Sponsors Link

8 Manfaat Folavit untuk Ibu Hamil

Sponsors Link

manfaat folavitMemiliki anak yang sehat adalah dambaan setiap orang tua. Bagaimanapun anak akan selalu diperhatikan oleh orangtuanya agar dapat tumbuh besar dan dewasa dengan sehat dan kuat. Merawat anak- anak bukan lah hal yang mudah, dari mulai anak ada di dalam kandungan ibu selama 9 bulan 10 hari. pada masa itu ibu akan berusaha untuk selalu berhati- hati dalam setiap perbuatannya, baik perilaku, ucapan, hingga pola makannya. Ibu akan berusaha agar pemenuhan gizi bagi si janin di dalam kandungan akan selalu tercukupi, meskipun kadang- kadang ibu akan merasa mual dan kemudian muntah saat mengonsumsi makanan, minuman, atau vitamin tertentu. Namun hal itu tetap dilakukan oleh ibu demi janin yang dikandungnya.

ads

Saat ibu mengalami masa mengidam pun, seberapa aneh dan sulitnya ibu ketika menginginkan sesuatu, ibu dan ayah pasti akan menurutinya demi melihat bayi yang ada di kandungan ibu lahir dengan sempurna dan normal tanpa kekurangan suatu apapun. Inilah salah satu yang dilakukan orang tua khususnya ibu untuk menjaga dan memanjakan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Salah satu zat penting yang dibutuhkan ibu dalam menjaga kandungannya adalah asam folat. Asam folat atau folic acid, atau folate, atau folatin, atau vitamin B9, atau vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, atau pteroyl-L-glutamate, atau pteroylmonoglutamic acid merupakan vitamin yang bersifat larut di dalam air. Asam folat atau vitamin B9 ini sangat diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, mulai dari sintesis nukleotid ke remelitasi homocysteine. Asam folat ini sangat penting terutama pada period pembelahan dan juga pertumbuhan sel.  Bagi anak- anak dan orang dewasa, asam folat ini diperlukan untuk memproduksi sel darah merah atau eritrosit sehingga mencegah anemia. Selain itu, asam folat ini juga sangat penting bagi ibu hamil.

Bagi ibu hamil, harus banyak- banyak mengkonsumsi makanan atau minuman atau bahkan multivitamin yang banyak mengandung asam folat. Mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup mulai dari sebelum dan selama hamil akan mencegah timbulnya kecacatan pada tabung saraf (Neurel Tube Defects) pada bayi, yaitu spina bifida atau kelainan pada tulang belakang. Dengan konsumsi asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama hamil, yaitu sekitar 0,4 hingga 0,8 mg per hari, maka resiko timbulnya Neurel Tube Defects pada bayi dapat diturunkan hingga sebesar 80%. Bagi ibu yang berebcana hamil, perlu juga mengonsumsi asam folat ini secara cukup, minimal empat bulan sebelum kehamilan. Kekurangan asam folat beresiko bayi lahir cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf.

Apa itu Folavit?

Salah satu suplemen/ multivitamin yang banyak mengandung asam folat adalah Folavit. Folavit merupakan salah satu merk suplemen yang mempunyai kandungan asam folat tinggi yang berguna memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat demi kesehatannya. Karena kandungan asam folatnya yang tinggi, Folavit dapat menjaga bayi tetap sehat dan memenuhi kebutuhan asam folat janin saat masih di dalam kandungan. Folavit ini juga merupakan merk suplemen asam folat yang paling umum, sekaligus paling banyak digunakan. Untuk memperoleh Folavit ini, Anda bisa mencarinya di apotik. Folavit ini juga dapat dibeli tenpa menggunakan resep dari dokter.  Setiap tablet Folavit, mengandung 400 mcg asam folat.

Manfaat folavit

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa asam folat ini mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi ibu yang mengandung dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Secara lebih rinci dan jelasnya, Folavit mempunyai manfaat sebagai berikut :

  1. Vitamin yang berperan sebagai pembentuk atau produksi sel darah merah

Saat memproduksi sel darah merah atau eritrosit, selain memerlukan zat besi dan cyanocobalamin, diperlukan juga asam folat. Sel darah merah ini sangatlah penting karena berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru= paru yang kemudian dibawa hingga ke seluruh tubuh. Selain itu juga membawa karbondioksida dari seluruh tubuh untuk kemudian menuju paru- paru yang kemudian dikeluarkan mwlalui nafas.

  1. Senyawa penting bagi ibu yang sedang hamil

Ibu yang sedang hamil perlu mengkonsumsi asam folat sekurang-kurangnya 400 mcg hingga 600 mcg. Hal ini karen asam folat dapat menghindarkan bayi terlahir dengan cacat, terutama di bagian otak dan juga sumsum tulang belakang. Selain mengkonsumsi Folavit, akan lebih baik lagi jika ibu hamil mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

  1. Meringankan akibat haid atau menstruasi

Saat perempuan mengalami menstruasi, di saat itu pula sering terjadi anemia. Keluarnya darah yang terlalu banyak akan berimbas kepada tubuh. Maka dari itu asam folat diperlukan untuk membentuk sel darah merah menggantikan darah yang keluar.

