Sponsors Link

34 Manfaat Hidroponik Bagi Petani Lingkungan dan Masyarakat

Sponsors Link

Teknik Hidroponik adalah budidaya tanaman khusus tanpa membutuhkan media tanah yang jika diperluas artinya adalah sebagai teknik menanm dan memperbanyak dengan menggunakan air tanpa sedikitpun tanah dimana cara tersebut hanya mengandalkan pasokan oksigen dan nutrisi yang mencukupi untuk tanaman yang akan dibudidayakan.

ads

Manfaat menggunakan hidroponik untuk memperbanyak tanaman tertentu yang kita inginkan memang lebih efesien dalam segi waktu, tangan lebih bersih dan praktis karena tidak memerlukan media tanah , namun cenderung membutuhkan kreatifitas, ide ide unik dalam hal penerapan dan pengadaan peralatan pendukung lain seperti benda benda yang nantinya digunakan  sebagai media penanaman.

Inilah Tanaman yang cocok untuk hidroponik

1 .Jenis sayuran /bumbu dapur :

  1. Tumbuhan cabai dari semua jenis cabai seperti rawit, cabe keriting dan sebagainya
  2. tumbuhan paprika yang termasuk paprika merah dan hijau
  3. Daun selada termasuk selada air yang paling mudah berkembang dengan cepat
  4. terong yang terdiri dari terung ungu dan terung sayur (hijau)
  5. bayam yang termasuk bayaam hijau dan merah yang cepat tumbuh subur dengan teknik aeroponic
  6. bak choy adalah jenis sawi sawian yang mempunyai daun lebih lebar , berkarakter dan lebih hijau
  7. sawi putih yang dapat membesar dan subur seperti bak choy
  8. brokoli termasuk tanaman yang mudah subur dan mempunyai zat klorofil yang baik bagi kesehatan
  9. kangkung termasuk kangkung kampung atau kangkug yang sering  hidup pada permukaan tanah sawah.
  10. Bawang putih dan merah yang bisa dilakukan denagn penggabungan ketika ditnam.

2. Jenis buah

  1. Melon termasuk melon daging kuning dan daging merah
  2. Mentimun  termasuk mentimun lokal dan jenis mentimin jepang
  3. Tomat termsuk tomat mayur yang kecil kecil ataupun tomat buah yang berukuran besar
  4. Strawberry dapat berbuah lebih cepat dan banyak dengan teknik hidroponic ebb & flow
  5. Mangga adalah jenis tanaman yang tidak mudah berkembang dan berbuah, maka cocok untuk dijadikan tanaman hidroponik

3. Jenis tanaman herbal

  1. Lidah buaya
  2. Cocor bebek
  3. Daun mint
  4. tanaman ketumbar
  5. jenis tumbuhan basil

4. Jenis tanaman hias

  1. Tanaman kaktus
  2. Suplir /adiantum
  3. Bunga anggrek
  4. Bunga mawar
  5. Tanaman keladi bintang merah

Beberapa media benda sederhana yang bisa dijadikan tempat budidaya tanaman

hidroponik

  1. Botol plastik yang dibawahnya bisa dilubangi untuk diberi sumbu
  2. Baskom plastik yang dapat dilubangi bawahnya
  3. Gelas gelas palstik yang dapat dilubangi sisi atau bawahnya
  4. paralon untuk dijadikan tabung
  5. Pot kecil plastik

Tahukah anda bahwa teknik penanaman dengan cara hidroponik dipelopori, ditemukan lalu dipopulerkan pertama kali oleh seorang genius yang notabenya adalah seorang ilmuwan pertanian bernama W.A Setchel beserta rekannya W.F Gericke , keduanya berasal dari universitas California -Amerika serikat.

Menggunakan teknik hidroponik ada beberapa cara yang bisa menjadi baham acuan untuk dipahami dan dipelajari lalu dijadikan pilihan untuk budidaya tanaman yang di inginkan.

1 .Hidroponik teknik Drip

Teknik drip adalah mengandalkan cara dengan meneteskan cairan yang mengandung nutrisi dan oksigen kearah akar akar tanaman atau langsung pada bakal buahnya. cara ini menggunkan timer kontrolpompa dan pompa tersebut yang akan bekerja meneteskan nutrisi pada tanaman.

2. Hidroponik teknik Aeroponic

Teknik aeroponic adalah teknik menanam dengan memberikan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tanaman langsung kepusat akarnya , kondisi ini mempermudah akar menerima dan menyerap nutrisi dengann cepat.

3. Hidroponik teknik Water Culture

Teknik ini adalah membiarkan akar tanaman masuk didalam sebuah tempat yang berisikan sedikit air yang didalamnya banyak mengndung nutrisi dan banyak oksigen agar kesuburan akar tanaman selalu dapat bertambah lebih baik dan stabil. tanaman dibuat setengah mengapung dipermukaan air yang sebelumnya telah di ikatakan diatas rakit. cara ini membuat akar tanaman tidak akan pernah kekurangan nutrisi maupun oksigen ataupun mineral.

