Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Gula Batu Bagi Tubuh

Sponsors Link

Apakah anda sering mengkonsumsi gula batu? Gula batu sering digunakan sebagai pengganti gula pasir dan dianggap sebagai jenis gula yang lebih aman dibandingkan gula pasir. Gula batu memiliki bentuk seperti kristal dan keras. Ada jenis gula batu yang berwarna putih bersih dan ada jenis gula batu kuning atau coklat. Beberapa jenis gula batu dikemas dalam gumpalan batu atau gula batu yang berbentuk kotak. Kandungan kalori gula batu lebih rendah dibandingkan dengan jenis gula pasir biasa.


Kandungan Gizi Gula Batu

Dalam setiap 5 gram gula batu mengandung sekitar 20 kalori dan 2 % manfaat karbohidrat. Gula batu tidak mengandung lemak, kolesterol, serat, protein, zat besi dan kalsium. Jadi gula batu hanya mengandung kalori dan karbohidrat saja. Konsumsi gula batu ini juga dianggap baik, berikut ini beberapa alasannya :

Gula Batu Tidak Mengandung Lemak Jenuh – Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang didapatkan dari hewan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi lemak jenuh harus dibatasi dalam jumlah tertentu karena jika konsumsi terlalu tinggi maka bisa meningkatkan kadar kolesterol dan efek buruk berupa penyakit jantung.

Gula Batu Tidak Mengandung Kolesterol – Kolesterol adalah sebuah jenis zat lilin yang banyak ditemukan pada daging hewan dan bisa mengendap dalam darah manusia. Kolesterol baik diperlukan untuk beberapa fungsi seperti produksi manfaat vitamin D, steroid dan juga sistem kerja empedu. Namun kolesterol yang terlalu tinggi sangat dekat dengan resiko penyakit jantung. Kolesterol tidak bisa bekerja banyak untuk tubuh dan darah karena jenis kolesterol dari lemak jenuh lebih banyak menumpuk dalam darah.

Gula Batu Tidak Mengandung Sodium – Sodium adalah sebuah sebuah zat yang bermanfaat penting untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan pH dalam tubuh serta penting untuk kontraksi otot. Konsumsi sodium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan berbagai resiko penyakit bawaan lain seperti stroke, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lain.


Kekurangan Gula Batu

Beberapa jenis gula memang memiliki kekurangan, termasuk pada gula batu. Berikut diantaranya :

Memiliki Kandungan Pati Tinggi – Gula batu termasuk dalam jenis gula dengan kandungan pati, serat dan gula dalam jumlah yang cukup tinggi. Gula batu yang diolah dari jenis tumbuhan seperti tanaman tebu, tapi tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mengukur jenis gula alami dan gula buatan. Konsumsi gula yang berlebihan banyak menimbulkan resiko seperti obesitas, diabetes, dan berbagai jenis penyakit komplikasi lain yang erat hubungannya dengan kelebihan kadar kolesterol dalam darah.

Jelek untuk Gigi – Konsumsi gula batu berlebihan dengan cara mengunyah atau makan langsung gula batu bisa menyebabkan kerusakan gigi. efek dari gula baru ini memang sama seperti efek terlalu banyak mengkonsumsi permen. Namun efek buruk ini bisa diatasi dengan segera menggosok gigi setelah makan gula batu.


Gula batu banyak digunakan sebagai pemanis pengganti gula pasir untuk berbagai jenis minuman seperti teh, air lemon atau jenis gula lain. Gula batu yang memiliki sifat keras tidak mudah mencair sehingga bisa mengurangi rasa manis namun akan lebih manis pada bagian akhir minuman ketika gula batu sudah mencair. Berikut ini adalah berbagai jenis manfaat gula batu yang perlu kita ketahui :

1. Sehat untuk Pankreas

Gula batu menghasilkan nilai + 5 untuk indeks manfaat yang berarti adalah nilai gula batu lebih baik daripada jenis gula pasir dan gula jawa. Pankreas adalah organ tubuh yang berfungsi untuk mendukung produksi insulin. Insulin digunakan oleh darah untuk merubah semua jenis gula yang masuk ke dalam tubuh menjadi sumber energi. Konsumsi gula batu secara efektif bisa mencegah masalah kelelahan dan menurunkan resiko penyakit diabetes. Jadi gula batu sangat aman untuk dijadikan konsumsi gula harian.

