17 Manfaat Ikan Barakuda Untuk Kesehatan Tubuh

Barakuda (Sphyraena) adalah jenis ikan dengan ukuran panjangnya dapat mencapai enam kaki dengan lebar satu kaki. Ikan ini dikenal karena tubuhnya yang besar dan wujud yang menyeramkan. Seluruh tubuhnya ditutupi oleh sisik halus. Ikan ini dapat ditemui di daerah selat, semenanjung, atau teluk- teluk pantai. Ikan barakuda tersebar di seluruh wilayah perairan tropis dan subtropis. Sampai saat ini, sudah ditemukan 26 spesies barakuda yang hidup di dunia ini. Ikan Barakuda yang masih berumur muda akan membentuk koloni sebagai bentuk perlindungan diri untuk bertahan di lautan. Sedangkan ikan dewasa akan hidup soliter dan hidup sebagai predator di lautan lepas.

artikel terkait:

Dibalik bentuknya yang menyeramkan, ikan Barakuda ternyata mulai populer di kalangan masyarakat. Berbagai sajian kuliner dari ikan barakuda mulai bermunculan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ikan barakuda memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia? Berikut ulasannya:

  1. Mengandung Vitamin B2

Vitamin B2 tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Asupan vitamin B2 dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suatu makanan dengan kandungan vitamin tersebut. Asupan vitamin ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan barakuda. Vitamin B2 berperan dalam menjaga sistem syaraf agar berjalan normal.

artikel terkait: manfaat apel fuji

  1. Membantu Memperlancar Metabolisme

Konsumsi ikan barakuda dapat memperlancar metabolisme. Kandungan gizi di dalam ikan akan memenuhi kebutuhan metabolisme seseorang.

  1. Mengobati Anxiety Disorder

Kandungan yang terdapat di dalam manfaat ikan Barakuda diketahui dapat mengobati penyakit psikis jenis anxiety disorder. Anxiety disorder adalah gangguan kecemasan yang dialami seseorang. Gangguan kecemasan ini dapat memberikan efek psikosomatis seperti letih, nyeri di seluruh tubuh, sesak nafas, pusing, gangguan penglihatan, dan jantung berdebar- debar.

artikel terkait: manfaat jambu dersono

  1. Mendorong Pembentukan Hemoglobin

Ikan Barakuda diketahui mengandung pyridoxine. Pyridoxine merupakan katalisator Hemoglobin. Kandungan pyridoxine ini dapat berperan untuk mendorong pembentukan hemoglobin.

  1. Menyembuhkan Radang Kulit

Ikan barakuda dapat bekerja sebagai anti inflamasi pada peradangan kulit. Peradangan kulit bisa terjadi akibat bakteri, virus, atau alergi makanan. Konsumsi obat- obatan yang digunakan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan tidak baik apabila dkonsumsi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sangat baik apabila mengkonsumsi makanan yang di didalamnya mengandung anti inflamasi dan anti peradangan. Konsumsi ikan barakuda dapat digunakan sebagai pilihannya.

artikel terkait: manfaat mangga madu

  1. Meningkatkan Vitalitas Pria

Berbagai warung makanan yang menyediakan menu ikan Barakuda biasanya ramai dikunjungi oleh pembeli. Salah satu alasannya adalah karena mereka percaya bahwa konsumsi ikan Barakuda ini dapat vitalitas pria. Hal ini sangat unik karena meskipun bentukan ikan Barakuda ini sedikit menyeramkan dengan gigi- gigi yang tajam tetapi penikmatnya tetap memburu ikan ini untuk dikonsumsi.

  1. Baik Bagi Penderita Diabetes

Penyakit yang sering menyerang biasanya adalah diabetes. Diabetes ini bisa diturunkan dan juga dapat berakibat fatal apabila pola hidup sehatnya tidak dijaga. Beberapa orang percaya bahwa konsumsi ikan Barakuda baik bagi penderita diabetes meskipun sampai saat ini belum ada data penelitian yang menunjukkan hal tersebut.

 artikel terkait: manfaat ikan nila hitam


  1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa dicegah dengan konsumsi lemak ikan HDL. Hal ini disebabkan karena jenis lemak ini dapat membersihkan pembuluh jantung. Sebagaimana kita tahu jantung merupakan penyakit yang dapat berakibat fatal dan serangannya pun dapat terjadi secara mendadak. Konsumsi ikan Barakuda dapat digunakan sebagai sumber lemak ikan HDL. Ikan ini mengandung lemak jenuh yang rendah dan omega 3 yang tinggi . kandungan ini dapat melindungi resiko terjadinya penyakit jantung dan menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, konsumsi ikan Barakuda sangat baik bagi penderita jantung. Salah satu penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengkonsumsi sejumlah porsi jenis ikan dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung sampai setengahnya.

