8 Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan

Ikan betok ini merupakan salah satu ikan yang berhabitat di perairan tawar. Jadi ikan ini hanya bisa dijumpai di sungai – sungai dan danau saja. Nama lain dari ikan betok ini adalah ikan bethik yang mana ikan ini banyak dijumpai didaerah jawa. Salah satu keunikan dari ikan betok adalah kemampuannya untuk memanjat ke daratan. Jadi ikan betok ini termasuk ikan yang liar. Saat memancing ikan ini harus hati – hati agar jangan sampai sesudah dipancing ikan ini malah lepas lagi. Letakkan ikan betok yang sudah dipancing kedalam ember yang tertutup dengan rapat. Adapun ikan betok memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Ikan betok memiliki warna sedikit coklat dan hijau pada bagian atas kulitnya.
  • Untuk dibagian samping ikan betok ini berwarna kuning.
  • Jika dilihat pada bagian bawah ikan ini memiliki warna yang gelap melintang dan tidak beraturan.
  • Untuk ukuran ikan yang hidup diperaian tawar ikan ini tergolong kecil dengan panjang maksimal dari ikan betok adalah 25 sentimeter.
  • Dibagian kepala ikan ini terdapat sisik yang keras dan kaku sekali.
  • Dan di insang ikan betok ini terdapat tutup dengan gigi yang tajam. Diharapkan berhati – hati saat membersihkan insang dari ikan ini agar tidak melukai tangan Anda.
  • Ikan betok memiliki usia yang cukup panjang yakni sekitar 6 tahunan.

Ciri – ciri pada ikan betok ini mudah sekali untuk diketahui sekali Anda melihatnya.

Manfaat ikan lainnya :

Ikan betok banyak dikonsumsi karena bermanfaat dibidang kesehatan. Selain itu daging dari ikan betok ini sangat enak sekali dan harganya sangat ekonomis. Ini berhubungan dengan kandungan yang terdapat didalam daging ikan betok antara lain adalah :

  • Omega 3 diperlukan oleh anak dimasa pertumbuhan dan juga janin didalam kandungan ibunya. Ini karena omega 3 berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan janin dan anak. ( Baca juga : Manfaat omega 3 untuk kesehatan )
  • Protein didalam tubuh berguna untuk membangun masa otot dan meregenerasi sel – sel lama dengan sel baru. ( Baca juga : Manfaat protein )
  • Zat besi berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin didalm darah merah untuk mengikat oksigen. ( Baca juga : Manfaat zat besi )
  • Fosfor bermanfaat bagi kesehatan tulang. ( Baca juga : Manfaat fosfor )

Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam daging ikan betok untuk dikonsumsi sebagai lauk pelengkap menikmati nasi.

Manfaat Ikan Betok untuk Kesehatan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa ikan betok ini menjadi kegemaran untuk dikonsumsi karena manfaatnya. Berikut ini ulasan mengenai manfaat mengonsumsi ikan betok :

1. Meningkatkan nafsu makan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan nafsu makan maka dapat mencoba mengkonsumsi daging dari ikan betok ini. Ikab betok sudah lama dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan sehingga kebutuhan tubuh untuk memperoleh makanan menjadi tercukupi. Karena akibat dari tubuh yang kekurangan makanan menjadi lemas dan kurus. Meningkatkan nafsu makan dengan ikan betok ini tidak hanya bagi orang dewasa namun juga dengan anak – anak.

Artikel terkait :

2. Kecerdasan

Ikan betok diketahui mengandung omega 3 didalamnya. Omega 3 bekerja untuk meningkatkan kemampuan otak sehingga jika dikonsumsi menjadikan otak lebih cerdas dan meningkatkan iq anak. Oleh sebab itu banyak para ibu yang memilih menyajikan ikan betok yang telah diolah sebagai makanan bagi anaknya. Jangan ragu dengan manfaat omega 3 karena tidak semua jenis ikan mengandung senyawa bernama omega 3 didalamnya.

Artikel terkait :

3. Mencegah osteoporosis

Manfaat berikutnya yang didapat dari mengonsumsi ikan betok adalah mencegah osteoporosis. Osteoporosis merupakan salah satu masalah pengeroposan tulang yang menyebabkan kesulitan untuk melakukan gerakan – gerakan. Pada umumnya osteoporosis banyak diderita oleh para orang tua yang sudah lanjut usia. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia 40 tahunan karena pola hidup yang kurang sehat. Jadi ada baiknya ada kesadaran untuk mencegah osteoporosis ini sedari dini.

