Sponsors Link

7 Manfaat Ikan Baronang untuk Kesehatan

Sponsors Link

Ikan baronang termasuk famili siganiade dan banyak berkembang biak di Indonesia. Ikan baronang ini banyak dijumpai dikepulauan seribu dengan nama yang lain. Ikan baronang ini memiliki ciri – ciri dengan panjang tubuh sekitar 20 sentimeter. Mulut dari ikan baronang ini berukuran kecil dan rahang yang kecil beserta gigi – giginya. Dipunggung ikan itu terdapat duri yang mengandung racun pada ujungnya. Untuk itu harap berhati – hati jika ingin menangkap ikan ini agar menghindari durinya. Karena duri dipunggung ikan ini memang tidak mematikan namun dapat membuat anda terluka dan jatuh sakit. Meskipun duri ikan baronang mengandung racun namun ikan ini aman untuk dikonsumsi sehari – hari. Ikan baronang ini sebagian besar hidup dipantai yang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan yang hidup diair. Ini karena ikan baronang hidup dengan memakan tumbuhan air agar dapat bertahan hidup. Selain itu ikan baronang ini juga banyak dijumpai di tumbuhan bakau dan mencari makan disekitarnya.

ads

Artikel terkait :

Kandungan didalam ikan baronang

Ikan baronang yang baik untuk di konsumsi ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk bidang kesehatan. Berikut ini kandungan yang terdapat pada daging ikan baronang yaitu :

  • Protein yang bermanfaat untuk membantu menutrisi otot dalam tubuh dan meregenerasi sel – sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. ( Baca juga : Manfaat protein )
  • Lemak yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh dengan jumlah takaran 0.93 %. ( Baca juga : Manfaat lemak )
  • Karbohidrat didalam ikan baronang berjumlah 4,33 % sebagai sumber energi bagi tubuh. ( Baca juga : Manfaat karbohidrat )
  • Vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. ( Baca juga : Manfaat vitamin a bagi kesehatan )
  • Vitamin B12 untuk menutrisi tubuh dari dalam. ( Baca juga : Manfaat vitamin b12)

Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam ikan baronang. Oleh sebab itu banyak yang mempercayai ikan baronang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secukupnya. Berikut ini ulasan mengenai manfaat dari ikan baronang bagi kesehatan :

1.Mencegah diabetes

Ikan baronang memiliki fungsi untuk mencegah diabetes secara alami. Caranya juga cukup mudah tinggal mengonsumsi daging dari ikan baronang yang telah dimasak. Cara untuk mengolah daging dari ikan baronang ini bisa sesuai dengan selera baik digoreng dan digulai. Diabetes merupakan salah satu masalah akibat kurang bekerjanya hormon insulin didalam tubuh sehingga kadar gula didalam tubuh menjadi naik.

Artikel terkait :

2. Menyehatkan mata

Daging dalam ikan baronang memiliki kandungan vitamin a. Sebagaimana kita ketahui vitamin a bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata yang sehat terhindari dari rabuh jauh dan rabun dekat. Beberapa sayuran seperti rimbang dan wortel juga baik untuk menyehatkan mata karena rimbang dan wortel megandung vitamin a didalamnya.

Artikel terkait :

3. Baik untuk ibu hamil

Bagi para ibu hamil manfaat ikan baronang ini juga baik untuk janin didalam perut ibu. Ini karena didalam daging ikan baronang mengandung senyawa asam amino. Asam amino pada saat janin didalm kandungan bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu asam amino juga membantu perkembangan otak janin. Bayi yang tercukupi kebutuhan asam folat didalam kandungannya menjadi bayi riang dan cerdas. Karena memang tumbuh kemabng bayi yang perlu diperhatikan tidak hanya saat bayi lahir namun juga kehidupan selama didalam kandungan ibunya. Cenderung apa yang dirasakan oleh sang ibu juga turut dirasakan oleh anaknya selama didalam kandungan. Meskipun kehidupan janin didalam kandungan hanya selama sembilan bulan. Yuk konsumsi ikan baronang untuk anak yang lebih sehat.

