Sponsors Link

Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes Melitus

Sponsors Link

Gula memang memiliki rasa yang manis dan identik sebagai salah satu pemicu terjadinya penyakit diabetes. Memang benar, beberapa jenis gula memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan diabetes. Namun tidak semua gula memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Beberapa jenis gula lainnya, seperti gula aren, memiliki kandungan karbohidrat dan indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan jenis gula pada umumnya.

artikel terkait:

Keunggulan Gula Aren

Dibandingkan dengan beberapa jenis gula, seperti gula pasir dan gula batu, gula aren memiliki beberapa keungguan tersendiri. Beberapa keunggulan dari gula aren diantaranya yakni :

  1. Memiliki rasa manis yang lebih lezat
  2. Memiliki kandungan garam mineral
  3. Memiliki kandungan gula yang lebih kecil dibandingkan jenis gula pasir, sehingga tidak menyebabkan diabetes.
  4. Memiliki indeks glikemik yang rendah.
  5. Kandungan nutrisi lebih banyak, seperti mengandung thiamine, riboflavin, nicotinic Acid, ascorbic acid, protein dan vitamin C
  6. Dapat digunakan untuk terapi beberapa masalah kesehatan
  7. Dapat mempercepat pertumbuhan anak
  8. Memiliki khasiat yang hampir sama dengan madu
  9. Baik untuk menjaga kesehatan jantung dan memperkuat gigi dan tulang karena kandungan kolagen di dalamnya.
  10. Bagi orang yang sedang dalam masa penyembuhan typhus, gula jawa dapat dikonsumsi untuk awal penyembuhan typhus.
  11. Dapat digunakan untuk mengatasi batuk dan demam.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh gula aren tersebut dapat, dapat dijadikan pertimbangan untuk mengganti rasa manis yang sebelumnya menggunakan gula pasir, menggunakan gula jawa. Terlebih oleh beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes. dibandingkan dengan gula pasir, gula aren lebih sehat dan lebih aman untuk orang yang menderita diabetes karena kandungan gulanya yang rendah.

artikel terkait: manfaat gula batumanfaat scrub gula

Mengatasi Diabetes dengan Gula Jawa

Diabetes merupakan merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah. Kenaikan kadar gula darah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni karena kurang berfungsinya sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Kerusakan tubuh yang paling mempengaruhi terjadinya diabetes karena kurangnya hormon insulin dalam tubuh. Kekurangan hormon insulin dalam tubub dapat mengakibatkan sel tubuh akan resisten terhadap insulin dan akhirnya kadar gula darah akan mengalami penumpukan, sehingga gula dalam darah akan meningkat.

Penderita diabetes akan menghindari makanan yang memiliki kandungan gula, karena gula yang masuk di dalam tubuh akan mengakibatkan kadar gula darahnya meningkat. Penderita diabetes akan mengganti gula pasir atau gula yang mengandung kadar glukosa tinggi dengan jenis gula yang tidak memiliki kadar glukosa yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Salah satu pengganti manis gula pasir yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes yakni dengan menggunakan gula aren. Berikut kegunaan mengkonsumsi gula aren bagi penderita diabetes :

sponsored links
  1. Gula aren merupakan gula murni yang tidak memiliki campuran bahan kimia di dalamnya. Beberapa produksi gula jenis lain, memiliki kandungan kimia, seperti pemanis di dalamnya. Sedangkan gula aren merupakan gula yang terbuat dari bahan murni tanpa adanya campuran bahan kimia. Karena kemurniannya, gula aren tidak akan menimbulkan peningkatan kadar gula dalam darah.
  2. Gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan beberapa jenis gula yang lainnya. Indeks glikemik yang dimiliki oleh gula aren yakni sekitar 35 saja, lebih rendah dibandingkan dengan jenis gula yang lain. Indeks glikemik yang rendah akan memberikan pengaruh pada tingkat penyerapan glukosa. Semakin rendah indeks glikemiknya, maka proses penyerapan glukosa juga akan semakin lambat. Dengan proses penyerapan glukosa yang lebih lambat, maka kerja pankreas juga akan lebih ringan. Penyerapan glukosa yang lebih lambat juga akan memperlambat masuknya kandungan glukosa dalam darah, sehingga kadar gula darah akan menurun dan tubuh akan terhindar dari diabetes.
  3. Selain untuk mengatasi masalah diabetes, dibandingkan dengan gula pasir, gula aren memiliki nutrisi yang lebih banyak. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam gula aren, namun tidak dimiliki oleh gula pasir yakni Ribloflavin, Thiamin, Niacin, Ascorbic Acid, dan Kalsium. Kandungan ribloflavin dalam gula aren dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu membentuk energi untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari.

Kandungan lain dalam gula aren yang bermanfaat bagi tubuh yakni Thiamin yang berfungsi untuk metabolisme energi dengan kerjanya sebagai koenzim. Kandungan lainnya memiliki fungsi untuk metabolisme glukosa, lemak, dan alkohol. Selain itu, nutrisi lain dalam gula aren dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

Selain beberapa keunggulan dan manfaat yang diberikan oleh gula aren kepada penderita diabetes, penderita diabetes juga perlu menjaga pola hidup sehat dan menghindari beberapa hal yang dapat memicu peningkatan gula darah.

artikel terkait: manfaat gula arenmanfaat kopi pahit tanpa gula

Pantangan Penderita Diabetes

Meskipun mengkonsumsi gula aren tidak akan menimbulkan diabetes, dan dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, beberapa hal harus diperhatikan untuk dihindari oleh penderita oleh diabetes. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Mengurangi konsumsi Susu

Beberapa jenis susu fermentasi seperti yoghurt rendah lemak mungkin tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, untuk susu jenis full cream, es krim, dan keju yang mengandung lemak tinggi tidak dianjurkan untuk penderita diabetes.

  1. Mengurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Karbohidrat memang diperlukan oleh tubuh untuk memberikan asupan energi dalam melakukan aktivitas. Meskipun tubuh memerlukan karbohidrat, harus dikonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat rendah seperti beras merah, jagung, ubi dan beberapa jenis bijibijian utuh. Hindari sumber karbohidrat yang berasal dari nasi putih, roti dan kentang goreng, karena beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

  1. Mengurangi Protein

Protein memang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun, bagi penderita diabetes, tidak semua jenis sumber protein baik untuk tubuh. Beberapa sumber protein yang tidak direkomendasikan oleh penderita diabetes adalah protein yang berasal dari keju, kulit unggas, ikan goreng, dan beberapa bahan makanan yang digoreng. Untuk mendapatkan protein yang tidak menimbulkan diabetes dapat di peroleh dari bahan makanan yang direbus dan dipanggang.

artikel terkait: manfaat minuman lidah buayamanfaat timun lautmanfaat ikan patin

Gula aren memang memiliki manfaatkan yang baik untuk penderita diabetes karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis gula yang lain. Namun, selain mengganti jenis gula dengan gula aren, perlu diperhatikan juga pantangan yang harus dihindari. Hal ini bertujuan agar manfaat yang dihasilkan oleh gula aren untuk kesehatan tidak sia-sia dan tidak menimbulkan komplikasi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 02nd, December 2016 / 03:25 Oleh :
Kategori : Herbal