Artikel terkait :

4. Menghindari kepikunan

Penyakit kepikunan bisa disebakan karena faktor usia yang sudah tua. Kepikunan dapat dihindari untuk datang lebih awal jika dibiasakan untuk mengkonsumsi lauk yang sehat. Salah satu lauk yang sehat bagi kesehatan adalah daging dari ikan betok. Daging dari ikan betok ini dipercaya mampu menghindari kepikunan bagi usia tua.

Artikel terkait :

5. Sirkulasi darah menjadi lancar

Peredaran darah didalam tubuh yang lancar dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Kelancaran peredaran darah dapat terganggu karena beberapa hal seperti komplikasi atau penyakit tertentu. Dan untuk beberapa alasan pengobatan alami untuk membantu melancarkan sirkulasi darah adalah dengan mengonsumsi daging dari ikan betok. Jadi ikan betok ini dapat Anda olah dengan cara digoreng atau digulai sesuai dengan selera Anda. Sehingga mengkonsumsi ikan ini menjadi kesenangan sendiri karena rasanya daging ikan betok ini yang juga lezat dan enak.

Artikel terkait :

6. Mempercepat penyembuhan luka

Jika Anda mengalami terjatuh kemudian terluka maka cara untuk mempercepat penyembuhan luka dari dalam adalah dengan mengkonsumsi daging dari ikan betok ini. Daging ikan betok mempercepat proses trombosit didalam darah untuk membekukan darah. Sehingga darah yang keluar tidak terlalu banyak karena darah yang banyak keluar bisa menyebabkan Anda kehilangan darah terlalu banyak.

Artikel terkait :

7. Anemia

Anemia merupakan salah satu akibat dari berkurangnya kadar hemoglobin didalam sel darah merah. Padahal hemoglobin berfungsi untuk mengikat oksigen didalam darah. Beberapa gejala akibat anemia pada tubuh antara lain mudah lelah, tidak bersemangat dan merasakan rasa pusing di kepala. Meskipun tampaknya sederhana namun penyakit anemia sama sekali tidak boleh disepelekan. Untuk meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah Anda dapat memilih mengkonsumsi ikan betok sebagai pelengkap nasi. Ikan betok mengandung senyawa bernama zat besi yang baik untuk mencegah anemia.

Artikel terkait :

8. Membentuk otot tubuh

Bagi para atlet otot tubuh diperlukan untuk menunjang penampilan dan kesehatan mereka. Bagi semua orang bentuk tubuh yang berotor terlihat sangat laki – laki dan seksi. Hanya bagi wanita bentuk tubuh yang berotor kurang menarik untuk dipandang. Salah satu jenis ikan yang bisa membentuk otot tubuh adalah ikan betok. ikan ini mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh dan pembentukkan otot.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan betok dalam kehidupan sehari – hari bagi kesehatan Anda.

Cara Membersihkan Ikan Betok

Ikan betok memang aman untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan. Namun ada beberapa langkah – langkah yang haru Anda lakukan sebelum mengonsumsi ikan betok ini. Yaitu membersihkan ikan ini terlebih dahulu dari kotoran dan sisik yang melekat pada badannya. Cara pertama yang harus dilakukan antara lain :

  • Ikan betok yang sudah mati dicuci dulu hingga bersih. baru kemudian tidurkan ikan dan buang sisik yang menempel disekujur tubuhnya dan juga sisi yang kaku dibagian atas kepala.
  • Setelah sisi dari ikan betok ini dibuang selanjuntya membelah bagian insang untuk mengeluarkan isis perut dari ikan ini hingga bersih.
  • Jangan lupa untuk berhati – hati memegang bagian dekat dengan insang karena takut akan menyebabkan tangan Anda tertusuk oleh durinya yang tajam.
  • Setelah semua kotoran yang menempel pada ikan dibuang selanjutnya Anda dapat memotong bagian – bagian dari ikan betok ini menjadi beberapa buah sesuai dengan selera.
  • Setelah itu bersihkan kembali daging ikan betok ini.

Kemudian selanjutnya Anda dapat langsung memasak ikan betok ini dengan digoreng ataupun digulai. Dan jika Anda ingin mengolah dengan cara lain banyak terdapat artikel yang bisa dicari di internet untuk dicoba.

, ,
Post Date: Friday 16th, December 2016 / 03:17 Oleh :
Kategori : Daging