Artikel terkait :

ads

4. Mengatasi depresi

Manfaat selanjutnya dari ikan baronang ini adalah untuk mengatasi depresi yang dialami seseorang. Biasanya depresi berkaitan erat dengan kondisi jiwa. Orang yang depresi cenderung untuk menjauhi keramaian dan cenderung menutup diri, mudah menangis dan marah. Penyebab depersi bisa bermacam – mcam mulai dari merasa telah terkhianati oleh cinta, kemudian dipecat dari jabatan dan tidak lulus tes untuk mendapatkan beasiswa yang sudah lama diimpikan. Depresi yang dibiarkan dalam waktu lama bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan. Untuk mengobati depresi banyak cara yang dilakukan selai membawa kepsikiater. Depresi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daging ikan baronang ini. Daging ikan baronang ini dipercaya mampu emmulihkan depresi yang dirasakan dan menormalkan kembali perasaan. Sehingga orang yang menderita depresi sebelumnya dapat kembali tertawa dan bergabung dengan kelompok yang sudah lama ditinggalkannya.

Artikel terkait :

5. Kanker

Kanker didalam tubuh terjadi karena pertumbuhan abnormal sel – sel didalam tubuh. Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua terbanyak sesudah penyakit jantung. Penderita kanker mengetahui bahwa penyebab kanker didalam tubuh lebih disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat sama sekali. Perlu diketahui bahwa kesehatan lebih berharga daripada uang. Dengan kesehatan yang dijaga dari usia dini maka bisa menjamin kesehatan yang baik untuk usia tua nanti. Dan kabar baik dari manfaat mengkonsumsi ikan baronang adalah terhindari dari kanker yang bisa kapan saja menggerogoti tubuh Anda.

Artikel terkait :

6. Asma

Asma ditandai dengan kesulitan untuk bernafas bagi penderitanya. Biasanya asma ini terjadi pada usia balita sehingga para orangtua sering waspada begitu anaknya yang menderita asma mulai beranjak dewasa. Sampai saat ini asma memang bisa disembuhkan hanya tidak total. Mungkin penyakit asma bisa berhenti dalam rentang waktu tertentu namun kadang bisa kambuh kembali karena beberapa faktor. Asma dapat diatasi dengan bahan alami dan konsumsi daging dair ikan baronang. Untuk penderita asma konsumsi ikan ini dapat dimasak dulu dengan berbagai menu yang menyajikan cara mengolah ikan baronang dengan rasa yang lezat.

Artikel terkait :

7. Sebagai ikan hias

Selain untuk dikonsumsi banyak juga para pemancing yang menangkap ikan baronang justru untuk dikembang biakkan. karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang indah ikan ini banyak dijadikan sebagia ikan hias. Dijual dan dapat menghasilkan uang. Sebagai ikan hias ikan baronang ini ditempatkan didalam akuarium. Kemudian diberi makanan berupa tumbuhan air karena ikan ini suka sekali memakan tumbuhan air sebagai sumber kehidupannya. ( Baca juga : manfaat ikan hias )

Nah itulah beberapa manfaat dibidang kesehatan yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi ikan baronang sebagi lauk pelengkap makan nasi disiang hari.

Cara Memilih Ikan yang Sehat

Jika Anda kepasar dan berencana membeli ikan baronang maka langkah pertama untuk memilih ikan yang benar adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah daging ikan baronang yang memiliki warna kulit terang dan cerah sehingga daging terlihat lebih fresh dan segar.
  • Bila menekan daging ikan akan terasa kenyal.
  • Untuk memperhatikan mata ikan baronang yang masih segar cenderung keluar  dan cembung kelihatannya.
  • Insang ikan yang masih segar juga terlihat berwarna merah dan siripnya kuat.

Setelah memilih ikan untuk dimasak maka langkah selanjutnya adalah untuk menyimpan ikan baronang jika Anda tidak memasak semuanya sekaligus. Untuk menyimpan ikan yang baik cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut :

  • Kebanyakan para ibu rumah tangga menyimpan ikan didalam kulkas. Penyimpanan ikan didalam kulkas memang baik karena membuat ikan awet. Namun penyimpanan yang melebihi dari enam bulan sudah tidak dianjurkan lagi. Jadi sebaiknya segera dimasak saja jika sudah mendekati lima bulan.
  • Jika ikan yang didalam kulkas didinginkan maka langkah selanjutnya untuk mencairkan ikan yang sudah beku cukup diletakkan diluar kulkas.
  • Ika baronang yang sudah pernah didinginkan maka sebaiknya jangan didinginkan lagi didalam kulkas. Baiknya sesudah dikeluarkan didalam kulkas segera dimasak saja.

Itulah beberapa langkah untuk menyimpanan ikan yang baik agar nutrisi didalam ikan tetap terjaga dan bermanfaat bagi kesehatan kita tentunya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 14th, December 2016 / 07:30 Oleh :
Kategori : Daging