Sponsors Link

14 Manfaat Handuk Hangat Bagi Tubuh

Sponsors Link

Pastinya setiap orang sering menggunakan handuk, setidaknya untuk mandi. Selain untuk mandi, handuk juga banyak digunakan untuk kegiatan lain yang berkaitan dengan tubuh yang basah. Karena sifanya yang menyerap air dan dapat mengeringkan tubuh. Handuk memang lebih identik dengan handuk kering untuk mengeringkan sesuatu yang basah. Namun, bagaimana dengan handuk hangat? Tentu saja handuk hangat bukan untuk mengeringkan sesuatu yang basah. Karena handuk hangat sendiri merupakan handuk yang telah dicelupkan pada air panas maupun air hangat.

ads

artikel terkait:

Manfaat Handuk Hangat

Handuk hangat memang sedikit terdengan sepele, namun sebenarnya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan handuk hangat diantaranya:

  1. Mengembalikan Kondisi Tubuh Tetap Segar

Manfaat menggunakan handuk hangat sudah digunakan sejak jaman dahulu di Jepang. Handuk hangat atau di Jepang sebut dengan Oshibori diberikan kepada pengelana yang telah melakukan perjalanan jauh. Tujuannya yakni untuk mengembalikan keadaan atau kondisi tubuh pengelanan tersebut agar kembali segar. Handuk hangat tersebut digunakan untuk mengusap tangan pada sebelum makan dan pada saat makan juga.

artikel terkait: manfaat tanaman okra

  1. Melancarkan Peredarann Darah

Handuk hangat dapat digunakan sebagai alat untuk menyeka beberapa bagian tubuh yang pegal karena kurang lancarnya aliran darah. Menyeka beberapa bagian tubuh dengan menggunakan handuk hangat dapat membantu melancarkan peredarandarah. Sehingga tidak terjadi hambatan pada pembuluh darah, karena adanya efek yang berikan oleh handuk hangat ini.

  1. Melembutkan Kulit Wajah

Mengusap wajah dengan menggunakan handuk biasa berbeda apabila handuk yang digunakan untuk mengusap wajah dicelupkan pada air hangat terlebih dahulu. Handuk hangat yang digunakan untuk mengusap wajah dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Kotoran pada wajah yang tidak dapat hilang hanya dengan dibasuk air biasa dapat hilang dengan mengusapkan handuk hangat pada wajah.

artikel terkait: manfaat teh tawar

  1. Menghilangkan Kotoran Pada Pori-pori

Pori-pori kulit dapat mudah membuka dan menutup sesuai dengan suhu lingkungan sekitarnya. Ketika udara panas, pori-pori dapat terbuka, dan menutup kembali apabila suhu lingkungan dingin. Ketika pori-pori terbuka akan mudah kotoran masuk dan menempel pada pori-pori. Dan pada saat belum sempat dibersihkan, pori-pori bisa jadi sudah menutup. Cara untuk membersihkan pori-pori yang sudah terlanjur menutup dapat dilakukan dengan mengusapkan handuk hangat pada wajah. Suhu handuk yang hangat dapat membuka pori-pori wajah dan membersihkan kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah.

  1. Memudahkan Penyerapan Zat Kondisioner

Handuk hangat sering digunakan pada beberapa salon untuk menutup rambut ketika creambath. Alasannya, dengan menggunakan handuk hangat sebagai penutup kepala pada saat creambath karena handuk hangat dapat membantu membuka kantung rambut atau folikel rambut. Dengan terbukanya kantung rambut, kandungan dalam kondisioner yang digunakan dapat terserap oleh kulit kepala dengan baik. Sehingga nutrisi rambut dapat terjaga.

artikel terkait: manfaat tea tree oil

  1. Melembutkan Rambut

Menggunakan handuk hangat untuk menutup kepala setelah menggunakan kondisioner dapat membantu penyerapan kandungan dalam kondisioner. Penyerapan kandungan kondisioner dalam rambut, lama kelamaan akan memberikan manfaat yang baik untuk rambut. Rambut akan menjadi lebih lembut dan mudah diatur.

