Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Gandum Hitam Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Gandum hitam dengan nama latin yaitu secale cereale. Gandum hitam digunakan sebagai makanan campuran pembuatan roti sehingga kita sering menemukan tulisan roti gandum di labeb pembungkus roti. Ya roti gandum memang terbuat langsung dari gandum hitam. Komsumsi roti gandum memang tidak terlalu sering kita lakukan karena budaya makan roti lebih banyak dilakukan oleh negara barat. Namun manfaat dari mengkonsumsi roti gamdun tidak diragukan lagi karena roti gandum kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Roti gandum lebih bermanfaat dan kaya nutrisi dari roti tawar putih oleh sebab itu untuk harga roti gandum lebih mahal. Untuk anda yang khawatir terjadinya peningkatan kolesterol tidak perlu khwatir karena roti ini bebas dari kolesterol jahat.

Kandungan gandum hitam

Gandum hitam memiliki banyak nutrisi dan vitamin antara lain adalah sebagai berikut :

  • Protein yang berguna untuk meregenerasi sel sel yang telah mati di dalam tubuh untuk memunculkan sel sel baru. (Baca juga : Manfaat protein)
  • Vitamin b berguna untuk mencegah penyakit beri – beri.
  • Antioksidan untuk melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sehingga kulit tampak selalu sehat dan elastis seperti kulit bayi. ( Baca juga : Manfaat antioksidan)
  • Zat besi yang baik untuk perkembangan otak. (Baca juga : Manfaat zat besi)

Dari kandungan yang terdapat pada gandum hitam ini ada beberapa manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Berikut ini ulasan mengenai manfaat gandum hitam yaitu :

1.Kaya akan serat

Gandum hitam memiliki kandungan serat yang banyak. Seperti diketahui manfaat serat baik untuk sistem pencernaan. Serat melancarkan sistem pencernaan sehingga pembuangan sisa makanan yang tidak digunakan oleh tubuh dapat di buang dengan sempurna. Gandum hitam terdapat pada roti gandum yang memang memiliki bahan dasar gandum hitam. Makan tidak ada salahnya menjadikan roti gandum sebagai cemilah sehat anda.

Artikel terkait :

2. Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena jumlah kadar gula yang melebihi batas normal karena hormon insulin yang sudah tidak bekerja lagi secara optimal. Penderita diabetes sangat merasakan bahwa penyakit ini memang sulit untuk disembuhkan namun mngontrol kadar gula tetap harus di lakukan. Diabetes bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi.

Artikel terkait :

3. Diet

Anda peduli dengan penampilan dan risih jika memiliki berat badan yang lebih dari batas normal ? Semua wanita menginginkan badan yang langsing karena banyak yang menggambarkan kecantikan wanita adalah memiliki badan yang langsing. Namun untuk menjadi langsing tidaklah mudah butuh usaha dan olahraga yang teratur. Selain olahraga juga ada pilihan untuk menjalankan diet agar berat badan bisa turun. Pemilihan program diet haruslah sadar bahwa diet adalah mengatur pola makan bukan berhenti makan terutama makan nasi. Nasi memiliki kandungan karbonhidrat yang merupakan sumber utama energi untuk melakukan aktifitas sehari – hari. Bayangkan jika anda berhenti mengkonsumsi nasi dengan alaasan sedang diet. Yang ada hanyalah jatuh sakit bukan langsing. Mari melakukan diet sehat dengan tetap makan nasi dan juga ganti cemilah anda dengan roti gandum yang terbuat dari gandum hitam.

Artikel terkait :

sponsored links

4. Mencegah kanker

Kanker merupakan sel sel dalam tubuh yang berkembang dengan tidak terkendali lagi. Kanker merupakan pembunuh pertama di dunia. Berbagai jenis kanker pernah di derita semua orang dan berujung dengan kematian. Memang jika sudah masuk pada stadium lanjut kanker akan sulit untuk disembuhkan. Namun jika masih tahap awal kemungkinan untuk sembuh masih bisa diusahakan. Kanker bisa disebabkan karena makanan yang tidak sehat, pola pikir dan kurang bergerak. Namun beberapa makanan sehat sepeti gandum hitam mampu untuk mencegah timbulnya kanker. Jika sudah tahu manfaat dari gandum hitam yang hebat ini coba konsumsi roti yang terbuat dari gandum hitam untuk membantu anda selalu sehat.

