Sponsors Link

11 Manfaat Folic Acid Bagi Kesehatan (No.7 Tidak di Sadari)

Sponsors Link

Folic acid atau biasa disebut asam folat adalah salah satu vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Folic acid juga termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks tepatnya B9. folic acid merupakan vitamin yang larut dalam air dan merupakan vitamin yang multifungsi. Manfaat paling besar asam folat selain  untuk kesehatan tubuh juga sangat penting bagi ibu hamil serta perkembangan janin yang dikandung.

artikel terkait : manfaat asam folat , Manfaat Jagung bagi Penderita Asam Lambung

Manfaat Folic Acid untuk Kesehatan

  1. untuk menjaga kesehatan jantung

Folic acid atau asam folat mmeiliki peran dalam keadaan jantung. salah satunya yaitu kandungan homsistein yang ada pada jantung akan berbahaya jika meningkat karena bisa menyebabkan masalah pengerasan arteri atau masalah kardiovaskular, sehingga asam folat tersebut bisa mengurangi kadar homosistein pada jantung dan meminimalisir masalah. (Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Jantung , Manfaat Alpukat Untuk Jantung)

  1. meminimalisir resiko stroke

Masih berhubungan dengan masalah homosistein yang dihasilkansecara berlebihan didalam tubuh bisa memberi resiko terkena penyakit stroke. karena produksi homosistein yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang bisa menyumbang resiko penyakit stroke walaupun stroke sendiri bisa diakibatkan oleh banyak faktor. maka dari itu asam folat dapat mengurangi homosistein yang berlebihan. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Kardio , Manfaat Biji Cabe)

  1. baik untuk ibu hamil

Asam folat sangat baik dan dianjurkan untuk selalu menjadi salah satu vitamin yang ada dalam asupan nutrisi ibu hamil. folic acid atau asam folat berguna dalam mengurangi atau meminimalisir cacat bawaan lahir pada janin yang biasa disebabkan karena kekurangan asupan asam folat, sehingga Asam folat (folic acid) merupakan vitamin penting untuk kehamilan.

baca juga:

  1. Memiliki efek kesuburan bagi wanita

Asam folat memiliki peran juga untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Sehingga seorang wanita yang merencanakan kehamilan bisa memanfaatkan folic acid sebagai bantuan nutrisi yang bisa menambah kesuburan sehingga kehamilan yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik.

  1. Mengurangi anemia

Asam folat memiliki manfaat untuk pembentukan sel darah pada tubuh. Sehingga konsumsi folic acid bisa mengurangi anemia sebaliknya kekurangan asupan folic acid bisa menyebabkan anemia. Maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat atau folic acid sehingga bisa menjaga kadar pembentukan sel darah agar tidak mengalami anemia.

baik juga untuk anemia : manfaat jambu biji –  manfaat telur – manfaat kurma

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat selanjutnya dari folic acid adalah membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Folic acid berperan sebagai nutrisi yang berguna untuk pembaruan sel pada tubuh. Selain bermanfaat pada pembentukan sel darah merah, sel yang mengalami pembaruan dengan bantuan folic acid adalah sel kulit. Proses regenerasi sel kulit juga dibantu dengan folic acid. (baca juga: Manfaat Susu Campur Mentega, Manfaat Susu Campur Jahe)

sponsored links
  1. Berguna untuk proses pembentukan DNA

Folic acid membantu sebagai koenzim pada tubuh yang bisa membantu proses pembentukan DNA pada tubuh manusia hal ini penting dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

baca juga baik untuk DNA : manfaat daun basil – manfaat okra – manfaat terong belanda

  1.  Membantu pembentukan hemoglobin

berkaitan dengan manfaat folic acid sebagai nutrisi yang membantu pembaruan sel termasuk sel darah pada tubuh manusia. Unsur penting dalam sel darah yaitu hemoglobin yang memiliki tugas sebagai penyalur oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Asam folat bermanfaat untuk membantu pembentukan hemoglobin sehingga kebutuhan oksigen dalam tubuh bisa tersalurkan dengan baik. (baca juga: Manfaat Paprika Kuning)

  1. Membantu pembentukan dan pemeliharaan otot

Asam folat juga memiliki manfaat pada kesehatan otot manusia. folic acid berperan sebagai nutrisi yang bisa menjaga kesehatan otot dan membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan otot. Sehingga bagi seseorang yang ingin membentuk otot atau menjaga jaringan otot selalu dalam keadaan prima maka dibutuhkan asupan nutrisi yang mengandung folic acid. (Baca Juga: Manfaat Ketan Hitam , Manfaat Kayu Manis)

  1. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat folic acid untuk organ pencernaan yaitu sebagai nutrisi yang membantu usus agar terhindar dari resiko penyakit atau gangguan pada usus.

Artikel terkait :

  1. membantu masalah psikologi

Salah satu gangguan psikologi atau gangguan emosional seperti depresi maupun gangguan kecemasan yang biasa dialami oelh seseorang. mengkonsumsi makanan yang mengandung folic acid bisa membantu dalam penyembuhan masalah psikologis seperti gangguan mental umum. (Baca juga: manfaat melon , manfaat ikan salmon)

Dari daftar manfaat folic acid diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa mengkonsumsi folic acid sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Folic acid yang memiliki manfaat dalam mengontrol dan membantu pembaruan sel pada tubuh seperti sel darah, sel kulit dll. (Baca Juga: manfaat pepaya , manfaat brokoli)

Ibu hamil yang ingin menjaga kesehatan janin dari resiko cacat bawaan lahir bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung folic acid. Disisi lain konsumsi folic acid harus sesuai dengan takaran agar tidak melebihi dosis normal konsumsi karena kelebihan konsumsi folic acid bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. (Baca Juga: manfaat pisang  , manfaat bayam)

Folic acid bisa didapatkan dari sumber alami seperti sayuran bayam, brokoli, kacang-kacangan atau buah seperti pisang dll.

baca juga sumber folic acid (asam folat):

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, March 2017 / 02:55 Oleh :
Kategori : Nutrisi