Sponsors Link

21 Manfaat Ginseng Merah Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Sponsors Link

Manfaat dari ginseng merah untuk kesehatan tubuh sangat penting diketahui.  Ginseng merah merupakan salah satu jenis ginseng yang cukup terkenal. Ginseng atau Panax merupakan tanaman yang diketahui mempunyai khasiat sebagai obat untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit. Ginseng merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Araliaceae. Awal ditemukannya ginseng adalah ketika tanaman ini tumbuh di bagian bumi utara seperti Korea, Manchuria, Amerika Serikat, dan tentunya Siberia. Berdasarkan asal tumbuhnya, ginseng dibagi menjadi dua jenis yaitu Ginseng Amerika yang disebut Panax quinquefolium dan Ginseng Asia yang disebut dengan Panax ginseng.

ads

Sejak awal ditemukannya yaitu sekitar 500 SM, ginseng sudah banyak digunakan untuk menjadi bahan pembuatan obat-obat herbal di Cina. Ginseng merah dikenal juga sebagai ginseng korea. Ginseng dari negeri Korea ini disebut juga sebagai Insam jika dibudayakan sendiri, sedangkan jika ginseng didapatkan tumbuh liar digunung disebut dengan sansam.

Manfaat akar Ginseng untuk kesehatan sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. Popularitas dari ginseng merah dalam menyembuhkan penyakit sudah dipercaya dan sampai saat ini masih terus dicari oleh masyarakat. Ginseng ini tumbuh di pegunungan dan membutuhkan usaha yang sangat besar untuk mendapatkannya, itulah yang menjadi alasan mengapa ginseng sering dihargai dengan mahal.

Kandungan dalam Ginseng Merah

Ginseng merah terkenal karena kemampuan khususnya untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Hal ini dapat dijelaskan oleh kandungan dalam ginseng merah yang mendukung proses peningkatan daya tahan dan vitalitas tubuh manusia. Beberapa kandungan dalam manfaat ginseng untuk kesehatan dan kesuburan pria merah sendiri masih terus dipelajari oleh peneliti hingga saat ini. Berikut ini beberapa kandungan dalam ginseng merah yang sudah diketahui dan/ ataupun yang masih dipelajari:

  • Ginsenosides

Ginsenosides merupakan senyawa kimia aktif yang ada pada ginseng merah. Senyawa ini diercaya merupakan kandungan yang memiliki pengaruh besar pada khasiat dari ginseng merah. Berbagai permasalahan kesehatan diketahui dapat diselesaikan oleh senyawa kimia ini. Misalnya saja kanker dan perkembangan siklus sel jahat yang mengancam kesehatan tubuh. Kandungan ginsenosides ini ada di semua jenis ginseng, akan tetapi paling banyak kandungannya pada ginseng merah.

Artikel terkait:

  • Minyak Vaporising

Minyak vaporising adalah salah satu jenis minyak yang terkandung dalam ginseng. Minyak ini diketahui juga memiliki sangat banyak manfaat, antara lain adalah untuk mengurangi tekanan stress pada kesehatan. (baca juga: Manfaat Akar Kuning)

  • Sterol

Sterol adalah steroid alkohol yang merupakan salah satu senyawa organik biokimia untuk mendukung kondisi tubuh manusia yang terdapat dalam manfaat daun ginseng. Senyawa ini dapat ditemukan pada tanaman tertentu, contohnya pada ginseng.

  • Pati

Pati adalah karbohidrat kompleks yang dihasilkan oleh tumbuhan. Pada tumbuhan pati berfungsi untuk menyimpan persediaan glukosa dalam jangka waktu panjang untuk ketersediaan makanan. Pati memiliki banyak manfaat juga bagi manusia dan ginseng merah mengandung pati yang cukup banyak jumlahnya.

