5 Manfaat Getah Pepaya Untuk Kulit dan Kesehatan

Buah pepaya merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Nama latin buah ini adalah carica papaya. Daging dari buah pepaya sudah banyak yang mengetahui kegunaannya. Tidak hanya buahnya daun pepaya juga memiliki banyak sekali manfaat. Namun ada satu lagi bagian dari pohon pepaya yang belum di ketahui oleh orang banyak yaitu manfaat dari getah pepaya.

Kandungan yang terdapat pada getah pepaya antara lain adalah

  • Asam amino senyawa ini bermanfaat untuk meregenerasi sel sel yang rusak  menjadi baru. Asam amino juga mengandung protein untuk sel sel tubuh yang diperlukan dalam masa pertumbuhan.
  • Enzim papain berfungsi untuk pembuatan kosmetik dan industri tekstil
  • Enzim protoase yang berfungsi sebagai pemecah protein dalam makanan agar mudah di cerna di dalam tubuh.

Getah pepaya memiliki manfaat yang banyak juga di bidang kesehatan. Banyak yang telah menguji khasiat dari getah pepaya ini karena kandungan yang terdapat pada buah ini yang paling penting yaitu asam amino dan enzim protoase. Berikut ini manfaat yang lebih jelas tentang getah pepaya :

1. Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang banyak menyerang usia muda. Di usia remaja kelenjar minyak sedang aktif – aktifnya karena perubahan hormon sebab itulah jerawat mudah timbul karena bercampur dengan debu yang bertebaran diudara. Terlebih anda jarang membersihkan muka sesudah pergi keluar. Jerawat masalah klasik yang bisa sembuh dengan sendiri asal anda tidak memencet jerawat saat meradang maka jerawat tidak akan menimbulkan bopeng pada wajah anda.

Salah satu manfaat dari getah buaya adalah untuk menghilangkan jewarat dan juga bekasnya. Anda dapat mencoba getah pepaya ini dan mengaplikasikannya sebelum tidur pada malam hari. Biasanya hasil mulai tampak setelah satu bulan pemakaian.

Artikel terkait :

2. Tumit pecah pecah

Pernahkan anda melihat kondisi tumit yang mengalami pecah – pecah ? tentu saat melihatnya anda akan merasa kurang senang karena sangat menganggun penampilan. Memang letaknya yang tersembunyi membuat tumit pecah – pecah sering di abaikan, namun bagi anda yang ingin selalu tampil sempurna hal ini tentu menjadi masalah besar anda. Tumit pecah di sebabkan karena tumit yang kehilangan kelembapannya. Jadi hampir semua kulit memerlukan kelembapan yang baik untuk tetap tampil indah dan halus. Tidak perlu khawatir karena anda dapat menghilangkan tumit yang pecah pecah dengan menggunakan getah pepaya. Getah pepaya dapat menghilangkan tumit yang pecah pecah sehingga menjadi mulus kembali. Cukup aplikasikan sebanyak dua kali sehari dan rasakan perbedaan dari manfaat getah pepaya ini.

Artikel terkait :

3. Luka bakar

Cara mengobati luka bakar yang alami salah satunya adalah dengan mengaplikasikan getah buaya pada luka bakar yang anda alami. Luka bakar di sini adalah luka bakar dengan lebar yang tidak terlalu luas karena jika luka bakar yang banyak justru membutuhkan resep dari dokter dan tenaga medis lainnya.

Luka bakar bisa saja terjadi saat anda tengah menjalankan aktifitas sehari – hari dengan menggunakan manfaat getah pepaya ini anda akan merasakan luka yang perlahan kering dan sembuh secara alami. Karena ini pengobatan bersifat herbal makan proses penyembuhannya cukup memerlukan waktu yang lama berangsur membaik dari sebelumnya. Yang paling penting anda ingat adalah konsisten dan telaten dalam keinginan untuk sembuh. (Baca juga : Manfaat madu)

4. Sakit gigi

Manfaat dari getah pepaya yang lain adalah untuk mengobati sakit gigi. Perawatan untuk gigi dan mulut mungkin sudah anda ketahui dari kecil. Salah satu penyebab dari sakit gigi adalah meradangnya gigi yang berlubang terkhususnya bagian geraham gigi. Gigi yang berlubang di sebabkan oleh bakteri yang terdapat pada sisa sisa makanan yang tertinggal di gigi dan tidak bersih saat menyikat gigi. Bakteri tersebut terkontaminasi dengan air ludah yang menyebabkan gigi berlubang secara perlahan lahan. Disaat sekarang ini gigi sudah menjadi perhatian yang paling penting disamping penampilan wanita yang wah setiap keluar rumah. Gigi adalah aset yang berharga sampai tua nanti untuk tetap digunakan sebagaimana fungsinya yaitu mengunyak makanan.

