Sponsors Link

23 Manfaat Gelatin Sapi

Sponsors Link

Sebelum kita membahas manfaat gelatin, yuk kenalan dulu lebih dekat dengan gelatin. Gelatin merupakan zat padat yang bening, tidak berasa, tidak berwarna dan rapuh jika dalam kondisi kering. Gelatin didapatkan dari kolagen hewan yang dapat ditemukanpada jaringan fibrosa yang melekatpada tulang dan kulit. Kolagen pada jaringan ini dihidrolisis sehingga didapatkan protein dan peptida yang membentuk gelatin. Gelatin yang berada di pasaran biasanya diambil dari kolagen ikan, sapi, atau babi. Secara umum gelatin banyak digunakan sebagai bahan pembuat gel pada industri makanan, farmasi, kosmetik, dan fotografi. Berikut ini beberapa manfaat gelatin yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

ads

Baca juga:

Bidang Makanan

  1. Marsmallow – Tekstur marsmallow yang lembut seperi gel ternyata tidak lepas dari campur tangan gelatin. Tidak hanya marsmallow, permen kenyal lain yang serupa juga diberi campuran gelatin. (Baca juga: Manfaat Gelembung Ikan)
  2. Agar-agar – Gelatin sering disamakan dengan agar-agar, padahal sangat berbeda. Hanya saja salah satu bahan untuk membuat agar-agar adalah gelatin.Gelatin berfungsi untuk memberi tekstur gel pada agar-agar. (Baca juga: Manfaat Royal Jelly)
  3. Jeli – Tidak hanya agar-agar, jeli yang notabene berpa gelbening seperti agar-agar juga mengandung gelatin. Hanya saja jeli memiliki efek lebih kenyal sedangkan agar-agar tidak. (Baca juga: Manfaat Jelly Gamat Gold G)
  4. Es krim – Walaupun es krim sangat berbeda bentuknya dari ketiga contoh di atas. Ternyata gelatin juga memegang peranan penting dalam pembuatan es krim. Gelatin memberi bentuk gel pada es krim sehingga tidak cepat meleleh. (Baca juga: Manfaat Cream Sari)

Farmasi dan Kesehatan

  1. Bungkus Obat/Kapsul – Seperti yang kita ketahui, bungkus obat/kapsul yang tidak diberi zat warna pada dasarnya bening/transparan. Nah bungkus obat ini terbuat dari gelatin. Cangkang lunak ini akan membantu kita agar terhindar dari rasa atau bau yang ektrim dari obat. Selain itu, cangkang ini melindungi kita dari obat yang mengandung kadar asam tinggi. Bagi penderita yang memiliki ganguan lambung akan aman karena obat akan hancur di usus bukan di lambung. (Baca juga: Manfaat Daun Bengang)
  2. Menyehatkan Sistem Pencernaan – Ternyata gelatin mampu memperbaiki lapisan mukosa pada lambung dan usus. Selain itu ia juga mampu menjaga kandung air di dalam saluran pencernaan. Dengan kata lain, gelatin mampu menjaga dan memperbaiki sistem pencernaan kita. (Baca juga: Manfaat Vegeta)
  3. Pelancar Sistem Pencernaan – Gelatin mengandung asam amino yang sangat tinggi. Asam amino ini sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Jadi, bagi yang sulit buang air besar dapat mengkonsumsi gelatin atau mengkonsumsi makanan yang mengandung gelatin seperti agar-agar. Tetapi perlu diingat, bahwa agar-agar bukanlah sebagai pengganti gelatin. Hanya saja pada saat pembuatannya diberi gelatin. (Baca juga: Manfaat Daun Pepaya Jepang)
  4. Penguat Tulang – Kolagen merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat. Karena gelatin terbuat dari kolagen, maka zat ini sangat baik untuk dikonsumsi terlebih oleh pasien penderita patah tulang. (Baca juga: Manfaat Seledri Untuk Tulang)
  5. Menyehatkan Persendian – Oleh karena gelatin dapat digunakan sebagai anti radang, maka gelatin ini sangat baik untuk persendian. Semakin renta usia seseorang, jumlah pelumas yang terdapat pada persendian juga berkurang. Hal ini mengakibatkan persendian merasakan nyeri yang luar biasa.Gelatin membantu memperbaiki pelumas pada persendian. (Baca juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet)
  6. Obat Nyeri – Gelatin mengandung zat yang disebut dengan kondroitin sehingga membantu mengurangi rasa nyeri. Oleh karena itu gelatin sering digunakan sebagai salah satu bahan obat anti nyeri. (Baca juga: Manfaat Kulit Pisang Kepok)
  7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Glisin dan prolin merupakan asam amino yang terkandung dalam gelatin yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, gelatin cocok untuk dikonsumsi bagi kita yang sering sakit-sakitan. (Baca juga: Manfaat Kangkung Merah)
    Sponsors Link

