Sponsors Link

15 Manfaat Gas Mulia Dalam Kehidupan

Sponsors Link

Gas mulia merupakan gas yang telah mencapai unsur kesempurnaan dari gas – gas yang telah ada di alam. Gas mulia adalah unsur yang tidak reaktif dan tidak inert. Reaktif disini merupakan gas mulia yang tidak cepat tanggap tapi memerlukan waktu untuk tanggap atau adanya rangsangan sebelumnya. Untuk inert sendiri berarti gas mulia yang tidak kecil efeknya. Dalam arti kata merupakan gas mulia yang memiliki efek sangat besar bagi kehidupan manusia. Gas mulia banyak di manfaatkan oleh manusia untuk melakukan eksperimen yang sebelumnya belum pernah di lakukan. Adapun gas mulia memiliki beberapa jenis diantaranya adalah :

ads

Helium

Helium memiliki sifat yang ringan dan tidak mudah terbakar sehingga gas helium ini memiliki fungsi diantaranya adalah untuk :

1. Pengisi balon udara

Pernahkah kamu melihat balon udara yang besar yang bisa di naiki oleh manusia diatasnya ? Jika di Indonesia tentu akan sangat jarang ditemui tapi jika di luar negeri pemandangan ini sangat sering di jumpai. Salah satu manfaat udara gas helium ini adalah untuk pengisi balon udara, agar bisa terbang tinggi  dan terlihat sangat indah sekali melihat pemandangan sekeliling dari atas balon udara.

2. Tabung penyelam

Jika kamu hobi diving maka kamu akan menggunakan satu paket alat penyelam termasuk oksigen yang kamu gunakan untuk dapat bernafas di dalam laut. Tahukah kamu isi dari tabung oksigen itu di campur dengan helium sebagian dalam tabung penyelam.

3. Pendingin

Helium juga berfungsi untuk pendingin karena mempunyai titik uap yang sangat rendah.

Neon

neon ini memiliki warna yang bewarna warni dan indah sehingga fungsi dari neon ini adalah untuk mengisi lampu seperti :

1. Mengisi lampu neon

Sekilas mendengar lampu neon kamu akan merasa tidak asing mendengarnya karena neon merupakan salah satu merk lampu terkenal. Mungkin karena lampu ini berisi gas mulia neonlah maka di sebut juga dengan lampu neon.

2. Serba guna

Salah satu kelebihan neon lainnya adalah serba guna yang bisa digunakan untuk bermacam – macam kegunaan yaitu untuk indikator tegangan tinggi, sebagai zat pendingin dan mengisi tabung televisi.

3. Penangkal petir

Gedung – gedung pencakar langit yang tinggi menjulang itu biasanya juga di lengkapi keamanan saat badai datang yaitu penangkal petir. Petir biasanya sering menyambar gedung – gedung tinggi, tapi berkat gas mulia ini penangkal petir dapat menjadi salah satu manfaatnya yang penting dalam bidang pembangunan gedung pencakar langit.

4. Tanda pada pesawat

Neon juga banyak digunakan sebagai tanda bagi pesawat terbang yang digunakan untuk memberi tanda – tanda yang di perlukan.

Argon

Argon merupakan salah satu unsur yang bersifat paling keras adapun manfaaat dari argon ada dua buah yaitu :

1. Pengisi bola lampu

Argon banyak digunakan sebagai pengisi bola lampu khusus untuk bola lampu pijar. Jadi saat kamu menggunakan bolalampu pijar maka argon digunakan untuk mengisinya.

2. Las titanuim dan stainless steel

Salah satu manfaat argon yaitu banyak digunakan untuk las titanium dan stainless steel. (Baca juga : Manfaat gas argon bagi kehidupan)

Kripton

Unsur gas mulai kripton memiliki manfaat untuk bidang fotografi seperti berikut ini :

1. Untuk pengisi lampu

Kripton juga banyak di gunakan untuk pengisi lampu dengan tekanan rendah fluoresen. Biasanya tidak hanya kripton yang digunakan argon juga bisa di gunakan untuk prngisi lampu fluoresen.