  1. Membantu Proses Pewarnaan Rambut

Proses mewarnai rambut biasanya dilakukan dengan mendiamkan rambut sejenak setelah dioleskan cream pewarna rambut. Menutup rambut yang telah diberikan cream pewarna rambut dengan handuk hangat dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses pewarnaan pada rambut. Warna dapat melekan pada rambut dengan lebih optimal. Sehingga hasil pewarnaan rambut dapat lebih maksimal.

artikel terkait: manfaat seledri untuk rambut keriting

  1. Membantu Meluruskan Rambut

Handuk hangat tidak hanya dapat dilakukan untuk membantu penyerapan pada kondisioner yang digunakan untuk menutrisi rambut. Menggunakan handuk hangat sebelum menggunakan shampoo juga memiliki manfaat lain. Sebelum menggunakan shampoo, menggunakan handuk hangat untuk mengusap rambut dan kulit kepala dapat membantu meluruskan rambut.

  1. Mengatasi Mata Kering

Masalah mata kering dapat terjadi ketika mata terlalu sering melakukan aktivitas dan jarang beristirahat. Biasanya efek yang akan ditimbulkan, mata akan terasa perih dan mudah lelah. Untuk mengatasi masalah mata kering tidak harus menggunakan obat mata. Mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan menempelkan handuk hangat pada mata. Mata akan kembali lebih baik.

artikel terkait: manfaat shampo natur

  1. Mengatasi Miopi

Miopi atau biasanya disebut rabun jauh karena penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas pada jarak tertentu. Penderita miopi biasanya menggunakan kaca mata agar penglihatannya dapat berfungsi dengan baik. Sayangnya,kacamata hanya sebagai alat bantu, berbeda dengan menggunakan air hangat yang ditempelkan pada mata. Setelah mata ditempeli handuk hangat, jarak baca dapat menjadi lebih jauh.

  1. Menurunkan Demam

Banyak yang berpendapat bahwa ketika anak mengalami demam, dikompres dengan air dingin atau air es untuk menurunkan panas tubuh. Padahal sebenarnya, ketika tubuh panas, yang dirasakan adalah kedinginan. Untuk mengembalikan suhu tubuh normal, kompres yang digunakan adalah kompres hangat yang dapat dilakukan dengan menggunakan handuk hangat yang dicelupkan pada air hangat, yang kemudian digunakan untuk kompres anak yang mengalami demam.

artikel terkait: manfaat minyak biawak

  1. Meredakan Luka Lebam

Ketika terjadi luka lebam pada beberapa bagian tubuh, biasanya orang jaman dulu mengatasinya dengan menempelkan abu hangat yang dibalut kain pada bagian yang lebam. Sedangkan sekarang ini sangat susah sekali mendapatkan abu hangat pada waktu dan kondisi yang segera. Pengganti abu hangat untuk meredakan luka lebam dapat diganti dengan handuk hangat. Memiliki manfaat yang hampir sama dengan abu hangat, handuk hangat dapat membantu meredakan luka lebam yang terjadi.

  1. Membantu Merilekskan Otot

Setelah banyak melakukan pekerjaan, otot akan merasa lelah. Untuk membantu merilekskan kembali otot tidak perlu meminum suplemen tenaga. Cukup dengan menempelkan handuk hangat pada otot yang pegal dapat membantu menjadikan otot lebih rileks.

artikel terkait: manfaat bulu ketiak

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Tidak hanya membantu merilekskan otot, menempelkan handuk hangat pada otot yang nyeri dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada otot. Nyeri otot dapat terjadi karena kurang lancarnya peredaran darah. Dengan menempelkan handuk hangat pada otot yang nyeri, darah menjadi lebih lancar dan sembuh dari nyeri otot.

artikel terkait: manfaat teh jahe

Yang perlu diperhatikan ketika membuat handuk hangat yakni untuk tidak menggunakan air terlalu panas. Karena dapat membuat anggota tubuh yang diusap dengan handuk hangat menjadi kemerahan karena terlalu panas. Gunakan air hangat yang pas untuk menjadikan handuk hangat sesuai dengan kebutuhan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 06:59 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan