Sponsors Link

9 Manfaat Gosok Gigi Pada Malam Hari – 3x Sehari

Sponsors Link

Gosok gigi, mungkin itulah hal sederhana yang selalu kita dengar sejak kecil. Sejak anak-anak kita diajarkan untuk selalu menggosok gigi dengan benar. Namun banyak orang yang tidak bisa melakukan kebiasaan yang baik ini hanya karena malas atau merasa tidak nyaman dengan bahan pasta gigi. Akibatnya maka ada berbagai masalah gigi yang banyak kita temukan pada anak-anak maupun orang dewasa.

manfaat gosok gigiBeberapa masalah yang paling sering terlihat adalah sakit gigi karena berlubang, penumpukan plak yang merusak gigi, kerusakan gigi pada anak- anak dan masalah kesehatan gigi lain. Namun ternyata menggosok gigi tidak hanya bermanfaat untuk membuat penampilan dan kebersihan gigi menjadi sehat dan mendukung penampilan. Ada banyak masalah kesehatan dalam badan yang sebenarnya disebabkan karena gigi yang tidak terawat.

Gosok gigi yang selalu disarankan oleh ahli kesehatan gigi ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Anda pasti akan merasa percaya diri dengan penampilan gigi yang bersih, putih dan cemerlang. Namun, tahukah Anda bahwa gosok gigi ternyata tidak hanya berdampak pada penampilan gigi saja? Dibawah ini adalah berbagai manfaat gosok gigi yang masih jarang diketahui.

1. Menghemat uang Anda.

Jika Anda bisa melakukan gosok gigi secara rutin, maka secara langsung Anda akan menghemat uang untuk perawatan gigi karena sakit gigi. pemeriksaan gigi rutin perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali. Namun bagi orang yang jarang gosok gigi maka bisa terkena berbagai jenis masalah kesehatan gigi. sementara perawatan gigi biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

2. Membuat Nafas Menjadi Segar

Saat kita berbicara dengan orang lain, maka kita akan semakin percaya diri jika tidak memiliki bau mulut. Salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan gosok gigi secara teratur. Langkah ini juga akan menunjang produkstifitas Anda dalam belajar, bekerja maupun sebagai profesional dalam berbagai bidang. Jadi, gosok gigi akan memberikan pengaruh yang besar untuk keberhasilan dalam karir dan pendidikan.

 

3. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu jenis masalah gigi yang sangat umum. Saat tertentu mungkin tidak akan terasa sakit, tapi pada waktu lain bisa terasa sangat sakit. Biasanya disertai dengan bengkak atau bau mulut yang tidak sedap. Biasanya masalah lubang gigi disebabkan karena kurang menggosok gigi secara teratur yang menyebabkan sisa makanan menempel pada gigi. Jadi, kebiasaan menggosok gigi akan mengurangi resiko lubang gigi.

4. Mencegah Resiko Penyakit Gusi

Radang gusi atau gingivitis adalah salah satu penyakit yang paling sering ditemukan para orang yang jarang gosok gigi. penyakit ini disebabkan karena plak yang terus terbentuk di bagian gigi dan gusi akan menyebabkan peradangan di sekitar gusi. Biasanya orang yang terkena penyakit ini akan mengalami pendarahan kecil saat gosok gigi. jadi gosok gigi akan menghindarkan kita dari resiko penyakit ini.

5. Memiliki Bayi yang Sehat

Gosok gigi secara teratur bagi wanita ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar untuk masalah reproduksi. Gosok gigi akan menghilangkan bakteri yang berada pada sela gigi atau gusi. Penumpukan bakteri bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan dan bagi perempuan hamil bisa meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur.

6. Meringankan Resiko Kepikunan

Ternyata gosok gigi tidak hanya memberikan efek pada kesehatan gigi saja. Dalam sebuah penelitian yang diungkapkan dalam The Journal of American Geriatrics Society atau peneliti masalah kesehatan gigi ternyata menggosok gigi secara teratur akan mengurangi resiko terkena penyakit kepikunan. Hal ini dipengaruhi karena kesehatan gigi yang baik akan mengurangi resiko infeksi bakteri atau kuman yang bisa berkembang sampai otak.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

Jantung dan stroke adalah penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini ternyata tidak hanya disebabkan dari masalah kesehatan jantung yang berhubungan dengan pola makan, obesitas maupun gaya hidup yang buruk. Gosok gigi secara teratur ternyata bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke hingga 50 persen lebih. Kebersihan mulut yang baik akan melindungi pembuluh darah yang bekerja dan mengalirkan darah ke jantung dan organ lain.


Baik untuk mengurangi penyakit jantung dan stroke

8. Mengurangi Resiko Penyakit Infeksi Paru-Paru

Dalam sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Periodontology terungkap bahwa menggosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari akan mengurangi resiko penyakit pada paru-paru. Hal ini disebabkan karena bakteri yang terus menumpuk pada gigi dan gusi akan membuat saluran khusus yang berhubungan langsung dengan paru-paru dan organ pernafasan atas.

9. Gosok Gigi dapat Meningkatkan Kesuburan

Bagi laki-laki menggosok gigi ternyata juga sangat penting untuk mendukung kehidupan seks. Gosok gigi yang tidak teratur akan meningkatkan potensi bakteri dan kuman yang ternyata bisa menyebabkan masalah disfungsi ereksi, penurunan jumlah sperma, dan masalah kesehatan sperma lain sehingga menyebabkan laki-laki menjadi tidak subur. Bakteri yang berkembang dalam plak ternyata bisa memberikan dampak yang buruk untuk pembuluh darah yang bekerja pada saluran reproduksi. Jadi menggosok gigi secara teratur akan meningkatkan kesuburan secara alami.

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka bisa menggosok gigi dengan benar. Namun ternyata masih banyak ditemukan kesalahan. Kesalahan saat menggosok gigi bisa menyebabkan luka pada gusi, sela gigi yang tidak bersih dan pendarahan ringan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat gosok gigi.

1. Ukuran Pasta Gigi

Jika Anda menggunakan pasta gigi maka pilih jenis pasta gigi yang aman dan tidak mengandung berbagai jenis bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh. ketika Anda memiliki gigi yang cukup kotor maka jangan menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang terlalu banyak. Disarankan untuk menggunakan pasta gigi sebesar biji kacang pada sikat gigi.

2. Cara Gosok Gigi yang Benar

Apakah Anda sudah menggosok gigi dengan benar. Berikut ini adalah petunjuk untuk menggosok gigi dengan benar.

  • Gunakan pasta gigi alami yang bisa membersihkan gigi hingga ke seluruh bagian.
  • Jangan membasahi pasta gigi sebelum dipakai karena hanya akan menambah jumlah busa.
  • Sikat gigi dengan sudut sekitar 45 derajat.
  • Sikat gigi hingga ke semua sela bagian gigi dan gusi dengan urutan gigi pada bagian luar atas, luar bawah, permukaan dalam bagian atas, bawah, dan sikat gigi untuk bagian gigi belakang dengan gerakan berulang dari depan ke belakang.
  • Bersihkan busa dari pasta gigi dengan air. Disarankan untuk berkumur dalam waktu berulang-ulang hingga gigi bersih dan nyaman.

Kesalahan Dalam Gosok Gigi

sponsored links

Ada banyak kesalahan yang terus beredar dimasyarakat tentang cara gosok gigi. biasanya kesalahan ini berasal dari orang tua atau mitos yang beredar. Dibawah ini adalah berbagai macam kesalahan yang sering terjadi dan fakta yang benar.

1. Pilih Sikat Gigi yang Tepat.

Sikat gigi yang tepat bukan berarti harus mahal atau dari merek yang terkenal. Cara untuk memilih sikat gigi yang benar adalah memilih sikat gigi yang sesuai dengan ukuran mulut. Selain itu pastikan gagang sikat gigi juga nyaman saat dipakai. Jangan menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau terlalu kecil. Jadi pilih sikat gigi yang paling nyaman untuk Anda.

2. Waktu Gosok Gigi

Banyak orang yang mengatakan bahwa gosok gigi bisa dilakukan sebanyak dua kali sehari. Tapi menurut pakar kesehatan mengatakan bahwa sebaiknya Anda menggosok gigi sebanyak tiga kali dalam sehari. Selain itu berapa lama Anda menggosok gigi? Banyak orang yang menggosok gigi hanya dalam waktu yang sangat singkat sekitar 20 detik. Namun waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah selama 2 menit. Anda bisa melakukan beberapa hal sambil menggosok gigi dan menikmatinya sehingga kuman dan bakteri benar-benar hilang.

3. Gosok Gigi dengan Cara Lembut

Meskipun Anda ingin menggosok gigi untuk menghilangkan plak yang membandel, namun Anda tidak bisa melakukan aktifitas ini dengan cara yang kasar. Gosok gigi dengan lembut akan melindungi lapisan enamel gigi, jika Anda melakukan dengan cara yang kasar maka hanya akan merusak lapisan gigi.

4. LakukanTrik Agar Tidak Malas

Bagi beberapa orang gosok gigi memang aktifitas yang sangat menjengkelkan dan tidak disukai. Untuk menjauhkan diri dari rasa malas dan bosan, maka Anda bisa melakukan beberapa trik seperti menggosok gigi sambil membaca, berpindah-pindah tempat dan menikmati tempat gosok gigi.

5. Ganti Sikat Gigi Anda

Mengganti sikat gigi sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum sikat itu benar-benar rusak. Kebiasaan mempertahankan sikat gigi karena nyaman ternyata bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Bakteri dan kuman yang bersarang pada sikat gigi bisa menyebabkan penyakit yang serius. Untuk itu disarankan mengganti sikat gigi setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

Gosok gigi adalah salah satu aktifitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Selain itu Anda juga bisa memperhatikan kesehatan gigi dengan membersihkan gigi secara teratur setiap habis makan permen, makanan manis, dan berbagai jenis minuman yang bersifat asam seperti soda, teh dan kopi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, May 2015 / 09:28 Oleh :
Kategori : Kesehatan