12 Manfaat Ikan Asin Bagi Kesehatan

manfaat ikan asinMungkin banyak dari kita yang meremehkan salah jenis makanan olahan ikan khas Indonesia ini. Ikan asin memang terkadang dipandang sebelah mata, karena kesannya hanya sebagai makanan lauk pauk untuk kalangan miskin. Tapi siapa sangka, ada juga beberapa jenis ikan asin yang ternyata harganya tidak bersahabat dengan kalangan bawah, alias cukup mahal harganya.

Salah satu hal yang membuat ikan asin populer, selain harganya yang relatif lebih murah dan terjangkau adalah rasa khasnya yang unik dan dapat dijadikan lauk ataupun campuran sayuran seperti pada manfaat sayur asem.

Bahan Pembuatan Ikan Asin

Ikan asin sendiri merupakan bentuk olahan dari ikan, baik itu manfaat ikan laut atau ikan air tawar. Ikan-ikan ini diproses dengan cara diasinkan, kemudian dijemur selama beberapa hari dengan tujuan mengawetkan ikan tersebut. Tak heran, ikan asin mampu bertahan jauh lebih lama dibandingkan ikan segar yang hanya bertahan 3 – 4 hari saja pada udara terbuka atau suhu ruangan.

Ada banyak jenis ikan yang sengaja diasinkan untuk dijual dan dijadikan lauk. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang umum dan populer diolah sebagai ikan asin :

  1. Manfaat ikan teri
  2. Manfaat cumi-cumi
  3. Manfaat ikan gabus
  4. Manfaat Ikan tongkol
  5. Ikan cuek
  6. Ikan layang
  7. Ikan pari

Segala sesuatu yang ada di dunia ini tentu saja memiliki manfaat, tak terkecuali ikan asin. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikan asin :

1. Sebagai lauk-pauk

Manfaat ikan asin dapat dikonsumsi sebagai lauk-pauk yang disandingkan dengan manfaat nasi putih dan sambal, sesuai selera. Hal ini merupakan salah satu cara mengkonsumsi ikan asin yang umum. Selain itu, ikan asin juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran dari berbagai macam masakan yang tentunya akan sangat menambah cita rasa dari masakan tersebut.

2. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Ikan asin memiliki kandungan manfaat kalsium dan fosfor yang tergolong tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki kandungan fosfor sebanyak 300 mg dan kandungan kalsium sebanyak 200 mg. fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita dan memiliki manfaat lain yaitu :

  • Menambah tinggi badan pada masa pertumbuhan
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah kelainan pada tulang
  • Memperkuat struktur tulang

3. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Namun mungkin hal ini tidak berlaku apabila anda mengalami hemofilia. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari manfaat zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gr ikan asin.

4. Mencegah terjadinya anemia

Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan gejala kekurangan darah. Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam meproduksi sel darah dan dapat mencegah anemia. Berikut ini adalah beberapa gejala dari anemia :

  • Mudah merasa lelah
  • Muncul gejala 5L ( Letih, lemah, lesu, lemas, lunglai )
  • Sering merasakan pusing dan sakit kepala
  • Sering tidak fokus dalam melakukan aktivitas
  • Memiliki resiko tinggi terserang beberapa penyakit

5. Menjaga daya tahan tubuh

Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Apabila daya tahan tubuh anda bagus, maka anda akan tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

Sistem imun tubuh juga bisa dijaga dengan :

6. Membantu pembentukan otot

Manfaat ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gr protein per 100 gr nya. Protein ini akan sangat bermanfaat untuk membentuk otot dan menambah masa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program pembentukan otot. Namun demikian kandungan manfaat garam yang tinggi pada ikan asin membuat anda tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya.

7. Sumber energi bagi tubuh

100 gr ikan asin kering dapat memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Hal ini dapat membantu mencukupi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Terutama bila dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.

8. Dapat mencegah penyakit jantung

Ikan asin ternyata memiliki kandungan manfaat omega 3 yang cukup tinggi. Selain itu, manfaat ikan asin juga memiliki kandungan kolesterol baik yang tinggi. Karena itu ikan asin sangatlah baik untuk mencegah penyakit jantung dan beberapa gangguan jantung. Begitu pula dengan kolestrol, karena omega 3 pada ikan asin dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh.

9. Menjaga kesehatan kulit

Ikan asin memiliki banyak kandungan mineral yang sangat baik bagi kesehtan kulit. Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan dari ikan asin yang baik bagi kesehatan kulit anda yaitu manfaat vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak essensial.

10. Mengurangi faktor resiko dari kanker kulit

Vitamin E yang terkandung pada manfaat ikan asin dapat melindungi anda dari paparan sinar ultraviolet. Dan dapat mengurangi, bahkan mencegah terjadinya kanker kulit, yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

10. Dapat menjaga kesehatan mata

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vtamin juga sangat baik bagi ketahanan dan imunitas tubuh anda. Manfaat vitamin A ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata anda, seperti :

  • Mencegah terjadinya katarak
  • Mencegah mata minus dan plus
  • Mencegah degeredasi makula

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ikan asin juga memiliki manfaat lain, yaitu :

11. Sebagai penggerak roda ekonomi

Ikan asin merupakan salah satu komoditi yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Ikan asin yang banyak dijual di pasar-pasar, baik tradisional maupun modern merupakan salah satu penggerak roda ekonomi masyarakat. Hal ini sama seperti manfaat hutan lindung yang menghasilkan barang bernilai ekonomi seperti kayu dan rotan.

12. Sebagai pakan ternak dan hewan peliharaan

Ikan asin terkadang sering dimanfaatkan sebagai salah satu pakan ternak dan hewan peliharaan. Contohnya adalah kucing. Manfaat memelihara kucing memang menyenangkan, namun memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kucing seringkali diberi makanan berupa ikan asin dan nasi, hal ini dilakukan untuk menekan biaya makanan khusus kucing yang harganya jauh lebih tinggi.

, ,
Post Date: Monday 27th, April 2015 / 10:12 Oleh :
Kategori : Daging