Sponsors Link

4. Hidroponik teknik Wick

Tenik ini adalah yang paling sederhana daan mudah untuk dilakukan karena menggunakan wadah yang dibawahnya dibatkan lubang lubang yang dapat diisikan sumbu sumbu yang nantinya digunakan sebagai sarana akar agar dapat menyerap nutrisi yang ada di bawaahnya yaaitu berupa air yang berisikan mineral dan oksigen.

5. Hidroponik teknik Ebb dan Flow

Teknik menanam tanaman didalam sebuah pot atau wadah yang didalamnya terdapat banyak mineral, nutrisi dan olksigen yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan  yaitu dengan cara nutrisi tersebut dikembalikan lagi kedalam saluran penampungan lalu diedarkan kembali pada akar tanaman dan terus menerus berkelank]jutan seperti intu secara teratur dan konsisten sehingga tanaman tidak akan kekurangan nutrisi.

6. Hidroponik teknik Nutrient Film Technique

Teknik ini adalah menempatkan tanaman dalam pot plastik /wadah/ tabung yang dibuat menggantung dalam cairan nutrisi. tanaman ini sangat cocok untuk budiadaya tumbuhan sayuran selada.

Keuntungan teknik hidroponik dapat menjadi pertimbangan bagi orang orang yang ingin membudidayakan tumbuhan yang disukainya .

Inilah alasan mengapa harus memakai cara hidroponik.

  1. Menanam tanpa menggunakan media tanah sedikitpun
  2. Tidak membutuhkan lahan yang terlalu besar dan luas
  3. Tanaman akan selalu tercukupi nutrisinya
  4. Tanaman lebih cepat subur dan tumbuh besar
  5. Akar tidak kekurangan oksigen dan mineral
  6. Kualitas tanaman jauh lebih baik
  7. Pemakaian air tidak terlalu banyak
  8. Bisa dilakukan dipekarangan rumah
  9. Tanaman tidak perlu di stek dan dicangkok
  10. Membasmi penyakit tanaman relatif lebih mudah
  11. Bebas hama dan reltif aman dari serangan serangga atau ulat
  12. Tanaman lebih mudah untuk dilihat perkembangannya
  13. Tidak perlu menyirami tanaman setiap hari
  14. Tanaman tumbuh tidak dipengaruhi musim hujan ataupun kemarau
  15. Tidak memerlukan insektisida atau pembasmi hama yang berlebihan
  16. Tidak terlalu memerlukan paparan sinar mataahari langsung
  17. Dapat menggunakan pot plastik, boto yang dibelah, wadah baskom atau tabung sesuai selera
  18. Kondisi daun dan buah lebih segar dan tanpa bercak bercak
  19. Tanaman cepat besar dan siap dipanen tanpa harus menunggu berbulan bulan
  20. Kondisi tempat/lingkungan dan ruangan relatif bersih karena tidak ada partikel tanah yang berserakan

Manfaat hidroponik lebih cepat terasa karena tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama  untuk panen, misalnya selada yang cepat tumbuh subur dan besar dalam waktu 2 minggu saja.

Manfaat hidroponik dipekarangan rumah

ads
  • Cara hidroponik sangat menguntungkan jika diterapkan dipekarangan belakang ataupun depan rumah yang nantinya disesuikan dengan jenis tanaman yang ingin dibudidayakan.
  • Tanaman hidroponik jenis sayuran dapat dijadikan sebagai tanaman untuk pemenuhan kebutuhan sehari hari tanpa harus sering pergi kepasar atau supermarket yang memiliki jarak yang tidak dekat.
  • Jika telah bosan dengan jenis tanaman tertentu maka pemakaian cara hidroponik dapat langsung digantikan dengan jenis tanaman lain dan akan menghasilkan panen yang sama baiknya dari tanaman sebelumnya.
  • Posisi dan penataan tanaman hidroponik dapat disesuaikan sesuai selera sehingga dapat tetap bisa memperindah perkarangan rumah dan tidak mengganggu lingkungan disekitarnya, karean hidroponik bebas polusi, bebas tanah dan mudah ditata.
  • Tanaman hidroponik dapat ditinggal pemilikinya dalam waktu yang cukup panjang misalnya satu minggu, tanpa harus khawatir tanaman tersebut akan kekurangan air atau nutrisi.
  • Tanaman hidroponik dapat diletakan didalam pekarangan rumah yang memiliki atap genting atau penadah huja dan panas dalam bentuk apapun, karena teknik hidroponik tidak terlalu mengandalkan matahari atau semburan air hujan.
  • Tanaman yang diproses dengan teknik hidroponik cenderung tidak mempunyai hama atau penyakit yang membuat pertumbuhannya terganggu. jangan khawatir kareaan hidroponik adalah cara yanag dijauhi oleh serangan bakteri, jamiur, serangga, ulat, tikus ataupun hewan lain . hal ini disebabkan  tanaman tidak tumbuh dengan media tanah.