  1. Baik untuk Pembuluh Darah

Konsumsi ikan Barakuda dapat melancarkan sirkulasi darah dan resiko pada trombosit manusia. Kandungan EPA, DHA, dan Omega 3 dalam ikan dapat membantu tubuh kita memproduksi eikosanoid, yaitu suatu zat mirip hormon yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dan pemengkakan.

artikel terkait: manfaat muncang

  1. Baik Bagi Kesehatan Mata

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam-asam lemak omega 3 pada ikan dapat mencegah terjadinya degenerasi kemampuan penglihatan yang sering terjadi pada manusia. Degenerasi kemampuan melihat pada manusia biasanya terjadi seiring dengan terjadinya pertambahan usia. Hal ini disebut sebagai age-related maculardegeneration (AMD). Kondisi ini dapat mengakibatkan degenerasi pada retina dan kemampuan melihat menjadi buram. Manfaat ikan Barakuda juga mengandung retinol yang dapat meningkatkan kemampuan melihat pada malam hari. Retinol adalah bentuk lain dari vitamin A.

  1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Konsumsi ikan Barakuda dapat membantu melindungi kesehatan paru-paru. Konsumsi ikan ini dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit asma pada anak- anak. Konsumsi ikan Barakuda dalam jumlah banyak juga dapat paru- paru menjadi lebih kuat dan lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi ikan ini.

artikel terkait: manfaat semangka kuning

  1. Mencegah Depresi

Ikan Barakuda termasuk dalam golongan seafood. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jenis seafood dapat membantu menurunkan kemungkinan depresi pada manusia. Depresi dapat disebabkan karena kurangnya asupan omega 3. Konsumsi seafood juga dapat mencegah terjadinya Seasonal Affective Disorder (SAD) dan post natal depresi.

  1. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Kandungan Omega 3 yang tinggi pada ikan Barakuda dapat membantu melindungi kulit dari bahaya UV. Konsumsi ikan ini dalam jumlah banyak juga dapat membantu meringankann gejala eksim dan psoriasis. Ikan Barakuda juga dapat berperan sebagai sumber protein. Protein merupakan komponen utama dari kolagen, yaitu suatu zat yang membantu kulit Anda menjadi lebih kencang dan lentur.

artikel terkait: manfaat bunga mawar merah

  1. Membantu Melindungi Terjadinya Peradangan Usus

Berbagai bukti menunjukkan bahwa minyak ikan dapat melindungi terjadinya penyakit inflamasi pada usus (BD). Gejala ini juga termasuk sebagai Crohn’s disease dan kolitis ulserativa. Bukti lain juga menunjukkan bahwa kandungan omega 3 pada ikan dapat membantu memperlambat perkembangan inflamasi usus bagi beberapa penderita.

  1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Kandungan DHA dan lemak omega 3 pada ikan Barakuda diketahui dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak-anak, membantu meningkatkan kemampuan membaca, dan mengurangi resiko terjadinya Attention Deficit Hypercity Disorder (ADHD). Hal ini disebabkan karena otak manusia terdiri dari 60% lemak.

artikel terkait: manfaat air embun

  1. Meredakan Gejala Rheumatoid Arthritis

Mengkonsumsi sejumlah ikan Barakuda secara seimbang dapat meredakan pembengkakan pada tulang sendi. Gejala ini disebut sebagai Rheumatoid Arthritis . Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan lemak Omega 3 dapat membantu mencegah terjadinya osteoartritis.

  1. Mengandung Nutrien Penting bagi Tubuh

Selain manfaat- manfaat di atas, ikan Barakuda juga mengandung sejumlah nutrien penting yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrien di dalmnya adalah yodium, selenium, seng, dan potasium. Yodium sangat baik bagi kesehatan kelenjar tiroid. Selenium dapat membantu melindungi kita dari kanker. Ikan Barakuda juga termasuk sumber vitamin A dan D.

artikel terkait: manfaat buah matoa

Demikian ulasan mengenai ikan Barakuda yang dapat penulis sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Konsumsi ikan Barakuda baik bagi kesehatan manusia. Di sisi lain, kelestarian ikan ini harus tetap dijaga dengan tidak menggunakan zat- zat berbahaya untuk menangkap ikan karena di beberapa perairan luar negeri jenis ikan ini telah dinyatakan punah. Jangan lupa juga konsultasikan dengan dokter Anda apabila ingin mengkonsumsi ikan Barakuda sebagai alternatif pencegahan terhadap suatu penyakit. Hidup sehat dimulai dari jenis makanan yang Anda konsumsi.

, ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 23:17 Oleh :
Kategori : Makanan