Sponsors Link

15 Manfaat Garam Inggris untuk Kesehatan

Sponsors Link

Garam inggris adalah jenis garam yang sebenarnya bukan berasal dari murni garam. Garam ini terbentuk dari jenis senyawa mineral murni yang berasal dari alam dalam bentuk magnesium dan sulfat. Garam inggris sudah banyak digunakan oleh semua masyarakat di dunia karena manfaatnya yang sangat besar.

ads

Kandungan Garam Inggris

Kandungan senyawa magnesium dan sulfat dalam garam inggris bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Sementara itu manfaat magnesium dikenal dalam mengatasi berbagai jenis peradangan danat membantu mencegah masalah pengerasan arteri. Sulfat dalam garam inggris memiliki manfaat membantu tubuh menyerap nutrisi dan mengatasi berbagai penyakit keluhan nyeri.Garam Inggris sudah sejak lama beredar di Indonesia. Garam ini memiliki kegunaan  yang sangat besar

Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat garam inggris di berbagai bidang :

1. Menenangkan Suasana Hati

Jika anda stress atau merasa tertekan, maka bisa mencoba untuk mandi dengan larutan air garam inggris. Caranya adalah dengan melarutkan beberapa sendok garam inggris ke dalam air hangat dan bisa menggunakannya untuk mandi atau berendam. Ketika garam inggris larut dalam air hangat maka semua material magnesium dan sulfat akan diserap oleh kulit.

Magnesium akan berperan untuk meningkatkan produksi serotonin, sehingga tubuh menjadi lebih santai dan tenang. Selain itu magnesium juga bisa meningkatkan stamina tubuh. Sementara itu sulfat akan bekerja untuk meningkatkan kualitas tidur. Jadi, Anda perlu mencobanya saat sedang lelah dan jenuh.


Berbagai aktivitas lain yang bisa membuat hati lebih senang :

2. Mencegah Pembekuan Darah

Kandungan magnesium dan sulfat dalam garam inggris tidak hanya tenang untuk pikiran dan perasaan. Selain itu, garam inggris juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah semua jenis penyakit yang menyerang jantung seperti stroke, gangguan detak jantung. Bahkan garam inggris juga bisa membuat tekanan darah menjadi lebih stabil, mengurangi arteri yang mengalami kerusakan dan mencegah pengerasan arteri sehingga penting untuk mencegah akibat buruk dari pembekuan darah.

3. Membuat Otot dan Saraf Semakin Sehat

Garam inggris dipercaya bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatur tingkat elektrolit dalam tubuh. Hal ini juga akan berakibat baik untuk kondisi otot, enzim dan saraf. Bahan kandungan magnesium dalam garam inggris bisa bermanfaat untuk membantu penyerakan kalsium serta menjadi tenaga listrik yang dibutuhkan saraf tubuh.


Untuk mengoptimalkan kesehatan otot dan syaraf ini bisa dengan mengkonsumsi :

4. Mengurangi Rasa Sakit

Kebiasaan mandi air hangat dengan garam inggris sangat baik untuk mencegah peradangan dan menyembuhkan rasa sakit karena kelelahan atau cedera. Karena itulah garam inggris sangat baik untuk mencegah radang otot, sakit kepala karena migrain. Merendam kaki yang sedang lelah dan sakit pada bak yang berisi air garam inggris juga akan meringankan rasa sakit pada kaki. Efeknya akan langsung terasa sehingga lebih menyenangkan.

5. Mengatasi Sembelit

Efek dari garam inggris juga bisa membantu membersihkan usus besar atau membantu proses detoksifikasi usus besar. Sembelit biasanya diakibatkan karena konsumsi serat yang kurang sehingga usus besar tidak bisa berfungsi dengan baik. Garam inggris akan membantu tubuh dalam meningkatkan kadar air dalam usus besar sehingga membantu proses pembuangan sisa makanan dalam usus besar.

Tapi konsumsi garam inggris untuk mengatasi sembelit harus digunakan dalam jumlah yang terbatas untuk mengurangi efek sampingnya.

6. Mengurangi Resiko Diabates

Penyakit diabetes disebabkan karena kadar gula dalam darah yang cukup tinggi. Penyakit ini akan menyebabkan tubuh tidak bisa mendapatkan insulin dalam jumlah yang cukup atau bahkan terjadi resistensi insulin. Karena itu manfaat garam inggris yang mengandung magnesium dan sulfat bisa membantu meningkatkan kadar insulin dan mencegah resiko penyakit diabetes.

7. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Fungsi dari sulfat dalam garam inggris bisa digunakan untuk membantu mengeluarkan semua racun dala tubuh termasuk racun pada sel-sel tubuh. Selain itu sulfat akan membantu tubuh dalam mengatasi rasa lelah, nyeri pada otot dan menghilangkan semua jenis zat yang berbahaya pada tubuh dan kulit. Jika mandi atau berendam dengan air garam inggris secara rutin maka kulit akan menjadi lebih lembut, karena pori-pori menyerap magnesium dan sulfat dalam air dan menarik semua racun keluar dari tubuh.


Sejumlah bahan berikut ini perlu dikonsumsi untuk mengeluarkan racun :

8. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

ads

Ketika wajah terlalu banyak mendapatkan aplikasi dari berbagai jenis produk kosmetik, maka jumlah sel kulit yang mati akan lebih banyak. Sel kulit mati sama sekali tidak bisa lepas dari kulit. Anda bisa menggunakan manfaat garam inggris untuk membantu menghilangkan sel kulit mati. Ambil garam inggris dan gunakan seperti scub. Anda bisa menggunakan garam inggris untuk bagian tangan, kaki, tubuh dan wajah.

9. Menghilangkan Komedo

Anda juga bisa menggunakan manfaat garam inggris untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan mencampur beberapa sendok garam inggris dengan yodium kemudian campur dengan air panas. Aduk hingga rata dan gunakan airnya untuk memijat bagian yang banyak memiliki komedo. Dengan cara ini maka Anda bisa menghilangkan komedo dengan nyaman dan tanpa rasa sakit. Bahkan bagian yang berkomedo akan tetap terlihat lembut dan tidak akan timbul ruam.


Solusi kecantikan kulit lainnya yang mampu mengatasi komedo :

10. Membuat Rambut Menjadi Tebal

Jikamemiliki rambut yang tipis dan merasa tidak percaya diri maka Anda bisa meningkatkan ketebalan rambut dengan garam inggris. Caranya adalah dengan mencampurkan garam inggris dengan satu gelas air. Aduk rata dan gunakan campuran ini sebagai pelembab rambut. Biarkan hingga beberapa lama diatas kepala hingga agak kering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan terapi ini selama dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Manfaat Garam Inggris untuk Keperluan Rumah Tangga

Selain sebagai solusi kesehatan dan kecantikan, manfaat garam inggris banyak membantu dalam peekrjaan runah tangga seperti :


1. Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

Kerak kamar mandi memang sangat menjengkelkan, bahkan kerak tidak akan mudah hilang meskipun sudah dibersihkan dengan cairan pembersih. Jika memiliki garam inggris di dapur maka ambil beberapa sendok garam inggris dan campur dengan sabun cair pencuci piring. Campur hingga rata dan gunakan untuk melunturkan kerak kamar mandi.


2. Membersihkan Material Stainless Steel

Salah satu perangkat stainless steel yang paling sering digunakan di dapur adalah produk wastafel. Sering kotorang yang terus menumpuk akan menyebabkan wastafel tidak nyaman untuk digunakan. Untuk menghilangkan noda yang membandel maka Anda bisa menggosok wastafel dengan garam inggris.


3. Menyuburkan Tanaman

Jika Anda memiliki hobi berkebun maka membuat tanaman subur adalah hal yang sangat menyenangkan. Untuk mengatasi tanaman yang kurang subur maka Anda bisa menggunakan garam inggris. Kandungan magnesium dan sulfat dalam garam inggris bisa membantu meningkatkan nutrisi dalam tanah, serta bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk tanaman. Anda bisa menaburkan garam inggris untuk bagian tanah selama dua kali dalam seminggu.


4. Mempertahankan Daun Tanaman Tetap Sehat

Terkadang ketika tanaman sudah berusia lama maka daunnya akan mengering, kuning dan mati. Untuk mencegah hal ini maka Anda bisa membantu memupuk tanaman dengan garam inggris. Anda bisa melarutkan garam inggris dalam air kemudian gunakan untuk menyiram tanaman selama dua atau tiga kali dalam seminggu. Garam inggris membantu tanaman mendapatkan garam dan nutrisi yang tepat untuk mempertahankan warna daun.


5. Membunuh Racun Tanaman

Berbagai jenis racun tanamam termasuk serangga akan membuat bunga menjadi layu dan kemudian mati. Untuk mencegah semua jenis racun dan serangga yang merusak tanaman maka Anda bisa melarutkan garam inggris dengan air kemudian semprotkan ke semua bagian tanaman.


Garam inggris menjadi salah satu campuran senyawa magenisum dan sulfat yang bisa bermanfaat dalam berbagai bidang seperti kecantikan, kesehatan dan rumah tangga. Hingga saat ini garam inggris telah banyak digunakan sesuai manfaatnya dan belum ada klaim mengenai efek samping dari garam inggris.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, September 2015 / 09:38 Oleh :
Kategori : Herbal