  8. Meningkatkan Kualitas Tidur – Glisin yang terkandung dalam gelatin terbukti memiliki efek menenangkan, sehinggagelatin baik dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki permasalahan tidur seperti insomnia. (Baca juga: Manfaat Tidur Pakai Kaos Kaki)
  9. Memperbaiki Fungsi Liver – Ternyata, gelatin mampu meningkatkan fungsiliver atau hati. Hati memegang peranan penting untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. (Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Wajah)
  10. Meningkatkan Fungsi Adrenal – Gelatin mengandung asam amino yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi adrenal. Adrenal adalah salah satu kelenjar di dalam tubuh manusia yang terletak di ginjal. (Baca juga: Manfaat Susu Campur Madu)
  11. Menyeimbangkan Hormon – Kandungan di dalam gelatin membantu mengatur kadar insulin di dalam tubuh sehingga baik untukpasien hipoglikemia yaitu pasien yang kadar guladalam darahnya kurang dari normal. Walaupun demikian, ia aman untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus atau kencing manis. Selain itu, gelatin juga mampu mengurangi kadar estrogen berlebih.Estrogen adalah hormon yangbanyak dimiliki oleh wanita. (Baca juga: Manfaat Tanaman Kersen)
  12. Sebagai Penyembuh Luka – Protein memegang peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Glisin yang terkandung dalam gelatin mampu mengurangi terjadinya peradangan. Oleh karena itu, gelatin mampu membantu menyembuhkan luka lebih cepat karena memperlambat terjadinya peradangan. (Baca juga: Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan)
    Kosmetik dan Kecantikan
  13. Menurunkan Berat Badan – Kandungan protein yang tinggi membuat efek kenyang lebih lama kepada pengkonsumsi. Hal ini dapat mencegah seseorang untuk makan secara berlebih. Oleh karena itu, seseorang yang sedang melakukan diet disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein salah satunya adalah gelatin. (Baca juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Diet)
  14. Memperindah Kulit – Salah satu parameter kulit yang indah adalah bebas kerutan dan selulit. Penyebab utama adanya keriput adalah kurangnya kolagen di dalam tubuh. Gelatin terbuat dari kolagen sehingga membantu mencegah terjadinya keriput. Selain itu, gelatin membatu memproduksi sel kulit yang nantinya menggantikan sel-sel kulit mati di permukaan kulit serta membantu mengencangkan kulit. Gelatin juga membantu mengurangi selulit. Selulit adalah lipatan lemak yang terperangkap di dalam kulit. Disamping itu, gelatin membantu mengecilkan pori-pori sehingga kulit menjadi lebih halus.Jadi, siapkah anda tampil lebih cantik dengan mengkonsumsi gelatin? (Baca juga: Manfaat BB Cream Oriflame)
  15. Menguatkan Rambut – Bagi yang menginginkan rambut sehat dengan cara yang mudah dapat memanfaatkan gelatin sebagai masker rambut. Penggunaan secara teratur dapat membuat rambut lebih halus, lembut dan lebih lurus. (Baca juga: Manfaat Shampo Syoss)
  16. Menyehatkan Kuku – Walaupun kuku merupakan bagian tubuh yang berukuran kecil, banyak wanita yang menginginkan kuku yang indah. Mereka melakukan berbagai treatment untuk mempercantik kuku. Kuku yang cantik adalah kuku yang sehat. Kesehatan kuku dapat diperoleh dengan mengkonsumsi gelatin secara teratur. (Baca juga: Manfaat Rumput Gajah
    Sponsors Link

  17. Bidang Fotografi – Gelatin juga memegang peranan penting dalam dunia fotogtafi. Dahulu fotografi hanya dilakukan oleh para profesional karena untuk menciptakan sebuah foto saja memerlukan proses yang sangat kompleks. Sekitar tahun 1880, George Eatsman membuat rol film dengan gelatin sehingga dunia fotografi berkembang pesat. Untuk saat ini, fotografi dengan film sudah tergeser oleh maraknya fotografi dengan kamera digital. Namun, fotografer profesional banyak yang masih suka menggunakan rol film. (Baca juga: Manfaat Ilmu Fisika)

Bidang Pendidikan

  1. Bahan Penelitian – Sebagai bahan penelitian, gelatin dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengembangkan plastik biodegradable. Plastik ini merupakan jenis plastik yang mampu terurai sendiri sehingga tidak menambah tumpukan sampah plastik. (Baca juga: Manfaat Hipotesis)
  2. Media Penelitian – Sebagai media penelitian, gelatin dapat dimanfaatkan bagi yang sedang melakukan pengembangan di bidang pertanian. Salah satu contohnya adalah penelitian tentang anggrek yang menggunakan teknik kultur jaringan. Hal ini dikarenakan teknik kultur jaringan dapat menggunakan media tanam berupa gelatin seperti agar-agar. (Baca juga: Manfaat Penelitian)

Sudah banyak manfaat gelatin yang kita bahas di atas.Ternyata gelatin dapat dimanfaatkan di berbagai bidang. Baik digunakan sebagai bahan yang dikonsumsi maupun sebagai bahan campuran untuk membuat suatu produk.Untuk gelatin yang dikonsumsi, sangat baik bagi anda untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Agar nantinya, anda mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari gelatin. Selamat membaca 🙂

Banca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 07th, June 2017 / 12:55 Oleh :
Kategori : Makanan