  • Gula
Sponsors Link

Ginseng merah juga mengandung gula. Akan tetapim gula dalam ginseng merah adalah gula baik yang tidak menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, konsumsi ginseng sebagai pengganti asupan gula pun dapat menjadi pilihan yang baik. (baca juga: Manfaat Sabun Gove)

  • Pektin

Pektin merupakan senyawa kimia kompleks yang termasuk dalam polisakarida dan dapat ditemukan pada dinding sel tumbuhan. Hasil ekstrak dari senyawa ini berupa bubuk putih kecokelatan yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu sumber pektin dapat diperoleh melalui ginseng merah.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 atau Thiamine tentu sudah tidak asing lagi bagi anda. Vitamin yang larut dalam air ini dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan bahkan mencegah beberapa penyakit. Kandungan vitamin B1 juga dapat ditemukan dalam ginseng merah, sehingga ginseng merah semakin memiliki banyak khasiat dan manfaat.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 atau Ribovlafin adalah vitamin yang sangat membantu pengolahan nutrisi dalam tubuh. Keberadaan vitamin sangat penting untuk memaksimalkan kinerja dari tubuh manusia. Vitamin B2 ini dapat anda temukan juga dalam kandungan ginseng merah. (baca juga: Manfaat Terapi Ozon)

  • Vitamin B12
ads

Vitamin B12 dikenal sebagai Kobalamin. Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting dalam pemeliharaan saraf otak dan pembentukan darah dalam tubuh. Melihat fungsinya yang sangat penting, kandungannya dalam ginseng merah pun turut ambil bagian dalam peningkatan khasiat ginseng merah sebagai obat alami.

  • Kolin

Kolin diketahui sebagai nutrisi tubuh yang mirip karakteristiknya dengan vitamin B. Nutrisi kolin ini sangat esensial bagi perkembangan dan kinerja kerja tubuh. Konsumsi ginseng merah dapat meningkatkan kandungan kolin dalam tubuh untuk mendukung kehidupan manusia.

  • Lemak

Lemak pada ginseng merah bukanlah lemak jahat. Lemak ini dapat menambah tenaga bagi konsumer dari ginseng merah, sehingga orang yang mengonsumsi ginseng merah menjadi tidak mudah lelah. (baca juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Lovebird)

  • Mineral (Seng, Tembaga, Magnesium, Kalsium, Besi, Mangan, Vanadium)

Ginseng merah terkenal dengan kandungan mineralnya yang sangat banyak. Mulai dari seng, tembaga, kalsium, besi, magnesium, vanadium, dan juga mangan. Semua kandungan mineral tersebut merupakan asupan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga khasiat dari ginseng merah untuk menjadi obat bagi tubuh manusia semakin tidak bisa dipungkiri.

Artikel terkait:

Macam-macam Manfaat Dari Ginseng Merah

Setelah mengetahui apa saja kandungan dalam ginseng merah, tentu sangat menarik untuk diketahui apa saja manfaat ginseng merah untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat dari ginseng merah yang mungkin anda perlukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan anda:

  1. Menurunkan Kolesterol, ginseng merah kaya akan ginsenocides yang tersimpan pada bagian akar-akarnya, senya aini sangat bermanfaat untuk menyerap dan menurunkan kolesterol jahat dari dalam tubuh manusia. (baca juga: Manfaat Daun Salam Bakar)
  2. Melancarkan Haid pada Wanita, kandungan ginseng dapat menjaga hormon wanita tetap stabil sehingga aliran darah selama haid lancar, nyeri pun dapat dikurangi, dan keterlambatan haid pun tidak akan terjadi. 
  3. Memulihkan dan Mempertahankan Stamina Tubuh, kandungan dalam ginseng merah sangatlah bermanfaat untuk memulihkan serta mempertahankan stamina tubuh. Itulah sebabnya ginseng sering diminumkan kepada para atlet dari negeri Korea ini. (baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker)
  4. Mencegah Perkembangan Sel Kanker, ginsenosides pada ginseng merah juga sangat ampuh untuk menghambat perkembangan siklus sel yang mencurigakan. Sehingga konsumsi ginseng pun dipercaya mampu mencegah perkembangan sel kanker.
  5. Mencegah Penyakit Jantung, akibat dari fungsinya dalam menjaga kadar kolesterol, konsumsi ginseng diketahui mampu juga menjaga penyakit Jantung. Jantung akan terhindar dari ancaman penyakit dengan kerja ginseng yang menghambat agregasi platelet. (baca juga: Manfaat Daun Oregano)
  6. Membantu Proses Pemulihan Pasien Anemia, kandungan ginseng juga kaya akan zat besi. Kandungan zat besi ini sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga pasien anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi ginseng.
    Sponsors Link

  7. Meningkatkan Tingkat Imunitas Tubuh juga Syaraf, kandungan vitamin dalam ginseng sangat membantu proses peningkatan imun tubuh serta syaraf manusia. (baca juga: Manfaat Jengkol Tua)
  8. Membantu Proses Pemulihan Pasien Diabetes, ginseng merah diketahui dpat mengurangi tingkat glukosa dalam aliran darah, sehingga proses pemulihan pasien diabetes pun dapat dilakukan dengan efektif.
  9. Meningkatkan Daya Ingat, konsumsi ginseng merah pun diketahui mampu meningkatkan daya ingat manusia di usia 30 tahunan hingga 60 tahunan.
  10. Memulihkan Gangguan dalam Proses Pencernaan, gangguan sistem pencernaan sering dialami oleh sebagian besar manusia. Gangguan seperti mual, muntah, dan asam lambung dapat diatasi dengan konsumsi ginseng merah dalam jangka panjang. (baca juga: Manfaat Daun Salam Koja)
  11. Mengurangi Tekanan Stress, kandungan ginseng merah juga diketahui mampu mengurangi tekanan akibat stress pada kesehatan manusia.
  12. Mengurangi Ancaman Kelelahan, Kelelahan merupakan awal dari berbagai macam penyakit, oleh karena itu dengan meningkatkan stamina tubuh menyebabkan ancaman akibat dari kelelahan dapat dikurangi secara signifikan. (baca juga: Manfaat Daun Sirih Hitam)
  13. Melancarkan Kinerja Antibiotik, Selama mengonsumsi antibiotik, konsumsi bersamaan dengan ginseng merah dapat membantu proses kerjanya.
  14. Mencegah Penuaan Dini, manfaat ginseng merah untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mencegah penuaan dini. Hal ini diakibatkan oleh kandungan ginseng yang menjaga kulit dari ancaman kulit mati.
  15. Memutihkan Kulit Wajah secara Alami, konsumsi ginseng dapat meningkatkan kandungan kolagen dalam kulit yang dapat memutihkan kulit secara alami.
  16. Meningkatkan Fungsi Otak, ginseng merah juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak terutama menjaga kesehatan saraf otak. (baca juga: Manfaat Muncang)
  17. Meningkatkan Kualitas Ereksi, ginseng merah sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh pria, alasannya karena ginseng merah dapat menyebabkan kualitas ereksi pria menjadi lebih baik.
  18. Membantu Regenerasi Kulit Mati, ginseng merah ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, khususnya pada kulit wajah. Salah satu manfaat ginseng merah adalah membantu kulit mati untuk beregenerasi dan memunculkan kulit yang lebih cerah.
  19. Menjaga Elastisitas Kulit, kulit yang elastis merupakan idaman setiap orang, konsumsi ginseng merah secara rutin dapat menjaga elastisitas kulit dengan baik.
  20. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah, noda hitam di wajah akan sangat mengganggu penampilan dan salah satu upaya menghilangkannya adalah dengan mengonsumsi ginseng merah dengan rutin.
  21. Meningkatkan Metabolisme Sel Kulit, metabolisme sel kulit akan sangat efektif bekerja dengan konsumsi ginseng merah dalam jangka panjang.

Berikut tadi manfaat dari ginseng merah untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan anda. Semoga dengan ini anda bisa mengetahui apa arti manfaat dari ginseng merah yang sebenarnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 02:26 Oleh :
Kategori : Tumbuhan