16 Manfaat Ginseng Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Ginseng jawa atau som jawa yang memiliki nama ilmiah Talinun Paniculatum ini memiliki akar yang terlihat sama dengan tanaman ginseng Korea. Tanaman ginseng jawa ini juga menyimpan banyak khasiat untuk tubuh seperti melawan penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan penting dalam akar ginseng jawa diantaranya adalah flavonoid, tanin dan juga saponin. Sedangkan pada daun ginseng jawa mengandung vitamin A, flavonoid, steroid, minyak atsiri dan juga saponin. Tidak hanya berbentuk cantik sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias dan bagian daun bisa diolah menjadi sayuran, campuran mi atau lalapan, berikut ini adalah beberapa manfaat ginseng jawa untuk mengatasi penyakit dan menjaga kesehatan selengkapnya.

  1. Menstimulasi Sistem Kerja Saraf

Masyarakat Jawa sudah sejak lama menggunakan tanaman ginseng jawa ini untuk masalah kesehatan seksual. Beberapa kandungan di dalam ginseng jawa ini akan menstimulasi sistem kinerja saraf tepi serta saraf pusat sehingga aliran darah bisa semakin lancar di dalam tubuh.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Kinerja Organ Seksual

Ginseng jawa juga bisa dijadikan pengobatan alami untuk masalah seksual. Salah satu senyawa penting yang ada dalam ginseng jawa yakni genosida akan bekerja dengan cara menstimulasi hormon testoteron untuk membantu kinerja dari sistem seksual manusia.

  1. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Kandungan panaksinol yang ada dalam ginseng jawa sangat baik digunakan untuk menstimulasi fungsi seksual sehingga bisa mengatasi berbagai keluhan disfungsi ereksi serta masalah seksual lainnya. Akan tetapi, jika dilihat dari khasiatnya, maka ginseng jawa berada di bawah ginseng merah yang memang sudah terkenal untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi.

  1. Memperbaiki Mood

Kandungan genosida dalam ginseng jawa juga berguna untuk menstimulasi pembentukan hormon endorfin yang berperan penting untuk mendorong pembentukan mood sehingga bisa lebih fokus dan juga bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari.

  1. Membentuk Energi dan Sistem Otot

Dalam ginseng jawa juga memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik untuk membentuk energi lebih efisien lagi. Selain itu, rasa letih akan lebih cepat hilang dan kerusakan pada sistem otot serta jaringan ligamen juga bisa diperbaiki dengan baik.

Artikel terkait:


  1. Melancarkan Aliran Darah

Dalam ginseng jawa juga mengandung sterol yang memiliki kegunaan untuk memperbaiki sistem sirkulasi darah sekaligus melancarkan aliran darah. Apabila aliran darah dalam tubuh bisa berjalan dengan baik, maka akan lebih mudah untuk masuk ke dalam otak dan akhirnya otak bisa menyuplai oksigen  cukup sehingga bisa berpikir, berkonsentrasi serta menganalisa dengan lebih baik lagi.

  1. Menambah Kecantikan Kulit

Oleh karena kandungan vitamin C yang juga cukup tinggi, maka ginseng jawa juga sangat baik untuk proses regenerasi sel serta perbaikan sel yang mengalami kerusakan seperti kulit. Sehingga, dengan mengkonsumsi ginseng jawa secara teratur, kulit sehat bisa didapatkan dengan lebih mudah.

  1. Membantu Pola Diet

Kandungan antioksidan serta serat yang terdapat di dalam ginseng jawa memiliki peranan untuk membantu program diet yang sedang anda jalani. Nutrisi tersebut akan menarik lemak serta kolesterol lebih banyak lagi dari dalam tubuh yang sekaligus juga akan melancarkan sistem pencernaan anda.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam ginseng jawa juga memiliki kegunaan lain yakni sebagai anti inflamasi, sehingga masalah yang terjadi dalam sistem pencernaan bisa teratasi seperti contohnya radang lambung, menetralkan kadar asam lambung dan juga memproduksi beberapa enzim di dalam sistem pencernaan anda. Khasiat ginseng jawa untuk pencernaan ini bisa lebih banyak anda temukan pada bagian daun dibandingkan dengan akar ginseng jawa.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Liver

Kesehatan liver juga bisa dijaga dengan baik karena kandungan saponin yang ada di dalam ginseng jawa. Saponin dalam asam jawa ini akan menetralisir beberapa jenis toksin yang terdapat dalam liver sekaligus meregenerasi sel hati sehingga kinerjanya bisa tetap terjaga dengan baik. Selain itu, sifat anti inflamasi yang ada pada ginseng jawa juga akan mencegah terjadinya kerusakan hati karena infeksi seperti kanker hati.

  1. Melancarkan Produksi ASI

Untuk anda yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui, maka mengkonsumsi ginseng jawa sangat baik dilakukan agar produksi ASI bisa semakin lancar. Dalam tanaman ginseng jawa terdapat beberapa kandungan penting untuk melancarkan peredaran darah, sehingga stimulasi ASI bisa semakin ditingkatkan.

  1. Mengatasi Diabetes

Dari riset yang sudah dilakukan juga membuktikan jika akar dan daun ginseng jawa sangat baik untuk mengatasi diabetes. Kandungan siklofosfamid dalam ginseng jawa akan mengatasi berbagai keluhan para penderita diabetes dengan sangat cepat dan efektif.

  1. Sebagai Anti Kanker

Dalam ginseng jawa juga memiliki kandungan polisakarida yang akan meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan sekaligus membunuh sel kanker. Selain itu, bagian daun dari tanaman ginseng jawa juga memiliki kandungan siklofosfamid yang digunakan untuk pengobatan anti kanker.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Pembengkakan dan Pengobatan Luka

Kandungan antioksidan tinggi, flavonoid, anti bakteri, anti viral dan juga anti histmin yang ada dalam ginseng jawa juga sangat baik untuk mengatasi pembengkakan dan juga menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Selain itu, tubuh juga akan lebih kebal terhadap berbagai serangan virus serta bakteri yang berasal dari luar tubuh anda.

  1. Menambah Nafsu Makan

Ginseng jawa juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus menambah berat badan secara alami yang diperoleh dari kandungan steroid dalam ginseng jawa tersebut. Caranya, minum air rebusan 7 lembar daun ginseng jawa setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.


  1. Menyembuhkan Jerawat

Kandungan minyak atsiri yang ada dalam ginseng jawa bersifat steroid sehingga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh serta sebagai anti bakteri yang baik. Caranya, haluskan daun ginseng jawa muda bersama dengan sedikit gula merah lalu balurkan campuran ini pada bisul atau jerawat secara rutin sampai sembuh total.

Artikel terkait:

Cara Mengolah Tanaman Ginseng Jawa

Untuk mendapatkan khasiat dari ginseng jawa ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit bergantung dari penggunaan tanaman ini apakah untuk penyakit dalam atau hanya sebagai pengobatan luar.

  • Penyakit dalam: Untuk mengatasi penyakit dalam bisa mengeringkan daun ginseng jawa lalu dihaluskan dan diseduh menjadi teh atau bisa juga diolah menjadi masakan seperti tumis, sayuran berkuah dan juga minum air rebusan ginseng jawa.
  • Penyakit luar: Sedangkan untuk mengatasi penyakit luar seperti luka, bengkak atau jerawat bisa dilakukan dengan cara menghaluskan bagian daun ginseng jawa dan mengaplikasikannya langsung pada area tubuh yang bermasalah.

Artikel terkait:

Tanaman ginseng jawa yang awalnya hanya sebagai tanaman liar, kini sudah menjadi tanaman hias atau apotek hidup karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari bagian daun sampai akar dari ginseng jawa tersebut.

,
Post Date: Sunday 23rd, July 2017 / 08:06 Oleh :
Kategori : Herbal