Artikel terkait :

5. Menyehatkan jantung

Manfaat terbaik dari gandum hitam adalah memberikan kesehatan bagi organ jantung. Jantung di dalam tubuh berada di dalam rongga rusuk. Fungsi dari jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar semua organ dapat menjalankan fungsinya dengan sempurna. Makanan yang berbahan dasar gandum hitam dapat diperoleh dari roti gandum hitam dan aneka makanan sehat lainnya yang berbahan dasar gandum hitam.

Artikel terkait :

6. Kesehatan kulit

Gandum hitam juga memiliki manfaat untuk memberikan kesehatan pada kulit. Bagian pelindung tubuh dari luar ini juga perlu diberikan nutrisi untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Kesehatan kulit erat kaitannya dengan vitamin e. Vitamin e berfungsi untuk menyehatkan kulit dan vitamin e ini banyak terdapat pada gandum hitam.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari gandum hitam yang dapat anda konsumsi untuk memberikan kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.

Olahan Gandum Hitam

Seperti yang telah disebutkan gandum hitam yang kaya manfaat olahan dari gandum hitam adalah roti gandum yang banyak kita temukan di mal – mal dan toko roti. Roti gandum sama khasiatnya dengan gandum hitam karena memang berbahan dasar dari gandum hitam asli. Berikut ini untuk membuat olahan roti gandum hitam lebih nikmat saat di konsumsi sehari – hari :

1.Roti gandum isi

Membuat roti gandum isi ini lebih mudah karena biasa dimakan untuk sarapan pagi. Jadi cara membuatnya cukup sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Bahan – bahanya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan roti gandum hitam yang sudah anda beli sebelumnya.
  • Sediakan juga keju parut dan beberapa buah sesuai dengan keinginan.
  • Belah dua roti gandum dan letakkan keju beserta buahnya kemudian lapisi kembali dengan roti gandumnya.
  • Baru kemudian dapat dikonsumsi.

Roti gandum isi dapat anda buat dirumah dan disajikan dalam jumlah yang banyak sesuai dengan kebutuhan keluarga di rumah.

2. Puding roti gandum

Bahan – bahan yang harus disediakan untuk membuat puding roti gandum antara lain :

  • 3 lembar roti gandum hitam
  • Susu cair
  • Agar – agar
  • Gula pasir

Cara pengolahan dari puding roti gandum yaitu :

  • Rendam terlebih dahulu 3 lembar roti gandum ke dalam susu cair selama 30 menit
  • kemudian baru diblender hingga halus.
  • Setelah di blender masukkan ke dalam panci kemudian tambankan susu cair kembali, agar – agar dan gula pasir. Aduk hingga merata kesemua bahan – bahan tersebut.
  • Masak dengan api yang sedang hingga mendidih.
  • Setelah mendidih tuangkan ke dalam cetakan dan biarkan dingin.

Atau jika anda ingin menikmati puding roti gandum dalam keadaan yang segar dapat mencoba menyimpannya selama beberapa jam dikulkas baru kemudian di keluarkan. Dan dapat langsung disajikan.

3. Roti gandum shootel

Dari namanya terlihat sangat keren dan masa kini. Namun roti gandum shootel ini masih berbahan dasar gandum hitam. Berikut ini bahan – bahan untuk membuatnya yaitu :

  • Corned beef
  • Roti gandum
  • Susu cair
  • Oatmeal
  • Putih telur

Dan langkah-langkah pembuatannya yaitu :

  • Roti gandum di potong dengan bentuk kotak – kotak dan rendam di dalam susu cair beserta dengan oatmela selama 30 menit.
  • Putih telur dikocok sedikit saja tidak perlu lama – lama dan tuangkan ke dalam roti gandum dan oatmela tadi. Aduk hingga merata.
  • Corned beef yang telah disediakan sebelumnya masukkan ke dalam bahan – bahan yang telah diaduk tadi.
  • Masukkan ke dalam oven dengan uhu antara 180 – 200 celcius.
  • Setelah itu masukkan ke dalam cetakan dan di panggang.

Dapat langusng di makan dalam keadaan panas – panas sambil jangan lupa beri irisan daun seledri diatasnya.

Demikianlah cara mengolah roti gandum bercita rasa dan tidak mebosankan karena selalu ada ide baru dalam bentuk penyajiannya bagi kesehatan dan kecantikan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 22nd, October 2016 / 04:11 Oleh :
Kategori : Makanan