Sponsors Link

4 Manfaat Gula Merah Untuk Diet Sehat dan Alami

Sponsors Link

Memiliki tubuh ramping dan ideal adalah impian bagi banyak orang baik bagi kaum hawa maupun kaum adam. Ada banyak cara yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman seperti melakukan diet ketat dan juga mengonsumsi berbagai jenis obat pelangsing. Menggunakan obat pelangsing memang lebih cepat menurunkan berat badan namun efek sampingnya sangat berbahaya bagi tubuh, dalam jangka panjang dapat menjadikan gangguan kesehatan seperti kanker.

artikel terkait:

Melakukan program diet ketat juga ternyata tidak baik meskipun anda tidak mengonsumsiobat pelangsing. Diet ketat yang dilakukan dengan tidak makan seharian sangat tidak baik bagi tubuh karena akan membuat tubuh kehilangan nutrisi serta energi. Melakukan diet ketat dapat membuat kanker lambung dalam jangka panjang. Untuk menurunkan berat badan dengan aman dan sehat sebaiknya anda juga gunakan cara yang sehat salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan dari gula merah.

Manfaat gula merah untuk diet sehat

Makanan manis memiliki konotasi terhadap berat badan berlebih atau kegemukan, begitu pula dengan gula merah. Banyak orang yang enggan mengonsumsi gula baik itu gula pasir putih atau gula merah karena takut akan menjadi gemuk dan menyebabkan diabetes. Namun untuk menurunkan berat badan anda bisa menggunakan gula merah sebagai solusinya.

Gula merah merupakan gula yang berwarna kemerahan atau kecokelatan dan bentuknya padat. Gula merah terbuat dari nira pohon keluarga palem seperti kelapa, palem, aren dan lainnya. Untuk membuatnya, cairan nira atau yang juga disebut sebagai legen dikumpulkan hingga banyak kemudian direbus sambil terus diaduk hingga cairan mengental. Setelah kekentalan maksimal kemudian harus langsung dicetak menggunakan batok kelapa atau cetakan dari bambu, tahap pencetakan ini harus segera dilakukan karena jika terlalu lama adonan gula merah akan dingin dan mengeras.

Anda tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan gula merah? Meskipun saat ini gula pasir sepertinya lebih dikenal namun keberadaan gula merah tetap memiliki posisi strategis bagi masyarakat indonesia. Bahkan gula merah juga menjadi komoditas barang ekspor karena sangat digemari oleh orang luar negeri berkat rasanya yang enak dan khasiatnya yang baik bagi tubuh.

Lalu mengapa gula merah ini baik untuk digunakan sebagai penurun berat badan? Hal ini didasarkan pada fakta bahwa gula merah merupakan pemanis yang tidak mengandung kalori tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah berat badan naik. Fakta lainnya dapat dilihat berikut ini:

  1. Memiliki indeks glikemik rendah

Indeks glikemik dalam makanan merupakan penunjuk seberapa cepatkan makanan dapat berubah menjadi gula. Semakin tinggi angka indeks glikemik dalam makanan maka makanan tersebut akan lebih cepat menjadi gula. Mengonsumsi makanan yang mengandung angka indeks glikemik tinggi terlalu banyak dapat membahayakan tubuh karena dapat menyebabkan obesitas dan resistensi insulin atau penyakit diabetes serta penyakit berbaya lainnya seperti penyakit tekanan darah tinggi, jantung dan stroke. Oleh karena itu dengan mengonsumsi gula merah yang memiliki indeks glikemik rendah dapat membantu penurunan berat badan. Apalagi gula merupakan hal yang sulit dihindari karena rasanya akan hambar apabila makanan dan minuman tidak menggunakan gula. Mulai sekarang gantilah gula pasir anda dengan gula merah saja ya.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk diet

sponsored links
  1. Kaya akan asam amino

Tubuh tidak akan dapat berfungsi tanpa adanya asam amino. Asam amino ini memiliki peranan penting bagi tubuh begitu pula saat anda sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet. Saat tubuh diet, tubuh akan mengalami penyesuaian dengan mengurangi asupan makanan sehingga tubuh memerlukan asam amino untuk pertahanan tubuh lebih dan sebagai penangkal penyakit. Asam amino sendiri sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh namun tubuh memerlukan jumlah yang lebih banyak maka harus ditambahkan dari asupan makanan. Jika anda sedang menjalani diet maka jangan segan untuk mengonsumsi gula merah dalam makanan dan minuman.

artikel terkait: manfaat jeruk bali untuk dietmanfaat manggis untuk diet

  1. Rendah kalori

Bagi anda yang senang mengonsumsi makanan dan minuman manis dan saat ini sedang bingung ketika melakukan diet karena lebih baik tidak mengonsumsi makanan manis maka anda bisa menggantinya dengan gula merah saja. Selain memiliki indeks glikemik rendah, gula merah juga mengandung kalori rendah. Kalori ini merupakan salah satu sumber tertimbunnya lemak dalam tubuh oleh karena itu anda bisa mengganti cokelat, gula pasir dengan gula merah saja ya. Gula merah asli yang dibuat tanpa ada tambahan bahan lainnya atau yang organik bahkan hanya mengandung 10 kalori saja dan mampu membantu menjaga kesehatan tubuh.

artikel terkait: manfaat jahe merah untuk dietmanfaat timun untuk diet

  1. Rasanya enak

Jika anda sedang sedih ketika anda melakukan diet karena tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan dan minuman sehingga anda harus makan makanan yang rasanya hambar maka anda tidak perlu khawatir lagi karena anda dapat menggunakan gula merah yang memiliki rasa manis yang khas dan enak. Rasa manis dari gula merah ini pas karena tidak terlalu manis juga tidak terlalu hambar. Jika anda menambahkannya ke dalam masakan pun akan membuat masakan menjadi lebih enak.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis dan madumanfaat buah pepaya untuk diet

Kandungan gula merah

Menambahkan gula merah pada tiap makanan atau minuman tidak hanya akan membuat rasanya menjadi enak namun juga sangat baik bagi tubuh karena di dalam gula merah mengandung banyak kandungan nutrisi dan gizi. Diantara kandungan nutrisi dan gizi antara lain adalah zat besi, mineral, magnesium, zinc dan kalium srta berbagai jnis vitamin seperti vitamin b1, vitamin b2, vitamin b3 dan lainnya.

Karena kandungan nutrisi dan gizinya tersebut, dengan mengonsumsi gula merah akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti penyakit diabetes atau penyakit gula. Bagi anda yang sedang diet pun sangat dianjurkan mengonsumsi gula merah ini. Di dalam gula merah mengandung glukosa solid yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga sangat baik bagi anda yang sedang diet. Konsumsilah gula merah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat kangkung untuk dietmanfaat daun sirsak untuk diet

Demikian ulasan mengenai manfaat gula merah untuk diet. Menggunakan bahan alami untuk diet tentu saja lebih baik dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan pelangsing dan juga melakukan diet sehat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 03rd, December 2016 / 01:29 Oleh :
Kategori : kecantikan