Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Gambir Untuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Gambir (Uncaria gambir) adalah tanaman yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini sering digunakan sejak dulu oleh orang Indonesia sebagai bahan menyirih. Kandungan gambir dipercaya dapat menguatkan dan mengobati masalah gigi dan mulut.

Deskripsi dan Kandungan Gambir

Gambir adalah tanaman merambat yang memiliki daun bulat meruncing hampir menyerupai sirih. Pada bagian tanaman gambir ditemukan adanya duri yang melindunginya. Gambir juga memiliki bunga yang berwarna pink yang indah dan mencolok. Beberapa kandungan yang ada pada gambir yaitu alkaloid, tanin, dihidro tanin, okso tanin, katekin dan flavonoid. Sebelumnya telah dibahas tentang manfaat gambir dan manfaat getah gambir. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang manfaat gambir untuk diabetes.

Artikel terkait:

Diabetes

Diabetes adalah penyakit akibat kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Sebenarnya dalam keadaan normal kadar gula darah dapat meningkat satu atau dua jam setelah makan. Hal ini disebabkan makanan yang dicerna tubuh sedang diserap dan diedarkan dalam darah. Dalam kasus diabetes tipe 1, tubuh tidak menghasilkan hormon insulin untuk mengolah gula darah sehingga kadar gula darah meningkat secara signifikan. Sedangkan dalam kasus diabetes tipe 2, tubuh mampu menghasilkan insulin namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Oleh karena itu penderita diabetes harus menjaga pola makannya dengan baik. Beberapa bahan makanan untuk penderita diabetes dapat dilihat pada artikel:

Manfaat Gambir Untuk Diabetes

Sebagimana yang dipaparkan diatas, gambir memiliki kandungan alkaloid, tanin, dihidro tanin, okso tanin, katekin dan flavonoid. Kandungan gambir dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan alkaloid memiliki fungsi memperlancar masuknya nutrisi, dalam hal ini gula darah masuk dan diproses dalam sel tubuh. Semakin banyak sel yang mengolah gula darah maka kadar gula darah dapat menurun. Alkaloid membuka pori pori sel sebagai jalan masuk ke dalam sel sekaligus jalan keluar hasil metabolisme tubuh. Sehingga bukan hanya membantu pengolahan gula darah, kandungan alkaloid membantu proses pembuangan hasil metabolisme dari sel tubuh. Beberapa buah dan sayuran lain yang memiliki kandungan alkaloid dapat dibaca dalam artikel:

sponsored links

Selain alkaloid, gambir juga mengandung flavonoid. Flavonoid memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Flavonoid adalah senyawa bioaktif yang bisa ditemukan dalam buah, kacang-kacangan, biji, dan beberapa sayuran dan berperan dalam perkembangan sel. Beberapa penelitian menunjukkan flavonoid dapat digunakan untuk terapi pengobatan diabetes. Pada penelitian menggunakan tikus percobaan ditemukan efek kandungan flavonoid dapat menurunkan enzim aldose reductase, membantu regenerasi sel beta pankreas, dan meningkatkan sekresi insulin. Sel beta pankreas adalah tempat dimana hormon insulin diproduksi. Sehingga secara tidak langsung kandungan flavonoid dapat meningkatkan produksi hormon insulin juga.

Artikel terkait:

Demikian uraian artikel manfaat gambir untuk diabetes. Meskipun gambir memiliki khasiat yang baik, konsumsinya harus dibatasi. Cukup dengan konsumsi gambir dua kali sehari. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek negatif bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 04th, November 2016 / 05:01 Oleh :
Kategori : Herbal