Artikel terkait :

5. Bisul

Anda mendapati benjolan pada bagian tubuh anda ? bisa jadi itu adalah bisul. Bisul bisa disebabkan oleh bakteri yang meradang dan menimbulkan benjolan pada kulit. Bisul terlihat merah disertai dengan rasa sakit dan di dalam bisul terdapat nanah bewarna kekuningan. Bagian bagian tubuh yang sering di serang bisul seperti ketiak dan pantat. Jika terdapat bisul anda dapat mencoba menggunakan getah pepaya oleskan kedaerha yang terkena bisul untuk kemudian di diamkan sampai beberapa detik. Pakaikan getah pepaya tersebut sebanyak dua kali sehari pada waktu pagi dan malam hari.

Artikel terkait :

Jadi manfaat pepaya sangatlah multifungsi mulai dari buah, daun pepaya dan juga getah pepaya untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan kulit.

Cara Mengaplikasikan Getah Pepaya

Bagi anda yang belum tahu cara mudah mendapatkan getah pepaya berikut ini langkah – langkah yang harus anda lakukan yaitu :

  • Getah pepaya biasanya ada di buah pepaya makan belah dua buah pepaya kemudian biarkan getahnya keluar secara berangsur – angsur.
  • Bersihkan bagian bagian yang ingin di obati dengan getah pepaya ini.
  • Setelah mendapatkan getah pepaya kemudian oleskan getah pepaya secara perlahan ke bagian yang sakit dengan menggunakan kapas.
  • Diamkan sampai beberapa saat hingga mengering.
  • Setelah kering bersihkan dengan air hangat kuku sebagai langkah terakhir pengaplikasiannya.

Khusus untuk pengobatan jerawat aplikasi getah pepaya secara teratur untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawatnya. Dalam kasus seperti jerawat untuk menghilangkan bekas lebih sulit ketimbang menghilangkan jerawat itu sendiri, karena itu penting bagi anda untuk dapat menghilangkan bekas jerawat secepat mungkin dalam menjaga penampilan.Selain dari getah pepaya yang diaplikasikan secara langsung pada bagian tubuh yang sakit getah pepaya juga banyak dijadikan tepung, cara menjadikan getah pepaya untuk membuat tepung antara lain adalah :

  • Sediakan buah pepaya yang berumur minimal tiga bulan kemudian papain diperoleh dari penyadapan getah buaya. Kenapa dipilih buah pepaya yang masih muda karena pepaya yang muda mengandung banyak getah dan ini dapat di ambil sampai beberapa kali hingga getah pepaya habis.
  •  Getah kemudian di jemur hingga kering dengan suhu antara 60 derajat celcius. Dikeringkan selama kurang lebih dua belas jam.
  •  Saat di jemur atau di keringkan penting bagi anda menjaga kebersihan getah. Jadi getah benar benar harus dalam keadaan yang bersih untuk menjaga kesterilannya.
  •  Setelah getah ini kering maka langkah selanjutnya adalah ditumbuk dan disaring hingga menhadi tepung yang halus.

Pembuatan tepung dari getah pepaya ini bertujuan untuk mempermudah pengaplikasian getah pepaya ini sebagai pengobatan. Terutama juga menghindari alergi pada jenis jenis kulit tertentu. Jika langsung dari getah mungkin akan menimbulkan rasa gatal gatal karena itu di buatkan tepung khusus dari getah pepaya ini. Bagi anda yang tidak memiliki masalah alergi dapat langsung mengaplikasikan getah pepayanya secara langsung. Tepung getah pepaya ini dapat di letakkan pada wadah kemudian beri air sedikit sebelum di pakai pada kulit yang luka.

, , , , ,
Post Date: Friday 12th, August 2016 / 02:35 Oleh :
Kategori : Kesehatan