  1. Meningkatkan pembentukan jaringan pada tubuh

Karena asam folat berperan dalam terbentuknya DNA, maka dapat dikatakan bahwa asam folat memiliki peranan dalam pembentukan jaringan tubuh.

  1. Meningkatkan kerja otak

Seseorang sangat memungkinkan mengalami depresi ketika otak sedang terganggu. Asam folat berfungsi memaksimalkan kerja otak. Bagi orang yang lanjut usianya, asam folat bermanfaat menghindarkan dari pikun dan penyusutan memori otak.

ads
  1. Mencegah bayi terlahir cacat

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa asam folat mencegah janin yang dikandung ibu terlahir dengan cacat. Hasil penelitian yang mendukung adalah bayi yang terlahir cacat hanya sebanyak 2% dari ibu yang rajin mengonsumsi asam folat. Sedangkan ibu yang tidak mengkonsumsi asam folat bisa mencapai 6%.

  1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Asam folat juga dapat menjadi solusi terapi untuk menumbuhkan rambut. Sehingga Folavit juga dapat menjadi obat atau suplemen yang mencegah rambut rontok.

  1. Menghindarkan bayi menderita kelainan jantung

Jantung yang cacat pada bayi dapat diturunkan ketika mengandung. Ibu yang sering meminum nutrisi asam folat dapat meminimalkan hal ini terjadi.

Itulah beberapa manfaat folavit terutama untuk ibu yang sedang hamil. Jadi, setelah mengetahui manfaatnya ada baiknya ibu yang sedang hamil mengkonsumsi Folavit ini, agar terhindar dari hal- hal negatif yang tidak diinginkan. tidak ada salahnya untuk mencoba.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Asam Folat?

Lalu, apa saja yang perlu dikonsumsi oleh ibu agar tidak kekurangan asam folat? Sebenarnya asam folat ini dapat diperoleh dari berbagai makanan, minuman, atau multivitamin/ suplemen. Berbagai sayuran yang mengandung asam folat diantaranya adalah bayam, lobak cina, kacang- kacangan seperti kacang kering, kacang lentil, produk olahan kedelai, kacang almond, kacang tanah, kacang kenari,  dan kacang polong, sereal, kubis, brokoli, asparagus, seledri, selada, jagung, kale, biji bunga matahari. Kemudian buah- buahan juga banyak mengandung asam folat, seperti pisang, persik, tomat, alpukat, melon, stroberi, pepaya, bit merah,dan juga jeruk.

Dari jenis tepung-tepungan, yang banyak mengandung asam folat adalah kentang, ubi jalar, dan roti gandum. Telur, hati, ikan salmon, kuning telur, dan juga gandum juga termasuk bahan makanan yang banyak mengandung asam folat.selain bahan-bahan tersebut, asam folat juga bisa didapatkan dari suplemen atau vitamin.

Cara Menjaga Kandungan Agar Tetap Sehat

Menjaga janin di dalam kandungan bukanlan perkara yang mudah, terlebih bagi ibu. Seorang ibu yang sedang hamil harus memperhatikan diri sendiri hingga berkali-kali lipat dari kondisi semula yaitu saat tidak hamil. Hal ini karena ibu hamil sangat rentan dan sensitif dari berbagai hal, seperti bau- bauan, kegiatan yang membuat capek, emosi, hingga makanan dan minuman tertentu. Ibu hamil juga lebih rentan terkena virus penyakit atau zat- zat tertentu daripada perempuan yang tidak hamil. Maka dari itu terkadang kita jumpai produk- produk tertentu ( baik itu yang dikonsumsi melalui mulut dan menuju ke lambung, maupun produk yang hanya dipakai diluar) tidak boleh digunakan oleh ibu yang sedang hamil atau menyusui. Karena hal ini dapat berpengaruh terhadap janin yang ada di dalam kandungan, maupun terhadap kandungan itu sendiri.

Untuk mempertahankan kandungan agar tetap sehat dan kuat sehingga janin yang ada di dalamnya dapat berkembang dengan baik juga memerlukan usaha- usaha  yang tidak sedikit. Pasalnya, kandungan ini bersifat rentan dan mudah sekali berguncang sehingga akibat yang paling parah adalah mengalami keguguran. Selain harus beraktifitas sewajarnya (tidak boleh berat- berat), untuk menjaga kandungan agar tetap kuat adalah dengan mengonsumsi makanan, minuman atau multivitamin/ obat tertentu yang dapat menjaga agar kandungan tetap kuat. Makanan, minuman, atau multivitamin tertentu ini harus memiliki kandungan zat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kandungan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 09th, February 2016 / 03:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan