Sponsors Link

5 Manfaat Gandum Untuk Diet Sehat

Sponsors Link

Gandum termasuk dalam tanaman serelia yang banyak mengandung karbohidrat. Gandum merupakan mayoritas makanan pokok negara di dunia. Produksi gandum melebihi produksi padi di seluruh dunia. Secara umum jenis gandum terbagi menjadi gandum putih dan gandum merah. Beberapa jenis gandum lain antara lain gandum hitam, gandum kuning, dan gandum biru.

ads

Artikel terkait:

Kandungan Nutrisi Gandum

Gandum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam 100 gram gandum terdapat energi sebesar 327 kkal. Karbohidrat yang dikandung dalam 100 gram gandum sebesar 71% dan beberapa nutisi lain melengkapi kandungan gizinya seperti protein sebesar 12%, serat fiber 12%, lemak, vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh.

Artikel terkait:

Beberapa kandungan gandum dan manfaatnya antara lain:

  • Vitamin B1(tiamin) – asupan harian tiamin yang disarankan adalah 1 mg. kandungan tiamin dalam 100 gram gandum sebesar 33% dari asupan nutrisi harian yang disarankan.
  • Vitamin B2 (roboflavin) – manfaat riboflavin adalah sebagai co-enzim dalam berbagai metaboisme tubuh. konsumsi 100 gram gandum memenuhi 10% asupan riboflavin yang disarankan per hari.
  • Vitamin B6 (niasin) – manfaat vitamin B6 bagi tubuh adalah untuk fungsi darah, kulit dan sistem saraf pusat. kandungan niasin dalam 100 gram gandum memenuhi 23% kebutuhan niasin harian.
  • mangan – manfaat mangan bagi tubuh adalah untuk membantu pencernaan protein dan lemak. dalam 100 gram gandum terdapat 3,9 gram mineral mangan atau 190% dari kebutuhan harian. sehingga gandum sangat baik untuk pencernaan.
  • serat – manfaat serat dalam gandum membantu proses pencernaan tubuh. oleh sebab itu konsumsi gandum sangat baik bagi organ pencernaan khususnya usus halus dan usus besar.
  • magnesium – manfaat magnesium bagi tubuh adalah untuk menjaga kestabilan mineral lain seperti kalsium, fosfor, kalium dan sebagainya. Selain itu magnesium berperan dalam kesehatan tulang. Konsumsi 100 gram gandum per hari dapat memenuhi 35% kebutuhan mineral ini per harinya.
  • zat besi – manfaat zat besi bagi tubuh adalah sebagai bahan utama pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. kandungan zat besi dalam 100 gram gandum memenuhi 25% asupan zat besi yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

Manfaat Gandum

Gandum memiliki beberapa manfaat gandum untuk diet yang sehat, antara lain :

  1. Gandum utuh mengandung banyak serat fiber

Serat fiber dicerna dengan lambat oleh tubuh manusia, akibatnya tubuh tidak cepat merasa lapar. Oleh karena itu gandum dapat membantu diet dengan cara memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

  1. memperlancar pencernaan

konsumsi gandum dapat memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh. Gandum mengandung asam laktat yang baik bagi kesehatan usus besar.

  1. mengontrol berat badan

Mengonsumsi gandum utuh secara teratur dapat menjaga berat badannya dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi karbohidrat selain gandum (beras, jagung, dan sebagainya).

Artikel terkait:

Sponsors Link

  1. menjaga penyebaran lemak

konsumsi gandum utuh dipercaya dapat menurunkan jumlah simpanan lemak dalam tubuh. selain itu lemak yang disimpan tersebar merata, tidak ditumpuk dalam jaringan adiposa di perut.

  1. memberikan rasa kenyang

konsumsi gandum dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya. selain rasa kenyang yang lebih lama, perlu waktu lebih lama dalam pencernaan gandum. sehingga baik untuk organ pencernaan tubuh.

Artikel terkait:

Berbagai manfaat gandum diatas dapat membantu menurunkan berat badan. Gandum dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengganti makanan pokok sehari hari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 08:23 Oleh :
Kategori : Tumbuhan