Untuk menyehatkan fungsi pankreas ini anda bisa juga mengkonsumsi :

2. Sumber Energi Bagi Tubuh

Gula batu menjadi salah satu sumber energi terbaik untuk tubuh. Gula batu yang mencair dengan minuman akan mudah diserap oleh tubuh dan akan dirubah menjadi bentuk gula yang lebih sederhana. Ketika gula yang lebih sederhana diserap oleh tubuh maka, tubuh bisa menghasilkan energi yang digunakan beraktivitas. Anda bisa mendapatkan khasiat gula batu dengan lebih cepat, misalnya saat tubuh sedang lelah. Anda bisa mengunyah gula batu seperti sedang makan permen. Teknik ini bahkan banyak digunakan oleh atlet yang bertanding di lapangan.

Sumber energi tubuh terutama didapatkan dari makanan seperti :

3. Aman untuk Diabetes

Banyak penderita diabetes yang tidak mau mengkonsumsi gula karena takut kadar gula darah akan naik. Namun penderita diabetes juga tetap membutuhkan gula untuk keseimbangan kadar gula dalam tubuh dan sumber energi. Gula batu menjadi jenis gula yang sangat aman untuk diabetes karena tidak memberikan reaksi yang hebat untuk kadar insulin sehingga tidak berpengaruh untuk kadar gula dalam tubuh.

Untuk mengatasi diabetes ini bisa dengan mengkonsumsi :

4. Energi untuk Otak

Gula batu sangat baik untuk mempertahankan energi untuk bagian otak. Tanpa zat gula maka otak tidak bisa bekerja dengan baik. Ketika zat gula tidak bisa mencapai otak maka otak akan berhenti bekerja dan kehilangan kemampuan kerjanya. Namun sangat disarankan untuk lebih memilih jenis gula batu dibandingkan gula pasir karena memiliki jumlah kalori yang lebih rendah.

Selain manfaat gula batu, sumber energi otak yang baik juga bisa diperoleh dari :

5. Mengatasi Depresi

sponsored links

Kecemasan dan kepanikan bisa menjadi pemicu depresi yang parah. Gula batu adalah salah satu obat anti panik dan anti cemas yang sangat ampuh. Anda bisa mencoba mengunyah satu gula batu dan pertahankan di lidah hingga meleleh. Gula batu akan membuat tubuh seperti mendapatkan energi baru yang berpengaruh untuk suasana hati. Gula batu bisa memiliki efek menenangkan dan membuat suasana hati jauh menjadi lebih santai.

Perubahan suasana hati yang lebih santai ini juga bisa anda lakukan dengan :

6. Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Penyakit tekanan darah rendah bisa membuat tubuh menjadi lebih lemah, tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas dan dalam kondisi parah bisa menjadi anemia. Kelainan tekanan darah ini bisa mempengaruhi hidup karena menurunkan tingkat produktivitas. Jika tekanan darah sedang drop atau turun maka bisa mencoba untuk mengkonsumsi gula batu. Gula batu akan menjadi sumber energi bagi tubuh yang akan dibawa oleh darah ke semua bagian organ tubuh.

Untuk pencegahan anemia ini, anda juga bisa mengkonsumsi makanan berikut :

7. Alat Terapi

Di beberapa bagian negara maju, manfaat gula batu banyak digunakan sebagai alat terapi untuk mempercepat masa pemulihan ketika sembuh dari sakit. Gula batu yang menjadi sumber energi yang mampu membuat tubuh menjadi lebih cepat pulih. Kondisi inilah yang akan membuat gula batu menjadi sumber yang paling aman untuk lebih cepat sembuh. Namun tindakan ini harus dilakukan dengan pengawasan dokter untuk melihat dosis gula batu yang digunakan.

Gula batu memang masih menjadi favorit terutama orang tua yang tidak ingin mengkonsumsi banyak gula batu. Gula baru tidak menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan dan menghasilkan manis yang sangat lembut. Namun konsumsi gula batu sebaiknya juga harus mendapatkan pengawasan terutama jika dilakukan oleh anak-anak dan orang lanjut usia.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, September 2015 / 07:51 Oleh :
Kategori : Makanan