Praktek budidaya tanaman dengn cara hiroponik

  1. Mencari dn menyiapkan bibit unggul dari tanaman yang diinginkan
  2. Mengartur media tanaman yang akan digunakan menurut selera misalnyaa dengn serabut kelapa, batu apung, sumbu, kerikil, pot plastik, botol plastik, gelas plastik dan lain lain.
  3. Membuat nutrisi untuk makanan tanaman yng biasanya dapaat dibeli padaa toko toko khusus yang menjual vitamin, pupuk atau penyubur tanaman.
  4. Merawat dan memelihara tanaman hidroponik dari serangan hama atau penyakit, mengawasi perkembangan pertumbuhannya, konsisten membuat nutrisi yang lebih baik ketika nutisinya mulai habis dan lain lain
  5. Agar tanaman mempunyai kualitas terbaik sebaiknya hindari penggunaan pestisida.

Apa saja yang termasuk nutrisi untuk tanaman hidroponik?

nutrisi yang akan diberikan pada tanmana harus disesuaikan takaran agar tanaaman bisa ti=umbuh dengan sehat dengan panen yaang baik.

1 .Nutrisi unsur Makro

Dimana akan diberikan pada tanaman yang dibudidayakan dalam jumlah yang luas dan besar. maka nutrisi yang harus diberikan meliputi Zat potassium, zaat phosfor, sulfur, zaat natrium dan Oksigen.

2. Nutrisi unsur Mikro

Dimana akan diberikan pada tanaman yang dibudidayakan dlam jumlah kecil atau terbatas. nutrisi yang akn digunakan seperti kalsium, Oksigen, magnesium, seng, Molibdenum, tembaga, zat besi dan mangan.

Gejala tanaman sedang terganggu kesehatanya

Tanaman hidroponik jarang yang terserang penyakit atau hewan serangga bahkan bisa dikatakan saangat ana dari serangan penyakit , hal itu karena tanaman tersebut tidak memakai media tanah daan berada pada kondisi ruangan yaang lebih asri dan bersih. namun adakalnya kondisi udara tertentu memungkinkan partikel penyakit dari tanaman lain terbawa dan hinggp pada tanaman yang lain pula.

Inilah gejala awaal yang harus kirta ketahui agar tanaman dapat secepatnya mendapatkan perawatan

  • Daun menguning dan keriput

Daun yang menguning dan keriput adalah gejala awal bahwa tanaman telah terserang penyakit yang belum diketahui penyebabnya

  • Daun dan batang layu atau kering sekali

Daun dan batang yang terlihat puscat dan mengering adalah gejala jika tanaman tidak mendapatkan nutrisi secara merata selam beberapa hari hal ini akibat adanya serangan jamur dan penyakit tanaman yang telah masuk pada jaringan batang.

  • Bunga bakal buah banyak yang rontok

Bung bakal buah banyak yang rontok menandakaan bahwa telah terjadi kegagalan bunga yang akan muncul menjadi buah, hal ini akibat tanaman telah terinfeksi penyakit yang menyebabkan penurunan kualitas buahnya.

  • Pertumbuhan tidak mendapat peningkatan setelah 2 minggu

Tanaman akan mengalami kekwrdilan dan tidak menjadi besar atau melebar setelah 2 minggu perawatan. air yang berisi nutrisi lengkappun tidak mengalami pengureangaan melainkan tetap pada jumlah yang semula dan berwarna cenderung lebih keruh.

  • Akar mengering dan mudah rontok

Akar akan mengering dan mudah terpisaah dari bonggolnya ketika nutrisi benar benar tidak terserap, hal ini menandakan tanam telah dikendalina oleh parasit, bakteri atau penyakit tanamna yang telah masuk padaa jaringan tubuh tanaman.

Tentang reputasi manfaat hidroponik

  • budidaya hidroponik memang banyak digunakan para petani karena mengungat teknik ini menjanjikan panen yang cepat dan kualitas panen yang lebih baik, namun penanaman cara hidroponik membutuhkan dukungan lain misalnya pengadaan bibit unggulnya serta pernak pernik  pengganti tanah misalnya batu apung, serat kelapa khusus, busa khusus, pupuk serta nutrisi lain untuk makanan alternatif tanaman dan lan lain.
  • Namun bagaimanapun juga teknik hidroponik lebih menguntungkan dari segi waktu dan tenaga karena lebih mudah untuk diaplikasikan (dipraktekkan) dipekarangan rumah, dikebun , ditrotoar jalan, didepan toko toko untuk penghias dan lain lain. keberadaan teknik hidroponik dinilai lebih efesien, panen cepat dan mudah digantikan dengan tanaman lain dengan hasil yang sama.

Pemahaman dan pembelajaran vcara bercocok taman dengan metode hidroponik dapat disebarliuaskan dan dipraktekan dilembaga pendidikan , agar mereka dapat mengembangkan ide bercocok tanam kejenjang yang lebih baik. hal ini dapat menumbuhkan rasa cinta anak anak terhadap penghijauan dan lebih peka dalam pemanfaatan lahan yang terbatas tapi tetap bisa menguntungkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, February 2017 / 09:41 Oleh :
Kategori : Tumbuhan