangga yang berkembangbiak diair ataupun serangga yang berada disekitar habitat iikan ini. Ikan Bogo sendiri bisa kita jumpai di salurabn-saluran air hingga sawah-saah yang dimiliki oleh petani, karena merupakan hean predator ikan ini juga memangsa katak sawah ataupun berudu yang tentunya masih harus hidup didalam air sawah.

Dihabitat aslinya ikan air tawar ini bisa tumbuh sangat besar bahkan mencapai satu meter, ikan ini bisa hidup didanau, rawa, dan juga bisa hidup di sungai. jika air ini terbawa ke kolam ataupun keramba-keramba ataupun juga tidak sengaja anda beli dan anda masukan sebagai koleksi ikan anda, dan anda campurkan dengan ikan lain yang berbeda jenis dan berukuran lebih kecil. Bisa juadi ikan-ikan koleksi atau ikan peliharaan anda tersebut akan menjadi santapan bagi ikan gabus, karena ingat ikan ini adalah ikan yang masuk dalam jenis ikan predator!

FAKTA IKAN BOGO? BERJALAN DI DARATAN

Salah satu yang cukup unik dari ikan ini adalah ikan ini mampu untuk berjalan didaratan. tentu hal ini bisa mengejutkan bagi banyak orang, membuat orang menjadi takut ataupun menjadi jijik dan berpikir dua kali untuk mau menyantapnya. tapi meski begitu ikan ini sayangnya sulit untuk ditolak karena rasanya yang khas dan cenderung enak juga cocok dilidah.

Ketika ikan ini hidup disawah atau rawa misalnya ketika daerah tersebut mengering, maka otomatis ikan ini akan berpindah mencari ke daerah yang memiliki air. namun jika ia tidak juga menemukan air maka ia kan berpindah daerah jadi seolah olah ia berjalan didaratan, atau diatas tempat yang airnya sudah mengering, kemudian jika tidak juga menemukan tempat berair untuk hidup amak ia pun akan mengubur dirinya didalam lumpur dengan sebelumnya menyelimut dirinya dengan lendir, sehingga masih tetap memiliki badan yang basah. ikan ini memiliki sebuah alat pernafasan yang berbeda sehingga bisa melakukan hal tersebut. Seram ya ketika membayangkannya.

Ikan Berbahaya dan Ancaman di Amerika, Juga di Cap ikan Merugikan

Karena sifatnya yang termasuk ikan predator atau ikan buas yang invasif ikan ini dikhaatirkan bisa mengancam keberadaan biota atau ikan-ikan asli setempat, padahal ikan ini sendiri lebih banyak ada di kawasan Asia. Selain Kawasan Asia Tenggara ikan ini lebih menyebar ke kawasan Asia Selatan yakni dibagian Negara Nepal, India, Bangladesh, Pakistan dll.

Di Amerika Ikanini sebenarnya lebih kepada peruntukan sebagai ikan hias. namun tidak menutup kemungkinan terjadi perpindahan ikan menuju sungai-sungai sehingga kemudian keberadaan ikan tersebut dianggap membahayakan karena bercampur bebas dengan ikan lain yang bisa mengganggu ekosistem karena memang bukan daerah aslinya. Ikan inipun sudah dianggap turut andil sebagai ikan yang mejadi salah satu penyebab hilangnya spesis ikan ikan asli di kawasan Sulawesi dan juga Irian.

Kandungan Ikan Bogo

Memiliki nilai ekonomis yang terhitung cukuptinggi, dengan penegmbangbiakan yang tergolong mudah, ikan ini kaya akan kandungan berikut

Protein. Protein sebagai Sumber Pembangun tubuh, sumber enzim, berfungsi dalam pembentukan sel darah, penyembuhan luka, atibody atau kekebalan tubuh, dll

Albumin. merupakan sebutan untuk protein Monomer. biasanya tubuh yang memproduksi protein jenis ini adalah bagian hati. protein ini juga berfungsi sebagai penyangga, dan juga dapat membantu memelihara ginjal.

PERBANDINGAN PROTEIN

sponsored links

Dalam 100gr ( seratus gram ) ikan bogo / gabus segar, kandungan protein yang bisa diperoleh jika dikonsumsi adalah sebesar 25 gr ( duapuluh lima gram ). Hasil tersebut menunjukkan bahwa kandungan protein dari Ikan Bogo ini adalah lebih besar dibanding kandungan protein dari ikan konsumsi terkenal lainnya yaitu ikan mas dan ikan mujair yang masing – masing hanya memiliki kandungan 16 gr (enam belas gram), dan 18 gr (delapan belas gram ).

sedangkan kandungan protein dalam kondisi ikan bogo kering ternyata lebih besar yaitu sekitar limapuluh gram, dan itu sangat jauh dari ikan teri yang hanya sekitar sebelas gram saja kandungan protein yang dimilikinya.

MANFAAT IKAN BOGO

  1. Sebagai sumber protein yang sangat besar. protein tentu sangat dibutuhkan oleh manusia dan ikan gabus ini bahkan kandungan proteinnya melebihi besaran kandungan protein dari ikan jenis lainnya.
  2. Kandungannya yang baik juga bisa membantu pmeperbaiki sel-sel yang rusak bahkan disebutkan mampu menganti sel mati tersebut menjadi sel baru, yang tentunya akan membantu kinerja tubuh lebih maksimal lagi atau membuat tubuh menjadi lebih sehat karena sel-sel yang mati dapat dikeluarkan oleh tubuh dan tergantikan oleh sel yang baru.
  3. Zat enzim maupun Hormonnya bisa membantu proses metabolisme didalam tubuh.
  4. Bisa menjadi salah satu yang dikonsumsi sebagai asupan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, zat yang terkandung dalam ikan bogo ini dapat mengusir mikroba ataupun zat asing dalam tubuh. sekaligus menghindari zat toksik tersebut untuk masuk ke dalam tubuh.
  5. Baik dikonsumsi oleh anak – anak bahkan balita, ikan ini memiliki fungsi dalam pertumbuhan maupun didalam tubuh melakukan pemeliharaan jaringan.

UNTUK PENDERITA GIZI BURUK

Bahkan untuk penderita gizi buruk konsumsi ikan bogo ini sangat disarankan karena kandungan proteinnya yang sangat besar dan kandungan lainnya yang baik untuk tubuh misalnya asam amino, zink, mikronutrein, dll. selain itu penambahan berat badan juga akan lebih terjadi sehingga kondisi gizi buruk atau busung lapar bisa lebih baik dengan konsumsi ikan ini yang sebenarnya mudah untuk didapatkan di saah, danau, maupun juga disungai. dengan umpan yang tepat bahkan ikan ini bisa juga dipancing untuk keluar dari persembunyiannya didalam lubang ataupun didalam lumpur tempatnya mengubur diri

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Friday 16th, October 2015 / 04:38 Oleh :
Kategori : Daging