2. Untuk lampu kilat

Dalam dunia fotografi kripton juga memiliki manfaat yang di gunakan dalam lampu kilat dengan kecepatan yang tinggi untuk menghasilkan gambar yang jernih dan bagus.

Xenon

Adapun manfaat xenon adalah untuk :

1. Pembunuh bakteri

Xenon banyak digunakan sebagai lampu pijar untuk membunuh bakteri. Bakteri yang dibunuh biasanya membawa dampak negatif bagi kehidupan tanaman. Jadi penggunaan xenon sangat bermanfaat bagi kehidupan.

2. Tabung elektron

Manfaat xenon yang lainnya adalah digunakan sebagai bahan pembuatan tabung elektron.

Radon

Radon memiliki manfaat di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Terapi kanker

Dalam bidang kesehatan radon banyak digunakan sebagai terapi kanker karena memiliki sifat radioaktif.

2. Peringatan gempa

Di daerah – daerah yang rawan gempa radon memiliki manfaat untuk sistem peringatan gempa. Cara kerjanya adalah saat gempa terjadi kadar radon akan segera mengalami perubahan sehingga bisa secepatnya di ketahui dari kada radon yang berubah.

Sifat – sifat Gas Mulia

ads
Gas mulia juga memiliki beberapa sifat – sifat sulit untuk berikatan dan jika berikatan akan terikat secara ionik dengan unsur lain. Adapun sifat – sifat gas mulia adalah sebagai berikut :

1. Tidak berbau

Gas mulia tidak memiliki bau sama sekali dan cenderung berbau netral dan normal. Sehingga saat berada di dekat gas mulia ini tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Tidak berwarna

Salah satu sifat dari gas mulia adalah tidak memiliki warna sama sekali.

3. Tidak berasa

Sifat gas mulia tidak memiliki rasa sama sekali karena murni. Jadi unsur gas mulia ini tidak berasa dan rasanya cenderung normal.

4. Mudah terbakar

Mudah terbakar juga merupakan salah satu kelemahan dari gas mulia ini, karena harus di gunakan dengan sangat hati – hati saat berada di tempat yang mudah terbakar.

Sifat umum dalam tabel adalah sebagai berikut :

Unsur Lambang Nomor

Atom

Energi Ionisasi (kJ/mol) Jari – jari Atom Titik Leleh(oC) Titik Didih (oC)
Helium He 2 2.379 1,40 -272 -269
Neon Ne 8 2.087 1,54 -249 -246
Argon Ar 18 1.527 1,88 -189 -186
Kripton Kr 36 1.357 2,02 -157 -152
Xenon Xe 54 1.177 2,16 -112 -107
Radon Rn 86 1.043 -71 -61,8

 Dampak Negatif

Selain memiliki banyak manfaat gas mulia juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia di bidang kesehatan. Berikut ini beberapa dampak negatif yang di timbulkan dari gas mulia yaitu :

  • Sistem pernafasan

Di bidang kesehatan salah satu dampak negatif yang timbul adalah sistem pernafasan yang akut yang menyerang kehidupan manusia. Pernafasan merupakan salah satu bagian terpenting bagi manusia untuk dapat hidup. Jika saluran pernafasan terganggu maka dapat menyebabkan kematian bagi kehidupan.

Artikel terkait :

  • Kanker paru – paru

Salah satu dampak negatif lainnya adalah kanker paru – paru. Saluran pernafasan yang terganggu karena unsur gas mulia lama – kelamaan akan menyebabkan kanker paru – paru. Kanker paru – paru merupakan jenis kanker yang paling mematikan nomor dua di dunia. Sehingga unsur gas mulia juga terkadang memiliki dampak negati di bidang kesehatan.

Artikel terkait :

Meskipun memiliki dampak positif bagi kehidupan teknologi manusia, dampak negatif dari unsur gas mulia juga ada di bidang kesehatan yang di perlukan di sini adalah kewaspadaan untuk tetap menjaga agar dampak negatif dari unsur gas mulia ini dapat di tangani sejak dini.

Di bidang ini para ahli haru lebih waspada untuk mengetahui gejal – gejala akibat dampak negati yang terdapat pada unsur gas mulia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 15th, July 2016 / 09:10 Oleh :
Kategori : Alam